Captive Portal: Solusi Landing Page untuk Bisnis Offline

WiFi merupakan kebutuhan yang tidak terbantahkan untuk bisnis offline. Sebelum pelanggan bisa masuk jaringan yang Anda tawarkan, Anda bisa mengarahkan pengunjung terlebih dahulu pada sebuah halaman yang disebut dengan captive portal untuk melakukan registrasi. Solusi captive portal ini sudah digunakan di banyak bisnis termasuk restoran, kafe dan hotel.

Captive Portal: Solusi Landing Page untuk Bisnis Offline | Wificolony

Banyak marketer yang belum memahami dan mengetahui dengan baik manfaat dari captive portal. Kebanyakan dari mereka hanya familier dengan landing page dan berpikir bahwa semua halaman situs bisa berfungsi sebagai landing page. Meskipun setiap halaman situs bisnis memang sebaiknya bisa menjual produk, namun ada perbedaan yang signifikan antara landing page dengan captive portal.

Apa yang Membedakan Antara Landing Page dengan Captive Portal?

Landing page secara umum memiliki dua fungsi utama. Saat Anda beriklan di media sosial atau menggunakan spanduk iklan, Anda mungkin tidak bisa menuliskan secara detail produk yang ingin Anda jual. Landing page menyediakan platform untuk menampilkan bisnis Anda dengan lebih detail dan meyakinkan pengunjung untuk membelinya.

Fungsi kedua adalah untuk mengumpulkan data pelanggan melalui formulir yang disertakan dalam akhir halaman landing page Anda. Lalu, bagaimana dengan captive portal?

Captive portal menawarkan opsi kepada pelanggan untuk masuk ke jaringan WiFi yang sudah disediakan. Opsi ini mengharuskan mereka memberikan detail tertentu seperti akun media sosial, email dan lain sebagainya sebelum mendapatkan akses internet. Inilah yang membuat captive portal bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan marketing. Salah satunya adalah dengan memberikan insentif atas informasi yang mereka masukkan untuk login. Insentif atau imbalan ini bisa berupa voucher diskon atau rekomendasi menu favorit (jika usaha Anda adalah restoran/kafe).

Dari captive portal, Anda bisa memberikan beragam informasi penting seperti menu spesial yang ditawarkan oleh restoran Anda hari ini, menawarkan program loyalitas bahkan memberikan diskon kepada pelanggan. Jadi, pada dasarnya captive portal adalah ‘landing page ’ bagi bisnis offline.

Mempromosikan Landing Page WiFi

Saat ini sangat sulit menemukan landing page yang tidak menawarkan sesuatu sebagai ganti bagi pengunjung yang memberikan detail informasi mereka atau untuk membuat mereka membeli maupun mencoba layanan yang diberikan. Penawaran ini bisa berupa e-book gratis, diskon, gratis ongkir dan lain sebagainya. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk membuat pelanggan tertarik pada produk Anda.

Ide yang sama bisa diterapkan pada halaman landing page WiFi atau captive portal Anda. Pelanggan bisa diberi insentif setiap kali mereka memberikan detail pribadi untuk mengakses layanan internet gratis yang Anda sediakan. Meskipun beberapa penawaran unik lebih praktis jika diberikan dari landing page yang sebenarnya, namun ada beberapa penawaran yang justru lebih bermanfaat jika diberikan lewat captive portal. Beberapa di antaranya adalah penawaran referral, program loyalty hingga sampel produk gratis.

Mengapa Semua Pemasar Harus Memanfaatkan Captive Portal?

Captive portal sebenarnya adalah konsep lama meskipun istilahnya sendiri masih relatif baru. Namun hal terpenting tentang captive portal adalah nilai potensial yang bisa diberikannya kepada para marketer dan bisnis mereka. Sama halnya seperti landing page, captive portal bisa berfungsi sebagai alat konversi dan bisa mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan Anda yang setia.

Untungnya saat ini menggunakan captive portal dan memaksimalkan fungsinya sudah semakin mudah. Dengan beragam perangkat lunak yang berada di belakang captive portal, para marketer bisa mengatur rencana yang sesuai dengan beragam situasi. Kemampuan untuk memahami dan menggunakan analitik WiFi pelanggan secara efisien dapat membantu menghasilkan kampanye pemasaran yang efektif dan tepat sasaran juga tetap bisa menjadi alat untuk membentuk kampanye pemasaran yang paling efisien untuk bisnis Anda.


Recent Posts