Masih WFH? Ini Trik Tingkatkan Kualitas WiFi di Rumah

Bekerja di rumah selama masa pandemic memiliki tantangan tersendiri. Selain ada banyak distraksi yang membuat sulit focus, kekuatan sinyal WiFi yang putus nyambung juga membuat proses bekerja jadi terganggu. Untuk kebutuhan meeting, memutar video dan melakukan presentasi – sinyal Wifi di rumah harus kencang dan bebas hambatan.

Masih WFH? Ini Trik Tingkatkan Kualitas WiFi di Rumah | Wificolony

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas WiFi di rumah, tidak perlu menjadi seseorang yang paham teknis pemasangan WiFi. Cukup dengan mengikuti trik sederhana di bawah ini!

1. Pahami koneksi internet dan kecepatannya

Saat WFH, kita harus berhadapan dengan panggilan dari WhatsApp, video, Zoom meeting dan konferensi. Semua ini membutuhkan koneksi internet tanpa batas. Apabila internet Anda cenderung melambat di akhir bulan, maka Anda perlu mengecek apakah ada downspeed? Jika Anda kurang mengerti, Anda bisa memeriksa spesifikasi ini pada invoice pembayaran internet setiap bulannya. Disana tertera berapa kecepatan internet yang Anda bayar.

Jika koneksi internet Anda cenderung melambat, periksa spesifikasi Wifi yang Anda miliki.

2. Batasi penggunaan internet yang tidak perlu

Jika permasalahan internet Anda sudah diketahui, yaitu masalah bandwidth, maka solusi yang tepat untuk ini adalah membatasi aktivitas internet untuk hal-hal yang tidak perlu. Alih-alih streaming lagu favorit, Anda dapat mendownload-nya terlebih dahulu sehingga dapat memutar secara terus menerus tanpa menyedot internet.

Atau, aktifkan fitur play offline jika aplikasi tersebut menyediakan. Tetapkan waktu untuk fokus menggunakan internet untuk pekerjaan. Tunda streaming Netflix atau YouTube dan jangan bermain online gaming sambal mendengarkan presentasi kolega.

3. Perhatikan area pemasangan Wifi router Anda

Koneksi internet yang lambat tidak hanya masalah bandwidth saja tetapi pemasangan access point yang salah juga dapat menyebabkan lemotnya koneksi WiFi. Setiap rumah memiliki kondisi yang berbeda-beda sehingga WiFi provider perlu melakukan survey sebelum memasang akses point. Area coverage yang luas akan memaksimalkan kerja WiFi dan Anda dapat bekerja tanpa gangguan internet.

4. Gunakan kabel ethernet bila perlu

Untuk kualitas sambungan WiFi yang lebih baik saat WFH, Anda dapat mengganti dengan kabel ethernet. Sambungan ini langsung terhubung dengan laptop atau gadget Anda jadi koneksi internetnya tidak bercabang di device lain. Biasanya, ethernet memiliki koneksi yang lebih stabil.

5. Hubungi ahlinya

Jika Anda harus merubah posisi router atau membatasi penggunaan internet untuk hal-hal lain di luar pekerjaan, Anda dapat meminta bantuan dari provider terpercaya untuk memberikan solusi terbaik di rumah Anda.

Setup kabel dan social media login juga dapat digunakan jika Anda sering menerima banyak tamu di rumah dan tidak ingin Wifi pribadi terganggu dengan WiFi guest.

Kebiasaan bekerja di kantor dan di rumah memang berbeda. Butuh penyesuaian lagi untuk WFH agar produktivitas tetap terjaga. Ikuti tips di atas dan hubungi Wificolony untuk konsultasi seputar WiFi management.

Recent Posts