6 Fakta Menarik Tentang Wi-Fi yang Belum Anda Ketahui

Di zaman sekarang, WiFi adalah sesuatu yang hampir tidak pernah terlepas dari genggaman kita. Di rumah, di tempat kerja, di sekolah dan berbagai ruang publik, menyediakan WiFi sebagai sarana fasilitas yang mendukung aktivitas sehari – hari masyarakat modern.

Namun, tahukah Anda bagaimana cara kerja WiFi? Mengapa disebut WiFi? Yuk, kita cek semua fakta WiFi yang luar biasa dan mungkin belum pernah Anda ketahui berikut ini.

1. Nama aslinya dianggap kurang menarik dan sulit diingat

Kelompok ilmuwan teknologi yang akan mengembangkan IEEE 802.11, sebagai cikal bakal lahirnya Wi-Fi, bertemu pertama kali untuk membahas Wi-Fi pada bulan September 1990. Selanjutnya, IEEE 802.11 terus dikembangkan dengan istilah yang merujuk pda serangkaian standar komunikasi untuk jaringan nirkabel area lokal. IEEE adalah singkatan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers. Angka 802.11 merujuk pada metode dan protokol pengiriman informasi jaringan tanpa kabel. Singkat cerita, namanya ini dianggap sangat aneh dan kurang menarik jika dipasarkan.

Jadi, dengan bantuan perusahaan konsultan merek, teknologi ini kemudian malah dipasarkan sebagai 'Wi-Fi' pada tahun 1999. WiFi sebenarnya tidak memiliki arti apa-apa. Tetapi, seiring waktu masyarakat lebih mudah mengingat dan mengucapkannya. Padahal, sejak awal, ini bukan seperti yang diperkirakan sebagai singkatan “Wireless Fidelity”. Melainkan, hanya istilah yang asli dibuat “Wi-Fi” dengan tanda hubung.

2. Ada lebih dari 10 miliar perangkat WiFi di dunia

Diperkirakan lebih dari 10 miliar perangkat berkemampuan WiFi akan digunakan di seluruh dunia pada akhir 2019. Angka ini kemungkinan jauh lebih tinggi sekarang, karena permintaan pasar yang terus meningkat. Hal ini sangat masuk akal. Mengingat bahwa saat ini setiap rumah mungkin sudah memiliki modem Wi-Fi secara personal.

3. WiFi menggunakan gelombang radio

WiFi adalah teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk mentransfer informasi dari satu perangkat elektronik ke perangkat lainnya. Inilah yang memungkinkan komputer Anda mampu mengakses internet - tanpa kabel, yang membuat akses data dan informasi menjadi lebih mudah dan bermanfaat bagi banyak orang.

4. WiFi sangat rentan terhadap gangguan

Tidak ada yang lebih menyebalkan ketimbang buffering terus – menerus saat Anda sedang menonton film streaming di Youtube, bukan?

Kekuatan sinyal WiFi yang menurun bisa disebabkan oleh gangguan. WiFi menggunakan gelombang radio untuk mengirim sinyal, tetapi sering menabrak jalur dengan gelombang radio lainnya pada frekuensi yang sama. Jika saat ini diprediksi terdapat lebih dari 10 miliar perangkat WiFi yang digunakan masyarakat, tidak heran mengapa gangguan sinyal sering terjadi.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa gangguan pada jaringan WiFi bisa termasuk smart TV, microwave, ponsel, perangkat yang mendukung Bluetooth, atau bahkan akuarium ikan. Selain itu, benda yang terbuat dari logam terkadang juga bisa menyebabkan gangguan sinyal WiFi.

5. Cabut perangkat lain untuk menguatkan sinyal WiFi

WiFi Anda sering putus atau mengalami gangguan? Anda bisa mengurangi gangguan dengan mematikan atau mencabut perangkat elektronik yang tidak sedang dipakai. Misalnya, printer, monitor bayi, microwave/ oven, smart TV, perangkat Bluetooth, dan sebagainya. Anda juga bisa memindahkan WiFi lebih dekat ke komputer untuk memperkuat sinyal.

6. WiFi lebih penting daripada sarapan gratis

Bagi kebanyakan orang, sarapan gratis adalah fasilitas penting yang harus ditawarkan saat menginap di hotel. Akan tetapi, Red Roof Inn, jaringan hotel di Amerika Serikat, bekerja sama dengan Research + Data Insights melakukan survey yang menanyakan sekitar 800 tamu hotel ekonomi tentang apa pentingnya perbedaan fasilitas bagi mereka.

Survey ini menyimpulkan bahwa fasilitas Wi-Fi di kamar lebih penting bagi wisatawan daripada lokasi yang baik, parkir, atau bahkan sarapan gratis. Sekitar 80% dari para tamu bahkan menyatakan bahwa mereka akan merasa lebih nyaman dan betah apabila hotel menyediakan WiFi secara gratis.

Jadi, bagi Anda pemilik bisnis hotel, perlu dicatat bahwa WiFi gratis berkecepatan tinggi jauh lebih penting ketimbang makanan lezat atau pemandangan tepi pantai.

Mengingat pentingnya WiFi bagi setiap sendi kehidupan masyarakat saat ini, sudah siapkah bisnis Anda memanjakan pelanggan dengan koneksi WiFi yang stabil dan handal? Hubungi tim Wificolony sekarang juga untuk mendukung apapun bisnis Anda.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia