Strategi Mengelola Brand Farmasi dengan Media Digital

Branding merupakan salah satu faktor penting yang memberikan kontribusi terhadap keberhasilan sebuah perusahaan. Bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan konsumen memiliki kecenderungan untuk memilih brand yang familiar atau diasosiasikan dengan kualitas yang baik. Dengan demikian, Branding penting dilakukan untuk semua perusahaan, termasuk juga perusahan farmasi atau klinik kesehatan.

Untuk saat ini, sudah zaman serba digital. Maka dari itu, brand farmasi tentu harus mengikuti strategi pengelolaan yang berorientasi pada digitalisasi pula. Berikut ini strategi mengelola brand farmasi dengan media digital.

1. Identifikasi Keunggulan Brand

Langkah paling awal untuk melakukan branding adalah dengan melakukan identifikasi terhadap keunggulan dari brand obat maupun klinik. Keunggulan tersebut dapat diperoleh dengan melakukan perbandingan terhadap brand kompetitor.

Keunggulan tersebut dapat berupa pengalaman perusahaan pada industri farmasi, teknologi yang digunakan, atau pelayanan yang berbeda dari kompetitor.

2. Berfokus pada Pengalaman Pasien

Seperti apapun strategi branding yang diterapkan oleh perusahaan farmasi, pada akhirnya hal tersebut dapat dievaluasi melalui pengalaman pasien. Perusahaan farmasi harus menginvestasikan waktu dan tenaga untuk menjamin bahwa konsumen mendapatkan pengalaman yang baik tentu akan berdampak positif bagi brand.

3. Aktif dalam Melibatkan Karyawan

Ketika identitas brand yang diinginkan telah terbentuk, para dokter, suster, paramedis, dan karyawan harus mampu mewujudkan identitas dari farmasi tersebut. Identitas tersebut akan terhimpun dalam praktik kerja yang dilakukan. Para karyawan harus paham betul dan mampu berinteraksi langsung maupun tidak langsung terhadap pasien atau keluarga pasien.

4. Konsisten dan Kontinuitas

Ketika brand farmasi mampu menjaga konsistensinya, maka tingkat brand awareness akan meningkat pesat dan menetap untuk waktu yang relatif lebih lama. Maka dari itu, segala kelengkapan pemasaran seperti website dan brosur harus mampu mempertahankan pesan dan memberikan gambaran yang konsisten untuk dapat menciptakan hasil yang positif.

Evaluasi dilakukan secara berkala dan terus menerus, untuk memberikan gambaran baru mengenai brand dan langkah-langkah yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

5. Menampilkan Brand

Menampilkan brand kepada masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara baik itu melalui website, kartu bisnis, maupun media lainnya. Terlepas dari apapun strategi yang dipilih untuk menampilkan brand kepada konsumen, pastikan bahwa strategi tersebut mampu membagi pesan melalui kata-kata, sikap dan perilaku. Karena tidak peduli apapun yang ditunjukkan secara eksternal, wujud asli dari brand adalah apa yang tertanam secara internal.

6. Mengenalkan Program dan Promosi

Strategi digital merupakan strategi menampilkan brand yang paling modern saat ini. Segala hal dapat dilakukan dengan mudah untuk melakukan pemasaran, mengenalkan program, dan melakukan promosi. Langkah untuk mengenalkan program dan promosi terhadap pelanggan yang paling digemari saat ini adalah menyediakan layanan free WiFi. Perusahaan farmasi dapat menampilkan brand dengan adanya free WiFi yang disediakan.

Adanya Social WiFi Marketing dan WiFi Advertising memberikan banyak dampak positif bagi perusahaan farmasi.

Perusahaan farmasi dimungkinkan untuk mendapatkan informasi mengenai traffic audiens baik audiens aktif maupun audiens baru. Selain itu, perusahaan farmasi juga akan mudah melakukan survei mengenai kesan pelanggan terhadap branding yang diberikan.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia