Bagaimana Cara Mengumpulkan Database Konsumen dan Mengolahnya?

Database user atau database adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap bisnis. Selain membantu Anda terhubung dengan pelanggan, adanya database user juga memungkinkan Anda membangun basis pelanggan yang loyal dan akan datang kembali pada Anda. Jenis database sendiri beragam, tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan.

Bagaimana Cara Mengumpulkan Database Konsumen dan Mengolahnya? | Wificolony

Lalu bagaimana cara Anda mengumpulkan database user dan mengelolanya sehingga bermanfaat bagi bisnis Anda? Simak ulasannya berikut ini!

Bagaimana Cara Mengumpulkan Data Pelanggan?

Setelah Anda mengetahui jenis data seperti apa yang Anda butuhkan, saatnya untuk mulai mengumpulkannya. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain:

· Mengumpulkan Data Secara Manual

Bagi Anda yang menjalankan bisnis secara offline, mengumpulkan data secara langsung sangat mungkin dilakukan. Caranya adalah dengan meminta mereka mengisi lembaran survei kepuasan pelanggan atau hanya sekadar meminta mereka menuliskan alamat email atau nomor mereka untuk mendapatkan penawaran khusus.

· Mengumpulkan Data dengan Form Secara Online

Ini merupakan cara terbaru dan paling banyak digunakan untuk mengumpulkan database user. Langkah yang paling sering dilakukan adalah dengan menyediakan formulir online yang ditautkan ke halaman situs, landing page, blog atau media sosial. Jangan lupa untuk memberikan insentif yang sesuai untuk setiap data yang diberikan oleh pelanggan maupun calon pelanggan Anda.

· Melalui Media Sosial

Kalau bisnis Anda memiliki akun media sosial terutama Facebook, LinkedIn atau Instagram, Anda bisa memanfaatkannya untuk terhubung dengan para pelanggan. Media sosial telah diakui memiliki peran yang sangat signifikan bagi perusahaan yang ingin mengumpulkan data terkait pasar atau konsumen mereka.

Selain dengan melakukan analisis profil setiap pengikut Anda untuk mengetahui siapa sebenarnya mereka (terkait demografi mereka), Anda juga bisa melihat bagaimana efek setiap posting yang Anda buat, bagaimana tanggapan mereka dan berapa banyak share serta like yang Anda peroleh untuk setiap postingan. Dari sini Anda bisa menilai bagaimana persepsi dan penerimaan publik terhadap brand, produk atau layanan Anda.

Bagaimana Cara Mengelola dan Memanfaatkan Data Pelanggan?

Setelah data yang Anda butuhkan terkumpul, langkah selanjutnya adalah mengelola data tersebut sehingga bisa memberikan kontribusi dalam bisnis Anda. Apa saja yang bisa Anda lakukan?

· Marketing Berbasis Data

Setelah mendapatkan data, Anda bisa mulai merancang cara yang tepat dan personalisasi untuk memasarkan produk Anda. Agar pemasaran berbasis data ini bisa berjalan sukses, jangan lupa untuk mengidentifikasi kelompok pelanggan berdasarkan kriteria tertentu, membuat pesan yang dipersonalisasi hingga memberikan penawaran yang tepat untuk masing-masing segmen pelanggan.

· Memberdayakan Penjualan

Dari informasi yang Anda kumpulkan terkait pelanggan, tim penjualan akan memiliki informasi yang lebih luas tentang siapa pelanggan Anda, di mana mereka berada dan apa preferensi mereka. Menggabungkan informasi pelanggan yang matang dengan teknik marketing yang tepat secara langsung akan membantu Anda meningkatkan penjualan.

· Meningkatkan Layanan Dukungan

Bagi pemilik bisnis skala kecil, Anda mungkin tahu bahwa pelayanan berpengaruh secara langsung pada reputasi bisnis Anda. Faktanya, setiap tahun perusahaan di Amerika Serikat kehilangan $62 miliar karena layanan pelanggan yang buruk.

Untungnya, menyimpan basis data dan mengumpulkan data pelanggan dapat secara signifikan membantu Anda mengidentifikasi dan menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan pelanggan Anda.

Mengumpulkan database user memang tidak bisa dilakukan dalam waktu sehari atau dua hari. Perbaikan data dan pembaruan juga harus terus dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat terbaik dari basis data pelanggan yang Anda punya.


Recent Posts