Bagian Penting dalam WiFi Management

Saat ini, banyak bisnis yang menggantungkan produktivitasnya pada jaringan WiFi. Terlebih dengan kebijakan Bring Your Own Device (BYOD) yang semakin meluas. Sayangnya, ketika terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi perusahaan Anda, performanya bisa menurun. Kecepatan yang lambat pada akhirnya bisa berpengaruh pada produktivitas perusahaan juga.

Bagian Penting dalam WiFi Management | Wificolony

Untuk itulah perangkat lunak WiFi management hadir untuk membantu Anda. WiFi management memungkinkan para pemilik bisnis untuk menganalisis perangkat WiFi, memantau lalu lintas dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan jaringan WiFi yang digunakan.

Untuk pelaksanaan WiFi management yang efektif, Anda harus mengetahui dengan baik berbagai faktor penting yang berhubungan dengan jaringan WiFi. Apa saja?

Access Point

Access point atau AP pada dasarnya membuat jaringan WLAN di dalam kantor dengan mengirimkan sinyal WiFi hanya ke area tertentu. AP terhubung dengan router, sakelar atau hub yang berfungsi meningkatkan jumlah pengguna yang bisa mengakses WiFi. Jika kinerja AP buruk dan bebannya berlebihan, performa internet juga bisa terpengaruh. Anda juga harus memastikan tidak ada access point palsu yang dipasang tanpa izin karena ini bisa menyebabkan masalah keamanan yang membahayakan.

Router

Router adalah perangkat yang dirancang untuk menyediakan akses internet nirkabel ke perangkat yang terhubung ke jaringan. Router merupakan hub WLAN secara menyeluruh dan harus berfungsi dengan baik. Admin perlu memastikan saluran yang digunakan router untuk mengirimkan sinyal WiFi tidak kelebihan beban dan menyebabkan internet jadi lambat.

Clients

Clients adalah semua perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi baik itu PC, laptop, ponsel maupun printer. Jika jumlah clients di dalam jaringan terlalu banyak dan melebihi kapasitas yang disediakan, kecepatan aksesnya akan menurun. Anda juga harus mewaspadai client yang tidak sah melakukan akses ke jaringan Anda.

Kekuatan dan Cakupan Jangkauan Sinyal WiFi

Sinyal WiFi terkuat berada di dekat router. Agar bisa mencapai seisi kantor, penting memastikan router memiliki jangkauan yang memadai. Anda juga harus memiliki access point yang cukup agar jangkauannya semakin maksimal. Terutama jika ada dinding atau penghalang yang bisa mengurangi kekuatan sinyal.

Untuk mendapatkan gambaran secara visual, Anda bisa menggunakan WiFi heat map. Dari sini akan terlihat sebaran jangkauan sinyal sehingga Anda bisa lebih mudah menemukan zona mati yang tidak terjangkau oleh sinyal.

Traffic WiFi

Traffic atau lalu lintas WiFi juga penting dalam pengelolaan jaringan internet nirkabel di kantor Anda. Dari traffic ini Anda bisa memahami stabilitas dan penggunaan WLAN Anda. Admin harus memantau pola lalu lintas router untuk melihat aplikasi atau access point mana yang menghabiskan bandwidth terbanyak dan menyebabkan akses jadi lambat.

Memiliki gambaran historis mengenai traffic WiFi juga berguna untuk melihat pola penggunaan dari waktu ke waktu.

Kapasitas WiFi

Hal lain yang tidak kalah penting dalam WiFi management adalah kapasitas WiFi. Dengan informasi yang diperoleh dari traffic, Anda memiliki informasi tentang kekurangan jaringan WiFi Anda. Jika ternyata jaringan kelebihan beban, Anda mungkin perlu menghapus beberapa access point atau menambah bandwidth. Mengubah topologi jaringan dan berbagai langkah lain juga bisa dilakukan untuk meningkatkan performa WiFi.

Itulah beberapa aspek penting dalam WiFi management yang tidak boleh luput dari perhatian. Jika Anda memerlukan layanan WiFi management terbaik, Wificolony siap membantu segala kebutuhan untuk memaksimalkan fungsi WiFi dalam bisnis Anda.


Recent Posts