Cara-cara Berinteraksi dengan Konsumen Selain di Sosmed

Saat ini, hampir semua pengguna internet punya media sosial. Tidak heran jika media sosial menjadi salah satu media komunikasi yang penting, termasuk antara sebuah perusahaan dengan konsumennya. Dari media sosial, Anda bisa mengetahui demografi konsumen Anda, beriklan, bahkan menghubungi mereka secara personal. Namun jangan lupa bahwa selain media sosial, Anda juga bisa menggunakan database user lainnya untuk bisa terhubung dengan pelanggan.

Cara-cara Berinteraksi dengan Konsumen Selain di Sosmed | Wificolony

Selain media sosial, ada berbagai metode lain yang layak Anda coba untuk bisa berinteraksi dengan konsumen. Apa saja?

1. Email

Salah satu informasi dalam database customer yang bisa Anda manfaatkan adalah alamat email mereka. Meski sudah tergolong lama, tapi cara berinteraksi dengan menggunakan email masih dilakoni bahkan oleh perusahaan-perusahaan besar dunia. Salah satu cara mudah untuk bisa berinteraksi dengan mereka adalah dengan mengucapkan selamat saat hari ulang tahun mereka tiba. Ini akan membuat pelanggan merasa lebih dekat dengan bisnis Anda.

Selain sekadar menyapa, email juga bisa dijadikan sebagai sarana marketing. Anda bisa mengirimkan informasi tentang produk baru Anda, promosi terbaru hingga event yang akan Anda adakan.

2. Buat Loyalty Program

Membuat loyalty program bukan hanya cara untuk membuat pelanggan datang lagi, tapi membuat mereka merasa dihargai serta dianggap penting oleh bisnis Anda. Ada banyak contoh loyalty program yang bisa dipraktekkan mulai dari memberikan diskon untuk pembelian ke-10 atau menyediakan bonus bagi mereka yang sudah berbelanja lebih dari 10 kali di toko Anda.

3. Manfaatkan Demografi Customer

Demografi sangat berpengaruh pada preferensi belanja pelanggan Anda. Dari demografi pelanggan, Anda bisa mengetahui jenis kelamin yang dominan, rata-rata usia, tempat tinggal dan berbagai informasi lainnya. Data ini bisa Anda olah untuk menciptakan satu produk yang memiliki irisan untuk masing-masing preferensi kelompok.

Ketika Anda meluncurkan produk yang dinilai sesuai dengan selera customer, penjualan akan meningkat. Tidak hanya itu, ini juga menjadi cara interaksi tidak langsung di mana pelanggan merasa menemukan apa yang mereka butuhkan dari produk yang Anda tawarkan.

4. Manfaatkan Reporting Dashboard

Reporting dashboard merupakan alat di mana data mengenai bisnis yang relena serta indikator kinerja utama direpresentasikan secara visual. Alat-alat ini sangat berguna karena membantu Anda menganalisis dan mengatur data pemasaran Anda. Reporting dashbiard membuat proses analisis data menjadi lebih sederhana dengan mengumpulkan dan menyajikan semua data yang diperlukan dalam satu tempat.

Tidak hanya itu, reporting dashboard juga dapat membantu Anda memantau aktivitas bisnis dengan memantau masalah kritis, menggabungkan indikator kinerja utama untuk kemudian membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda.

Dengan menggunakan reporting dashboard, Anda juga bisa melihat tingkat kepuasan pelanggan serta apa yang menjadi faktor ketidakpuasan mereka. Dari sini, Anda bisa mulai memperbaiki kekurangan dengan menggunakan data yang sudah disajikan. Ini merupakan cara berinteraksi yang secara tidak langsung akan membuat customer Anda merasa dipahami.

Pada dasarnya, cara interaksi manapun yang Anda pilih dapat dilakukan dengan baik jika Anda memiliki database user yang mumpuni. Wificolony sebagai penyedia perangkat customer engagement, siap membantu Anda untuk memahami pelanggan Anda dengan lebih baik dan membentuk kedekatan dengan mereka. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memanfaatkan WiFi management yang Anda gunakan. Masih bingung? Jangan ragu dan konsultasikan segera kebutuhan bisnis Anda bersama Wificolony.


Recent Posts