5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengaplikasikan Social Media Login

Social media login atau yang dikenal dengan social login adalah salah satu metode yang memfasilitasi proses login pada suatu platform pihak ketiga, menggunakan situs dari media sosial.

Cara ini menyederhanakan proses verifikasi atau pendaftaran serta memberikan suatu opsi yang nyaman bagi penggunanya. Karena mengakses sebuah aplikasi membutuhkan kredensial, tentunya pengguna akan merasa repot kalau harus memasukkan ulang data pribadi mereka. Sementara itu, social media login memotong Langkah yang panjang ini.

Di sisi lain, social media login merupakan fitur menarik yang membantu Anda memverifikasi pengguna yang mendaftar ke platform Anda. Data yang masuk juga dapat dipakai untuk personalisasi layanan tiap individu.

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengaplikasikan Social Media Login | Wificolony

Lalu apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan social media login untuk website Anda?

1. Gunakan platform media sosial yang paling banyak dipakai konsumen

Anda dapat melakukan riset pasar mengenai target market produk Anda. Dimana mereka bisa ditemui? Apakah Facebook atau Instagram, atau mungkin keduanya? Pastikan untuk memberikan opsi kepada pengguna untuk memilih akun media sosial mana yang akan mereka pakai.

2. Meminta ijin kepada pengguna

Saat mengintegrasikan social media login ke website Anda, tentunya Anda juga ingin beriklan atau memberikan update seputar produk terbaru kepada konsumen. Pastikan Anda melakukan ini dengan transparan dan tidak memaksa. Desain halaman login agar dapat memiliki opsi untuk ingin berlangganan newsletter atau tidak.

3. Letakkan di banyak halaman

Anda tidak perlu terpaku pada halaman depan saja untuk meminta pengguna agar login dengan media social mereka. Anda dapat mengamati hasil analytics website, halaman mana yang paling sering dikunjungi, dan letakkan tawaran untuk login dengan media social di halaman-halaman tersebut.

4. Mobile-friendly

Lebih dari 90% pengguna internet membuka website lewat smartphone mereka. Bisa jadi target market Anda pun termasuk di dalamnya. Social media login yang Anda gunakan harus dinamis dan dapat dibuka di berbagai ukuran layer gadget.

5. Sederhanakan navigasi

Jangan tergiur dengan meminta data konsumen secara banyak sekaligus karena hal ini dapat mempengaruhi tampilan social media login Anda. Pengguna ingin proses yang instan dengan 1 klik saja. Setelah login selesai, Anda dapat meminta informasi tambahan di halaman lain.

Social media login: Mengapa penting?

Anda membutuhkan profil pengguna yang up to date. Ketika anda memiliki form sign in yang terpisah dengan media social mereka, ada kemungkinan mereka akan jarang mengupdate profil tersebut. Lain halnya jika website anda terhubung dengan profil media sosial yang sering mereka gunakan, maka data yang ditampilkan akan selalu baru. Dan data yang Anda dapatkan pun selalu mengikuti perubahan-perubahan tersebut.

Selain itu, akun media social pengguna telah melalui verifikasi email sehingga saat mereka login ke website Anda, verifikasi email sudah tidak diperlukan lagi.

Ingin mengintegrasikan social media login ke platform Anda? Buat proses daftar aplikasi menjadi lebih mudah dengan 1 klik saja. Hubungi Wificolony untuk penawaran menarik mengintegrasikan social media login ke website Anda!


Recent Posts