Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial untuk Berbagai Kebutuhan Bisnis

Apakah Anda menggunakan media sosial untuk berbagai kebutuhan bisnis? Lalu, apakah pendekatan yang Anda lakukan sudah benar? Setiap individu menggunakan media sosial untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Sebagai pemilik usaha, media sosial dapat menjadi marketing tool gratis yang menjangkau pengguna secara luas.

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial untuk Berbagai Kebutuhan Bisnis | Wificolony

Berikut adalah 3 cara menggunakan media sosial agar dapat efektif meningkatkan tujuan bisnis Anda, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing cara.

1. Media sosial untuk jual produk dan jasa

Berjualan produk atau jasa di media sosial sudah dilakukan oleh brand-brand ternama maupun usaha kecil dan menengah. Kelebihan dari metode ini tentunya jangkauan yang luas. Platform Instagram misalnya, dengan hashtag yang tepat dapat menggaet calon konsumen tanpa harus membayar iklan.

Namun kekurangan dari cara ini adalah konten Instagram yang monoton bila tidak disusun dengan baik. Akun medsos bisa kurang menarik dan lama-lama followers jenuh apabila akun IG hanya berisi produk-produk jualan saja. Apalagi jika tidak terjadi interaksi antara brand dengan konsumennya.

Pastikan konten medsos seimbang dengan metode 70 20 10. 70 persen dari konten Anda harus mengandung informasi yang bermanfaat dan relevan, 20 persen berisi konten yang berasal dari orang lain, dan 10 persen berpromosi.

2. Menjadi pakar di bidangnya

Cara lain dalam menggunakan media sosial adalah dengan memposisikan brand Anda sebagai pakar di bidangnya. Para profesional menerapkan hal ini untuk membagikan informasi berharga kepada para pengikutnya. Kelebihan dari metode ini adalah meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap brand Anda dan tidak segan untuk membagikan pengalaman mereka kepada teman atau kerabat yang membutuhkan.

Jika hal ini dilakukan secara konsisten, maka akan sangat mudah untuk membangun dan mengembangkan relasi dengan audiens. Namun anda perlu hati-hati karena membagikan banyak informasi akan tampak membosankan dan mudah diprediksi. Berikan variasi dalam cara Anda membagikan informasi tersebut.

3. Layanan konsumen

Banyak pula brand-brand yang menjadikan media sosial salah satu wadah untuk menampung keluhan konsumen. Jika Anda menggunakan medsos untuk memberikan pengalaman konsumen yang terbaik, pastikan Anda merespon keluhan dengan cepat. Kelebihan metode ini adalah tingkat transparansi yang tinggi karena setiap review dan keluhan yang ditulis di kolom komentar bisa dibaca oleh siapa saja.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan platform media sosial sebagai layanan konsumen, pastikan Anda meneliti terlebih dahulu platform mana yang cocok. Anda juga harus bersiap untuk memberikan jawaban yang instan atas keluhan karena kesalahan jawab bisa berdampak pada reputasi brand.

4. Menambah database konsumen

Selain tempat menerima complain, banyak pelaku usaha menggunakan media sosial untuk menambah database konsumen mereka. Dengan memiliki followers dari berbagai tipe user, sebuah bisnis dapat memanfaatkan informasi ini untuk menciptakan profile pembeli yang tepat untuk keperluan marketing selanjutnya. Kelebihan dari cara ini adalah pemilik bisnis memperoleh data valid untuk melakukan prediksi penjualan di kemudian hari. Potensi market juga dapat diidentifikasi melalui database konsumen yang ada.

Ingin memahami konsumen dan memberikan layanan terbaik agar penjualan meningkat? Integrasikan website Anda dengan social media login dan tampung informasi user ke dalam database konsumen. Ketahui perilaku pembeli saat berinteraksi dengan brand Anda dan tingkatkan penjualan dengan strategi marketing yang tepat.


Recent Posts