Optimalkan WiFi Management Restoran Anda dengan Tips Berikut Ini!

Bukan rahasia lagi jika WiFi merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi sebuah bisnis restoran. Lebih dari makanan yang lezat atau pelayanan yang mumpuni, jaringan internet nirkabel dengan WiFi management yang baik akan membuat pelanggan betah berlama-lama duduk di restoran atau kafe Anda. Semakin lama mereka berada di sana, semakin besar kemungkinan mereka akan memesan menu. Artinya, semakin dekat Anda dengan keuntungan.

Optimalkan WiFi Management Restoran Anda dengan Tips Berikut Ini! | Wificolony

Tak hanya itu, keberadaan WiFi juga sangat penting bagi produktivitas restoran itu sendiri. Dengan adanya jaringan internet yang stabil, ada berbagai fungsi online yang akan menjadi lebih optimal. Salah satunya adalah ketika Anda melayani pesan antar atau sekadar menjawab pertanyaan dari pelanggan secara online.

Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan WiFi management Anda agar hasilnya sesuai yang diharapkan? Simak beberapa tipsnya berikut ini!

Lakukan Antisipasi Jika Konektivitas Tidak Memadai Kecepatan

Kecepatan throughput broadband internet restoran biasanya bervariasi. Kecepatan yang ditawarkan oleh provider Anda mungkin adalah yang terbaik yang bisa Anda berikan. Namun ini bisa berfluktuasi ketika banyak pengunjung yang menggunakan jaringan Anda. Karena itu, pastikan Anda membuat antisipasi untuk periode kemacetan jaringan, latensi tinggi dan kehilangan paket tinggi. Salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi Software Defined Wide Area Network (SD-WAN).

Tingkatkan Ketersediaan Jaringan

Jika jaringan internet tidak memadai, Anda tidak akan bisa menerima dan memenuhi pesanan secara online. Hal ini tentu akan mengganggu performa bisnis secara keseluruhan. Jangan biarkan bisnis Anda terganggu hanya karena kualitas WiFi management yang buruk.

Sebagai solusi, tingkatkan konektivitas internet broadband Anda dengan koneksi jalur alternative. Misalnya saja, jika Anda menggunakan jaringan utama fiber, siapkan koneksi LTE alternatif. Idealnya, keduanya harus dijalankan dengan konfigurasi aktif sehingga kedua rangkaian bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Lakukan Survei Mengenai Coverage WiFi

Untuk bisa mencapai coverage atau cakupan yang memadai, restoran kadang menemukan kesulitan. Area dapur misalnya, bisa jadi tempat yang tidak ramah WiFi karena banyaknya permukaan logam. Keberadaan mesin juga bisa mengganggu sinyal WiFi. Penggunaan WiFi tetangga (misalnya untuk kamera CCTV) juga bisa menghambat jaringan Wifi Anda. Karena itu, pastikan Anda menemukan solusi dinamis yang bisa mendeteksi gangguan WiFi dan mengubah saluran.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menyetel access point (AP) WiFi secara manual agar sinyal saluran tidak bentrok. WiFi 5 Ghz memang memberikan kecepatan yang lebih tinggi, tapi 2,4 Ghz memberikan cakupan yang lebih luas. Menggunakan beberapa jenis konektivitas tentu lebih baik daripada tidak ada konektivitas sama sekali.

Lakukan Monitoring WiFi Management

Pengoperasian WiFi tamu membutuhkan pemantauan pola penggunaan. Melakukan monitoring akan membantu Anda memaksimalkan jaringan WiFi yang ada. Pastikan personel internal atau penyedia layanan internet Anda memiliki dasbor dan alat manajemen yang tepat untuk memantau dan mengelola layanan WiFi Anda.

Saat ini, akses WiFi adalah bagian yang menjadi harapan pelanggan ketika mereka berkunjung di sebuah restoran. Bagi restoran yang terdampak pandemi atau yang sedang berkembang, penerapan teknologi jaringan yang efektif adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Ketika pengalaman pelanggan bergantung pada internet dan akses WiFi, pengelolaan infrastruktur jaringan dapat menjadi tugas yang berat bagi tim operasional. Karena itu, pastikan Anda menyerahkan urusan WiFi management Anda hanya pada provider yang terpercaya untuk hasil yang optimal.


Recent Posts