Meningkatkan Revenue dengan Testimoni Pelanggan

Bicara tentang memulai bisnis, ada beberapa hal atau istilah yang perlu dipelajari sebelum benar-benar terjun di bidang tersebut. Adapun beberapa istilah dan konsep bisnis yang perlu diketahui seperti revenue stream, revenue model dan business model. Berbicara mengenai ketika hal tersebut, salah satu tolak ukur keberhasilan bisnis adalah revenue yang dihasilkan. Patokan ini adalah langkah awal buat mengukur apakah usaha Anda akan berhasil menghasilkan profit atau tidak. Besarnya revenue yang akan kamu dapat dipengaruhi berbagai hal, di antaranya:

  • Suku bunga

  • Nilai tukar mata uang (nilai tukar rupiah terhadap dolar)

  • Harga produk atau jasa yang kamu jual

  • Luasnya jangkauan pengguna produk atau jasa

Semakin banyak variasi yang kamu tawarkan, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan revenue yang besar. Semakin banyak variasi yang kamu tawarkan, diharapkan jangkauan target pasar semakin luas. Luasnya jangkauan target pasar anda tentu memberikan kepuasan berbeda. Lalu bagaimana kita dapat memanfaatkan kepuasan pelanggan sebagai langkah peningkatan revenue?


Menelisik ke arah transaksi pastilah dibutuhkan rasa percaya dan saling membutuhkan. Menarik kepercayaan pelanggan pada bisnis online memang tidak mudah Hal itu terjadi karena banyak sekali penipuan yang terjadi pada bisnis online. Penipuan yang terjadi pada bisnis online bisa terjadi karena semua transaksi dilakukan tanpa bertatap muka. Pernahkah Anda memperhatikan sebuah website atau toko online di sebuah platform e-commerce dilengkapi dengan testimoni dari orang-orang yang menggunakan produk tersebut?

Untuk meraih revenue yang diinginkan, tidak dipungkiri Anda mesti lakukan kegiatan promosi dan marketing. Kegiatan promosi ini bisa bantu menstabilkan dan bahkan menaikkan penjualan. Meskipun bisnis Anda telah mempunyai nama sekalipun. Salah satu cara mengubah biaya menjadi revenue adalah dengan memanfaatkan testimoni pelanggan. Testimoni dari pelanggan Anda dapat membantu menumbuhkan kepercayaan dari para calon pelanggan Anda. Semakin banyak testimoni yang Anda tampilkan maka peluang produk kamu untuk terjual semakin besar. Selain itu, diskon dan juga fasilitas return dan refund juga berpengaruh pada revenue. Begitu pula dengan strategi promosi yang kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk para pebisnis pemula, Anda bisa mulai meminta testimoni produk dari teman-teman terdekat atau keluarga Anda yang menggunakan produk kamu. Namun, Anda juga harus memperhatikan bila pelanggan Anda kecewa dan menuliskan testimoni yang tidak bagus. Hal itu bisa menurunkan kepercayaan calon pelanggan Anda. Cara mengatasi testimoni negatif yang Anda dapatkan adalah memberikan pelayanan lebih lanjut terkait masukan yang diberikan pelanggan. Pada dasarnya, testimoni negatif ada berdasarkan dari pelayanan maupun produk yang diberikan penjual. Namun, ada baiknya jika Anda memilih dari beberapa testimoni negatif yang membangun.

Tapi sebaliknya testimoni-testimoni yang bagus dari pelanggan Anda dapat membuat penjualan produk Anda meningkat secara cepat. Maraknya penipuan yang terjadi pada penjualan online membuat para calon pelanggan lebih selektif dalam membeli barang dan hal yang pertama yang mereka lihat sebelum membeli adalah testimoni produk tersebut. Kelebihan dari testimoni pelanggan tidak hanya untuk membuat reputasi bisnis Anda bagus dan kepercayaan terhadap usaha kamu meningkat. Memasang testimoni dari pelanggan juga dapat meningkatkan angka transaksi bisnis Anda. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi bisnis–bisnis yang baru dirintis.

Untuk para pebisnis pemula mungkin merasa berat jika harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk kepentingan promosi. Misalnya memasang iklan di platform-platform digital apalagi sampai harus membayar artis atau selebgram hanya untuk mempromosikannya. Anda tidak perlu pusing memikirkan budget karena cara ini tentu saja tidak membutuhkan uang. Dengan biaya murah bahkan gratis ini, kamu sudah bisa mempromosikan produk kamu. Anda hanya perlu meminta testimoni dari para pelanggan-pelanggan Anda dan menampilkannya pada toko online kamu.

Ada banyak cara untuk membangun citra positif bisnis yang kamu jalan. Salah satunya dengan memasang testimoni dari pelanggan kamu. Tampilkanlah testimoni-testimoni yang menonjolkan keunggulan bisnis kamu misalkan, produk yang bagus, servis Anda yang memuaskan, pengiriman Anda yang cepat dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa menjadi bahan pendukung bagi semua pernyataan tentang keunggulan produk Anda. Saat ini para calon pelanggan cenderung lebih selektif untuk memilih produk baik barang maupun jasa. Jika citra positif Anda sudah terbangun dengan baik maka secara otomatis keuntungan kamu akan meningkat.

Gunakan testimoni pelanggan untuk membantu konsumen lain mengetahui siapa pelanggan ideal Anda. Hal tersebut juga akan membantu konsumen memahami bagaimana produk atau layanan kamu akan menguntungkan mereka secara khusus. Saat mereka mengidentifikasi dengan kualitas yang dapat dikaitkan, mereka akan lebih efektif membayangkan diri mereka puas dengan menggunakan produk Anda. Anda pun akan menikmati tingkat konversi yang lebih tinggi.

Nah begitulah cara meningkatkan revenue bagi para pebisnis. Yuk kita meningkatkan segala pelayanan produk dan jasa kita! Semoga pertiwi kembali pulih dan kita tidak tertatih


Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia