Mengenal Peran Media Sosial Analitik

Media sosial saat ini menjadi pilar utama dalam penyampaian informasi. Dengan adanya media sosial, berbagai hal terasa lebih efisien seperti misalnya komunikasi dan penyebaran informasi terjadi sangat cepat. Oleh karenanya, tidak jarang seorang konsumen akan mengetahui suatu informasi dengan cepat dan dapat diakses kapanpun. Dengan adanya media sosial, masyarakat pun semakin mudah terhubung untuk saling berinteraksi.

Berbicara mengenai salah satu bentuk digitalisasi ini, tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan kaitan media sosial dengan bisnis. Seperti yang telah diketahui, dengan adanya media sosial membawa dampak bagi suatu bisnis. Perlu diketahui, mengukur keberhasilan posting Anda adalah komponen penting dari pemasaran media sosial. Penting untuk memeriksa analitik media sosial bisnis Anda secara teratur untuk melihat tren dan melihat apa yang berhasil. Dengan adanya analitik, Anda dapat melihat peluang dalam meningkatkan pengalaman audiens atau bahkan penjualan Anda.

Semakin banyak terjadinya penyebaran informasi, maka semakin banyak pula konten bisnis yang dapat Anda siapkan dan tersimpan dalam media sosial. Dalam mengelola konten tersebutlah Anda harus mengetahui analitik konten sosial media bisnis Anda.

Analitik media sosial memiliki berbagai peran. Misalnya kita dapat mengetahui berbagai insight dari aset media sosial yang dimiliki oleh brand itu sendiri. Berbagai performa, seperti tingkat kenaikan pengikut, interaksi yang ada di dalam media asset, serta konten apa yang disukai oleh target audiens dapat diketahui.

Tidak hanya berkaitan dengan para pelanggan bisnis Anda saja, analitik pada dasarnya digunakan untuk mengetahui berbagai pembicaraan terkait dengan brand, kompetitor, serta hal – hal yang bersifat eksternal namun ada kaitannya dengan brand. Dalam hal ini, Anda dapat memetakan sebenarnya apa saja yang menjadi sentimen negatif dan positif. Sehingga nantinya Anda mampu menganalisa lebih dalam apa yang diinginkan oleh target audiens dengan adanya aset media sosial milik brand.

Berkaitan dengan analisis perkembangan sosial media bisnis Anda, tidak dapat dilakukan sembarangan. Misalnya hanya sekedar mengupload konten di social media saja. Namun, ternyata social media jauh lebih kompleks daripada itu. Ada hal – hal yang perlu diperhatikan apabila ingin pemanfaatannya lebih maksimal. Sehingga nantinya, hasil analisis akan berguna untuk mendukung kegiatan marketing dari brand atau bisnis yang Anda dimiliki. Pengukuran atau analisa sosial media sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis yang Anda jalani. Berikut adalah beberapa alasan mengapa social media analytics diperlukan untuk bisnis.

Dalam penggunaannya, analitik media sosial akan membantu Anda dalam mengevaluasi performa konten yang berjalan. Analitik sosial media akan membantu perusahaan mengidentifikasi perihal kampanye media sosial yang dapat menghasilkan impresi yang positif terhadap produk, kampanye yang sedang dijalankan di media sosial atau malah sebaliknya.

Selain itu, fungsi yang lainnya adalah membantu Anda untuk mengetahui teknik yang berhasil ataupun tidak berhasil terhadap kelangsungan bisnis Anda menarik pembelian. Analisis juga berperan dalam menjalankan kampanye di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Anda dapat mengetahui terkait peluang kampanye yang dapat menghasilkan penjualan atau tidak.

Dari hasil analisis ini Anda juga dapat memantau kondisi competitor. Sehingga nantinya, Anda dapat membandingkannya dengan bisnis maupun brand yang berada di lingkup pasar yang sama. Selain itu, Anda juga dapat mengukur perkembangan social media asset yang bisnis Anda miliki dari waktu ke waktu.

Fungsi yang tidak kalah penting ialah berperan dalam menentukan strategi periode selanjutnya yang lebih baik. Dengan hasil analitik ini, Anda dapat membaca peluang yang ada sehingga dapat melanjutkannya ke dalam strategi bisnis Anda. Sosial media bisnis Anda tentunya akan berinteraksi dengan banyak pihak. Mulai dari pelanggan lama maupun calon pelanggan hingga para competitor. Untuk itu, analisis ini berperan dalam memantau pandangan orang tentang brand atau bisnis Anda. Fungsi terakhir sebagai fungsi yang telah diketahui banyak pihak adalah melancarkan pemasaran suatu produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan.

Analisis ini juga dilihat berdasarkan beberapa aspek. Mulai dari pertumbuhan pengikut, engagement rate, jangkauan yang dapat dicapai dari konten Anda, topik yang paling banyak dibahas, bagaimana interaksi bisnis Anda terhadap masyarakat, hingga konten terbaik maupun terburuk dari media sosial Anda.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah monitoring performa keseharian, demografi data audiens, pengaturan jadwal posting, dan sebagainya. Sehingga dengan begitu bisa mengevaluasi tentang respon pengunjung media sosial apakah sesuai harapan atau tidak.

Pilihan dalam pemanfaatan media sosial yang dapat Anda gunakan tentunya memiliki keberagaman. Pilihan tersebut Anda bisa tentukan dari jenis bisnis yang Anda jalani hingga platform mana yang sesuai dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih platform menurut penggunanya. Beberapa pilihan tersebut adalah dengan Facebook Page ataupun Twitter. Selain akun personal, Facebook Page juga penting untuk bisnis. Karena platform page ini tidak memiliki batasan jumlah pertemanan dan memiliki Facebook Insights yang memungkinkan Anda untuk melakukan analisis demografi. Selain itu, facebook page memiliki parameter impresi yang jelas.


Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia