5 Rekomendasi Software Wifi Portal Terbaik

Saat ini semakin banyak bisnis yang menggantungkan kegiatan operasionalnya pada jaringan WiFi, terlebih jika sebuah perusahaan menerapkan aturan BYOD (Bring Your Own Device). Tapi jika terlalu banyak perangkat terhubung pada satu jaringan WiFi, koneksi bisa terganggu. Pada akhirnya ini bisa menurunkan produktivitas bisnis Anda.

5 Rekomendasi Software Wifi Portal Terbaik | Wificolony

Salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan perangkat lunak WiFi management. Adanya WiFi management software memungkinkan Anda secara otomatis melakukan analisis perangkat WiFi, lalu lintas serta aktivitas lainnya yang berhubungan dengan jaringan WiFi Anda.

Untuk memaksimalkan WiFi management, ada baiknya Anda memilih perangkat lunak yang sesuai. Ada beberapa rekomendasi software yang bisa Anda gunakan untuk memantau jaringan internet nirkabel Anda. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

1. SolarWinds Network Performance Monitor

SolarWinds Network Performance Monitor (NPM) adalah alat pemantauan jaringan yang komprehensif dengan fitur pemantauan Wi-Fi yang mumpuni untuk memastikan waktu kerja. Perangkat lunak ini mampu menganalisis jaringan nirkabel menggunakan SNMP, traceroute, analisis paket dan data lainnya untuk mengumpulkan metrik kinerja dan menemukan kesalahan dalam jaringan.

2. Paessler PRTG Network Monitor

Paessler memungkinkan Anda memantau seluruh infrastruktur TI Anda termasuk sistem, perangkat, database, aplikasi, lalu lintas dan berbagai komponen lainnya. Software ini merupakan solusi yang kuat dan lengkap. Jadi jika Anda mencari aplikasi WiFi management dengan ekspektasi tertentu, Paessler mungkin akan melebihi ekspektasi Anda.

Dengan Paessler, Anda bisa dengan mudah melacak elemen jaringan nirkabel serta memperoleh informasi terkait status perangkat, lalu lintas, kecepatan, penggunaan WiFi dan kekuatan sinyal router serta waktu aktif atau tidak aktifnya router.

3. Progress WhatsUp Gold

Software ini adalah alat pemantauan lengkap lainnya untuk infrastruktur Anda, termasuk infrastruktur jaringan nirkabel. Alat ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menemukan dan memetakan perangkat nirkabel dan menampilkan informasi real-time dan historis tentang AP dan aktivitas klien.

Dengan menggunakan Pusat Peringatan WhatsUp Gold, admin dapat menggunakan satu lokasi untuk mengkonfigurasi dan melihat peringatan. Tetapkan ambang batas sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga Anda dapat menerima peringatan ketika tingkat konsumsi CPU atau bandwidth terlalu tinggi, atau menerima pemberitahuan jika AP nakal muncul di jaringan Anda.

4. MetaGeek Complete

Meskipun inSSIDer MetaGeek Complete bukanlah alat pemantauan jaringan dan infrastruktur yang komprehensif, tapi jika Anda hanya mencari perangkat yang fokus untuk memindai kinerja jaringan WiFi, MetaGeek mungkin cocok untuk Anda. Ada versi gratis yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan penggunaan jaringan WiFi di rumah bahkan bisnis skala kecil.

Namun versi berbayarnya menawarkan lebih banyak fitur yang bisa membantu Anda menangani kemacetan jaringan serta gangguan perangkat dan pengaturan konfigurasi. Termasuk analisis WiFi untuk WiFi dual-band seluler dan lain sebagainya.

5. Captive Portal Wificolony

Captive portal mungkin dikenal sebagai halaman login pengguna WiFi. Tapi sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengatur jaringan. Agar pembagian bandwidth tetap stabil bagi semua pengguna, Anda bisa membaginya dengan merata. Anda juga bisa menentukan berapa banyak perangkat yang bisa mengakses internet dari jaringan Anda. Dengan begitu, produktivitas tidak akan terganggu.

Ingin memanfaatkan captive portal untuk mengelola jaringan WiFi Anda? Pastikan Anda mempercayakannya pada vendor lokal yang sudah terpercaya. Menyerahkan penggunaan captive portal dengan bantuan perusahaan lokal akan memudahkan Anda untuk mendapatkan layanan terbaik langsung dari ahlinya.


Recent Posts