Mengenal Lebih Dekat tentang Customer Engagement

Dalam sebuah bisnis, tidak ada yang lebih penting daripada customer atau pelanggan. Tanpa adanya pelanggan, apapun produk yang Anda tawarkan tidak akan mendatangkan keuntungan. Itulah sebabnya kenapa customer engagement menjadi sesuatu yang sangat penting bagi bisnis yang Anda jalankan.

Ada banyak sekali definisi yang bisa menjelaskan pengertian customer engagement. Menurut Paul Greenberg dari HubSpot, customer engagement adalah interaksi yang berlangsung antara sebuah perusahaan dengan pelanggan mereka. Biasanya disediakan oleh perusahaan dan dipilih oleh pelanggan itu sendiri.

Sedangkan Eric Peterseon dalam tulisannya How Do You Calculate Engagement? Part II, customer engagement digambarkan sebagai perkiraan tingkat kedalaman interaksi pelanggan terharap serangkaian tujuan yang sudah ditentukan dengan jelas.

Langkah-langkah Meningkatkan Customer Engagement

Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan customer engagement. Hal ini penting untuk menciptakan basis pelanggan yang loyal. Simak beberapa langkahnya berikut ini!

1. Pastikan Pelanggan Mendapatkan Pengalaman Terbaik

Karena pelanggan adalah prioritas, maka kepuasan mereka adalah tujuan Anda. Untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik, pastikan Anda menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jika bisnis yang Anda miliki adalah kafe atau restoran, menyediakan menu yang enak dan tempat yang nyaman adalah kunci utama. Tapi jangan lupa bahwa pelanggan juga memerlukan layanan tambahan lain seperti WiFi gratis. Dengan menggunakan WiFi Management, Anda bisa memanfaatkan captive portal sebagai halaman login. Dari sana, Anda bisa memperoleh informasi penting untuk mengumpulkan database customer.

2. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Selain melakukan komunikasi secara langsung, media sosial bisa menjadi tempat berinteraksi yang bagus untuk menarik perhatian. Banyak sekali brand-brand yang menjadi besar berkat cara mereka berinteraksi dengan pelanggan melalui media sosial.

Brand makanan cepat saji Wendy’s misalnya, berhasil memanfaatkan interaksi Twitter dari pengguna yang membahas merek restoran cepat saji lain. Dari sini, Wendy’s mendapat perhatian dan menjadi viral. Dari interaksi ini juga, pelanggan bisa merasa dekat dengan brand Anda.

3. Ketahui Batasan

Menjadi dekat dengan pelanggan bukan berarti menghilangkan batasan yang ada. Beberapa kasus tentang postingan media sosial yang dianggap tidak pantas sukses merusak citra sebuah perusahaan. Hal ini harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Karena itu, pastikan Anda tahu batasan ‘dekat’ dan ‘melewati batas’.

4. Buat Konten yang Bermanfaat

Jika Anda ingin menciptakan basis pelanggan yang loyal, Anda perlu berhenti menganggap customer sebagai sumber uang. Caranya adalah berikan sesuatu yang lebih kepada mereka. Salah satunya adalah dengan menggunakan konten untuk mengedukasi mereka. Belakangan, cara ini semakin banyak digunakan oleh brand-brand ternama untuk menarik perhatian pelanggan baru.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Google, sebanyak 48% dari pengguna ponsel pintar lebih suka membeli produk dari perusahaan yang menyertakan konten petunjuk penggunaan. Selain itu, menyertakan konten bermanfaat yang berhubungan dengan produk yang Anda jual juga bisa meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan.

Ingin meningkatkan customer engagement dengan layanan WiFi management? WiFi Colony siap membantu Anda mewujudkannya. Dengan menggunakan social media login untuk masuk ke jaringan internet nirkabel yang Anda sediakan, Anda bisa memperkuat database customer Anda. Dari data-data ini, beragam informasi mengenai pelanggan bisa didapatkan.

Membangun customer engagement memang bukan hal yang mudah. Pastikan Anda memilih mitra terbaik agar target Anda tercapai.


Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia