Sales, Customer Service, dan Marketing 3 Peranan untuk Keberhasilan Bisnis

Bisnis yang sukses memandang 3 peran keberhasilan yaitu sales (penjualan), customer service (layanan pelanggan), dan marketing (pemasaran). Ketiga peranan tersebut merupakan kunci keberhasilan bisnis baik bisnis kecil maupun menengah. Ketiga peran tersebut harus saling terlibat dalam tahap pendekatan terhadap pelanggan. Artinya, suatu bisnis tidak akan berhasil mengenalkan brand kepada pelanggan tanpa dilengkapi ketiga peran tersebut. Dengan menitikberatkan kepada satu peran atau mengabaikan salah satu peran, maka hasil yang diperoleh tentu tidak akan maksimal.

Berikut ini akan diberikan beberapa tips untuk mengelola ketiga peran dalam keberhasilan bisnis Anda

Bagaimana 3 Peran Tersebut Bekerja Bersama-Sama?

Penting untuk mengetahui cara Sales, Customer service, dan marketing dalam bekerja sama agar dapat menciptakan model bisnis yang kuat. Marketing akan membuat pelanggan tertarik pada brand bisnis Anda dan mendorong mereka untuk datang. Sales bergerak atas dasar dorongan marketing untuk menyelesaikan interaksi dengan konsumen hingga tahap pembelian. Customer Service bertugas untuk menjaga hubungan dengan konsumen agar tetap setia dengan menjawab pertanyaan pelanggan, menenangkan kecemasan dan menyelesaikan masalah.

Bisnis yang lebih besar biasanya memiliki departemen khusus yang berfokus pada 3 peran tersebut. Namun, dalam bisnis kecil dan menengah, tetap diperlukan divisi khusus dengan kadar yang lebih sederhana terhadap ketiga peranan tersebut.

Bagaimana Agar 3 Peran dapat Bekerjasama dengan Baik?

Agar dapat memiliki 3 peran yang baik, sebuah perusahaan tentu harus melakukan beberapa cara sehingga 3 peran tersebut dapat bekerja sama dengan maksimal.

1. Melakukan Pelatihan Ulang

Agar ketiga peranan tersebut dapat berkolaborasi dengan baik, maka perlu dilakukan sebuah pelatihan untuk meningkatkan kemampuan staf yang mengemban ketiga jabatan tersebut. Dalam bisnis, ketiga peran tersebut sudah terpilih karena kemampuan yang dimilikinya. Maka dari itu, pelatihan ulang berguna untuk meningkatkan kemahiran dalam setiap peran.

2. Merekrut Karyawan Baru

Setelah staf yang ada cukup terlatih dalam bekerja pada ketiga peran tersebut, perusahaan harus merekrut karyawan baru yang dapat bekerja pada salah satu bagian dari ketiga peran tersebut. Dengan mendorong keterlibatan ke dalam ketiga peran, karyawan baru dapat menjadi bagian dari tim dengan cepat dan dapat berhubungan dengan seluruh tenaga kerja yang ada di perusahaan. Selain itu, karyawan baru dibutuhkan untuk memperluas jangkauan target pasar perusahaan.

3. Menerapkan Sistem Digital (Online)

Bisnis kecil sudah tidak asing lagi dengan penggunaan internet sebagai alat pemasaran. Tetapi, mempromosikan penjualan dan menawarkan layanan pelanggan harus diterapkan dengan cara digital pula. Sales harus mampu menggunakan internet sebagai alat penjualan, customer services juga harus mampu melayani keluhan pelanggan secara online, dan marketing harus mampu memasarkan brand dengan sistem digital.

4. Menggunakan WiFi untuk Kepentingan 3 Peran

Setiap perusahaan saat ini sudah sangat erat berhubungan dengan WiFi. Perusahaan dapat menggunakan WiFi untuk mempermudah dan meningkatkan produktivitas ketiga peranan tersebut. Ketersediaan platform Smart WiFi dengan sistem WiFi marketing akan membuat pemasaran perusahaan menjadi lebih mudah. Konsumen cukup melakukan login terhadap free WiFi yang tersedia oleh perusahaan.

Platform WiFi Advertising juga dapat sangat penting karena dapat mengarahkan konsumen kepada landing page secara langsung pada perangkat yang dimilikinya. Sebelum menuju landing page, konsumen akan melihat iklan dari brand perusahaan yang berisi promosi produk tertentu. Platform ini sangat berguna karena dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk yang ada pada iklan.

Selain itu, terdapat platform WiFi Analytic yang memudahkan dalam memperoleh data traffic konsumen sehingga operasi bisnis di kemudian hari akan dikembangkan dengan jauh lebih baik.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia