Cara Membangun Customer Database yang Efektif

Untuk menjalankan strategi pemasaran digital yang mumpuni, Anda memerlukan customer database yang besar. Semakin banyak database pelanggan yang Anda punya, artinya semakin besar potensi engagement, pembelian dan lain sebagainya. Informasi yang Anda dapatkan dari pelanggan juga akan sangat bermanfaat untuk membangun strategi pemasaran dan penjualan menjadi lebih optimal.

Cara Membangun Customer Database yang Efektif | Wificolony

Jika Anda sedang mencari cara untuk membangun atau mengembangkan customer database yang Anda miliki, simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

1. Memanfaatkan PoS (Point of Sale)

Waktu yang paling tepat untuk mengumpulkan data pelanggan adalah di tempat penjualan atau Point of Sale. Ada banyak informasi berharga tentang pelanggan Anda yang bisa didapatkan saat transaksi berlangsung. Ini bahkan menjadi waktu termudah bagi Anda untuk memperoleh detail mengenai setiap pelanggan.

2. Menggunakan Formulir Web (Web Form)

Menggunakan formulir yang terjamin keamanannya adalah salah satu cara fundamental untuk mengumpulkan database pelanggan. Pastikan Anda memasang dan mengoptimalkan web form di situs Anda. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam optimalisasi web form antara lain:

  • Gunakan CTA (Call-to-action/ajakan bertindak) yang jelas dan menarik. Apa yang akan mereka dapatkan dengan mengisi form yang Anda sediakan? Apakah berlangganan buletin? Uji coba produk secara gratis? Pastikan pelanggan memperoleh apa yang mereka harapkan dari pengisian form

  • Optimalkan form untuk pengguna seluler. Saat ini lalu lintas internet yang berasal dari seluler lebih tinggi ketimbang desktop. Karena itu, pastikan form Anda ramah pengguna seluler.

3. Gunakan Konten Marketing

Promosi tidak hanya bisa dilakukan dengan metode hard sell. Pengunjung tidak hanya butuh halaman situs atau media sosial yang dibanjiri dengan iklan. Karena itu, penting untuk membangun konten marketing yang memiliki pengetahuan yang relevan dan bermanfaat bagi pengunjung situs Anda. Dengan konten yang berkualitas, Anda bisa membangun database pelanggan yang lebih besar.

4. Manfaatkan Media Sosial

Secara umum media sosial adalah saran promosi yang sangat bagus. Platform ini melibatkan aktivitas berbagi secara sukarela. Ada beberapa media sosial yang bisa Anda gunakan untuk menggali informasi yang lebih mendalam mengenai pelanggan Anda.

Salah satu media sosial yang bisa Anda manfaatkan adalah Facebook. Dengan miliaran pengguna dari berbagai demografi, platform ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk mengumpulkan informasi mengenai calon pelanggan.

5. Melalui Webinar

Pengguna atau calon pelanggan menginginkan informasi yang bermanfaat dan relevan. Webinar merupakan bagian content marketing yang cocok untuk tujuan ini. Webinar menyediakan cara yang interaktif dan informatif untuk calon pelanggan potensial Anda.

6. Survey

Survey memberikan data kualitatif yang bagus serta dapat memberikan gambaran tentang apa yang diinginkan oleh pasar. Sebagai imbalan untuk informasi kontak yang diberikan oleh calon pelanggan, mereka mendapatkan kesempatan untuk memberikan pendapat mereka. Di sisi lain, Anda bisa mendapatkan data yang lebih baik tentang preferensi audiens yang menjadi target Anda.

7. Pelacakan Pengunjung Situs

Pelacakan pengunjung situs bisa memberikan informasi tentang pengunjung anonim. Dengan sistem pelacakan IP, Anda bisa memperoleh data geolokasi, perangkat yang digunakan serta informasi relevan lain yang tersedia secara publik. Data ini mencakup profil media sosial, perusahaan dan jabatan saat ini, nomor telepon, email dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan cara-cara di atas, Anda bisa membangun customer database yang lebih besar untuk mendongkrak penjualan bisnis Anda. Ingin membangun customer database yang berpotensi menaikkan penjualan? Hubungi Wificolony.


Recent Posts