Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Seputar Social Media Login

Semua bisnis yang menjalankan promosi secara online berharap setiap langkah yang mereka lakukan bisa mendatangkan konversi dan berusaha untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan. Salah satu cara yang semakin banyak dimanfaatkan adalah dengan memanfaatkan social media login.

Social media login memungkinkan pengguna mengakses situs dengan menggunakan ID akun media sosial milik mereka. Yang paling umum digunakan biasanya adalah Facebook, Twitter dan LinkedIn.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan social media login sebagai salah satu dari bagian strategi pemasaran, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Seputar Social Media Login | Wificolony

1. Sebanyak 86% Pengguna Terganggu Saat Diminta Membuat Akun Baru

Sebuah studi dari Gigya menemukan bahwa kebanyakan orang yang memilih menggunakan media sosial untuk login ke halaman situs adalah untuk menghindari pengisian form pendaftaran. Dengan menggunakan akun media sosial, pengguna hanya tinggal klik, tidak perlu memasukkan data dari awal.

Alasan lain adalah karena pengguna enggan mengingat password dan username lain. Menggunakan satu identitas yang sama dari media sosial yang mereka miliki untuk beberapa situs sekaligus dianggap lebih mudah dan praktis.

2. Sebanyak 77% Pengguna Berpikir Bahwa Adanya Social Media Login Sangat Memudahkan

Dilansir dari sebuah studi yang dilakukan oleh WebHostingBuzz, sebanyak 77% pengguna mengaku bahwa penggunaan social media login adalah solusi registrasi yang memudahkan. Beberapa perusahaan juga menemukan bahwa penggunaan social media login berhasil menurunkan jumlah kegagalan login. Artinya, pengguna memang merasa lebih dimudahkan dengan adanya social media login.

3. Jika Gagal Masuk, Sebanyak 92% Pengguna akan Memilih Meninggalkan Situs

Berdasarkan sebuah polling yang dilakukan oleh Blu Research, sebanyak 1 dari 3 pengguna mengaku akan langsung meninggalkan halaman situs yang mereka tuju ketika mereka lupa detail login yang seharusnya mereka gunakan.

Pengguna datang ke situs Anda karena mereka menemukan sesuatu yang menarik. Kenapa harus membuat mereka merasa kesulitan mengingat password dan username lain jika Anda bisa membuatnya lebih praktis dengan social media login?

4. Sebanyak 88% Pengguna Mengaku Mereka Memasukkan Data yang Salah Saat Pendaftaran

Ketika pengguna diminta mendaftar dengan akun baru, ada kemungkinan yang sangat besar mereka akan memasukkan data yang bukan sebenarnya. Bisa jadi mereka memasukkan tanggal lahir asal-asalan atau mengisi kolom pekerjaan yang salah dan lain sebagainya. Data-data yang salah ini bisa menjadi sumber target promosi yang salah juga. Hal ini bisa diminimalisir dengan menggunakan social media login.

Tujuan perusahaan mengumpulkan database pelanggan salah satunya adalah memberikan pengalaman yang dipersonalisasi sesuai dengan masing-masing pelanggan. Tapi, bagaimana bisa Anda memberikan pengalaman terbaik jika data yang menjadi sumber informasi ternyata isinya tidak benar?

5. Sebanyak 100% Pengguna Melaporkan Mereka Menerima Informasi dan Promosi yang Tidak Relevan

Polling yang diadakan oleh Blue Research juga menemukan bahwa 100% pengguna menerima iklan atau konten yang tidak seharusnya. Bayangkan Anda ditawari produk yang sebenarnya tidak Anda butuhkan dan sukai bahkan Anda sebenarnya bukan target pasarnya. Menjengkelkan, bukan?

Social media login menggunakan informasi yang ada di akun pengguna untuk memfilter konten berdasarkan demografi, ketertarikan yang spesifik atau hal-hal khusus yang sedang terjadi dalam kehidupan pengguna. Ini memungkinkan pemilik bisnis menawarkan pengalaman yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Memberikan pengalaman terbaik yang sesuai dengan pengguna adalah cara membuka kesempatan lebih besar untuk konversi. Dengan beberapa poin penting di atas, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan penggunaan social media login sekarang juga.


Recent Posts