Maksimalkan Media Sosial dengan Mengenali Segmentasinya

Jumlah pengguna media sosial terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Dalam sebuah laporan bertajuk Digital 2021: The Latest Insight into the Stage of Digital disebutkan bahwa sebanyak 170 juta dari 274,9 juta orang di Indonesia menggunakan media sosial. Tak heran jika banyak pebisnis yang memanfaatkan ini untuk menerapkan social media login.

Maksimalkan Media Sosial dengan Mengenali Segmentasinya | Wificolony

Anda sudah mengimplementasikan social media log in untuk jaringan WiFi Anda? Tugas Anda tidak berhenti sampai di sini. Penggunaan media sosial untuk kebutuhan pemasaran harus dilakukan dengan strategi yang tepat. Salah satunya adalah dengan segmentasi. Apa itu segmentasi media sosial dan apa manfaatnya untuk bisnis Anda?

Apa yang Dimaksud dengan Segmentasi Media Sosial dan Mengapa Anda Harus Mengetahuinya?

Secara sederhana, segmentasi media sosial merupakan proses memecah dan mengkategorikan audiens target Anda berdasarkan kesamaan karakteristik yang mereka miliki. Misalnya saja, kesamaan informasi demografis, kebiasaan perilaku serta lokasi geografis mereka. Mengetahui segmentasi audiens dalam setiap platform media sosial akan memudahkan Anda dalam membuat iklan yang tepat sasaran untuk kepentingan audiens tertentu.

Segmentasi media sosial menjadi penting karena berkaitan langsung dengan keberhasilan kampanye yang Anda buat. Jika Anda mengetahui karakteristik utama dari audiens Anda, Anda akan lebih fokus dengan pesan yang ingin disampaikan. Audiens juga akan merasa lebih mudah terhubung dan pada akhirnya berpeluang lebih besar untuk membeli produk atau layanan yang Anda buat.

Manfaat Segmentasi Media Sosial bagi Bisnis

Pada dasarnya, segmentasi media sosial akan memudahkan brand membuat kampanye yang lebih tertarget. Kampanye atau iklan yang tepat sasaran bisa mendatangkan sejumlah manfaat antara lain:

  • Memungkinkan Anda untuk fokus pada calon konsumen yang paling potensial

  • Menemukan data berharga yang akan membantu Anda dalam mengembangkan produk baru

  • Membuat rancangan rencana pemasaran yang lebih efektif

  • Memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan maksimal

Mengetahui segmentasi media sosial dari target pasar Anda juga akan memudahkan dalam menentukan opsi apa saja yang ingin disediakan dalam social media log in bisnis Anda.

Mengenal Segmentasi Setiap Platform Media Sosial

Setelah mengetahui manfaat segmentasi media, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah segmen dari masing-masing platform social media. Simak ulasannya berikut ini!

Facebook

Sebagai media sosial terbesar saat ini, Indonesia memiliki 140 juta pengguna di platform milik Mark Zuckerberg ini. Ini membuat Facebook menjadi sarana yang sangat potensial untuk berpromosi. Siapa saja pengguna di platform ini.

Jika dilihat dari usia, pengguna Facebook kebanyakan adalah mereka yang berusia 20-29 tahun (44%). Selanjutnya usia 13-19 tahun sebanyak 33%. Pengguna dengan rentang usia antara 30-39 tahun menempati posisi terakhir dengan jumlah 15%. Pengguna pria jauh lebih banyak di Facebook dibandingkan wanita.

Instagram

Dengan beragam inovasinya, Instagram juga memiliki banyak pengguna aktif yang berasal dari Indonesia. Jumlah pengguna perempuan lebih mendominasi dibanding laki-laki. Adapun dari segi usia, pengguna yang paling mendominasi berada di rentang usia produktif yakni antara 18-34 tahun.

Twitter

Platform microblogging ini juga memiliki cukup banyak pengguna aktif. Di Indonesia, ada setidaknya 10,6 juta pengguna Twitter. Dari segi usia, kebanyakan pengguna Twitter berusia antara 16-24 tahun dengan laki-laki yang lebih mendominasi dibanding pengguna perempuan.

TikTok

Selama beberapa tahun belakangan, popularitas TikTok terus meningkat. Di Indonesia sendiri, ada lebih dari 35 juta pengguna aktif TikTok. Adapun usia pengguna yang mendominasi berada pada rentang 14-24 tahun. Rata-rata, satu pengguna TikTok menghabiskan waktu 29 menit per hari untuk menonton, membua, berbagi dan menemukan video di platform tersebut.

Itulah beberapa informasi penting seputar segmentasi media sosial yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan data ini, Anda bisa memaksimalkan data yang ada dari social media log in untuk kebutuhan pemasaran Anda.


Recent Posts