Agar WiFi Hotel Tidak Dikomplain Para Tamu, Ini yang Anda Perlu Tahu

Di musim pandemi seperti saat ini, staycation menjadi pilihan yang banyak dilakukan untuk berlibur. Para tamu yang melakukan staycation pasti ingin WiFi hotel yang lancar. Berikan layanan yang akan mereka sukai. Fast, free and easy.

Agar WiFi Hotel Tidak Dikomplain Para Tamu, Ini yang Anda Perlu Tahu | Wificolony

Di masa pandemic, masyarakat lebih menyukai staycation, yaitu liburan dengan menginap di hotel dan menikmati fasilitas di hotel untuk melepas penat. Dengan meningkatnya minat staycation, para pelaku bisnis hospitality seperti perhotelan tentunya sudah menyiapkan koneksi WiFi yang kencang agar para tamu nyaman saat menghabiskan waktu bersantai sambil membuka aplikasi favoritnya via gadget.

Tidak semua WiFi memiliki sistem yang sama dan membutuhkan layout hotel sebelum memasangnya di titik titik tertentu. Instalasi WiFi di dalam hotel membutuhkan pengalaman dan pengetahuan mengenai sistem manajemen WiFi serta metode social login yang dapat mengakomodasi tamu dengan nyaman, namun juga bisa membawa keuntungan bagi pihak hotel.

Berikut adalah cara praktis dalam menciptakan pengalaman yang nyaman bagi konsumen saat browsing dengan WiFi hotel.

1. Memahami ekspektasi para tamu yang menginap

Cepat, gratis, dan mudah. Mungkin itu adalah 3 kata yang menggambarkan keinginan konsumen saat mereka terkoneksi dengan WiFi hotel. Sangat penting untuk tempat penginapan dalam memberikan layanan internet yang berkualitas. Terlebih jika tamu Anda adalah seorang pebisnis yang mengharuskannya untuk terhubung secara online sepanjang waktu. Akan sangat frustrasi jika meeting nya terganggu akibat WiFi yang lemot.

2. Lakukan hal yang tepat, bukan hal yang mudah

Sistem manajemen WiFi tiap hotel berbeda satu dengan lainnya. Setiap network memiliki solusi yang berbeda dari segi pemasangan, IT support maupun pemeliharaan dan upgrade software. Penggunaan wifi hotspot yang kurang berkualitas akan merugikan di masa mendatang karena wifi merupakan komoditas penting dalam bisnis perhotelan.

3. Lakukan survey WiFi hotel

Saat melakukan instalasi WiFi hotel, site survey membantu menentukan lokasi hotspot agar sinyalnya dapat ditangkap oleh kamar di ujung sekalipun. Tanpa survey, Wifi tidak dapat bekerja dengan optimal karena tidak mengetahui titik lemahnya dimana.

4. Desain WiFi network khusus hotel

Setelah survey lokasi, buatlah rancangan untuk meletakkan hotspot di titik yang sudah ditentukan. Pastikan setiap ruang di dalam hotel dapat mengakses WiFi dengan baik dengan performa yang cepat. Kesalahan yang sering terjadi dalam pemasangan WiFi adalah meletakkannya di belakang tembok sehingga aksesnya terhalang beton kongkret.

5. Lakukan pemeliharaan saat off season

Lakukan pemeliharaan WiFi hotel saat off season atau saat malam hari dimana tamu sudah beristirahat. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu kenyamanan para tamu.

6. WiFi security

Keamanan WiFi menjadi salah satu hal yang paling dikhawatirkan saat kita terhubung karena jaringan WiFi yang terbuka khususnya di lingkungan hotel yang banyak pengunjung datang dan pergi. Pastikan setiap peralatan WiFi memiliki jaringan yang aman dan tidak terjadi kebocoran akses data menuju file pribadi tamu.

Instalasi WiFi Manajemen yang berkualitas

Setiap hotel membutuhkan Wifi manajemen yang sesuai dengan area dan jangkauan jaringannya. Percayakan instalasi WiFi hotspot yang optimal kepada WiFi Colony. Kami akan melakukan survey area hotel dan memasang device di titik-titik yang dapat dijangkau secara luas untuk memastikan setiap tamu hotel memiliki koneksi cepat.


Recent Posts