Pastikan WiFi Network Kantor Anda Aman

Baik kantor besar atau kecil, rentan kebocoran data perusahaan yang sifatnya penting dan rahasia. Apalagi banyak karyawan pakai wifi kantor.

Pastikan WiFi Network Kantor Anda Aman | Wificolony

Bisnis skala kecil maupun besar membutuhkan keamanan jaringan WiFi. Mengingat banyak pengguna yang terhubung dengan WiFi kantor, jaringan WiFi sangat rentan diretas dan menimbulkan kebocoran data perusahaan yang dapat merugikan banyak pihak. Kejahatan cyber ini dapat Anda hindari dengan menerapkan beberapa cara sederhana di bawah ini.

1. Pastikan hardware WiFi Anda berada di tempat yang tidak mudah dijangkau

Saat ini kejahatan WiFi semakin canggih. Kasus tampering yang kerap terjadi dapat membuat produktivitas kantor tersendat. Memang akan sedikit lebih ribet saat hardware rusak dan Anda harus mencari tangga untuk menurunkannya. Tetapi dengan banyaknya orang lalu lalang di area tempat hardware Wifi, akan lebih baik jika router dan access point berada di tempat yang aman.

2. Periksa keamanan router built in Anda

Setiap router selalu dibekali dengan keamanan yang disematkan di dalamnya. Setiap router juga memiliki login default dan IP address untuk keperluan administrasi. Untuk memastikan keamanannya, pastikan selalu mengecek secara rutin dan bila perlu gunakan password yang mudah diingat tetapi susah untuk ditebak oleh bots. Semakin unik dan panjang karakternya, akan semakin sulit ditebak. Secara berkala, update WiFi password Anda. Mungkin ini terdengar merepotkan tapi percayalah, hal ini akan menjauhkan Anda dari berbagai kesulitan yang mungkin akan terjadi jika WiFi Anda diretas.

3. Minta bantuan profesional

Mungkin Anda memiliki departemen IT yang menangani masalah software di kantor dan sistem software untuk berbagai keperluan manajemen. Akan tetapi urusan WiFi berbeda dengan membuat software kantor. Seorang ahli cybersecurity akan lebih paham bagaimana cara mengamankan jaringan dengan melakukan survei terlebih dahulu dan memberikan tips penting untuk dilakukan.

4. Selalu update software

Dengan berkembangnya teknologi yang terus menerus berevolusi, pembaruan software sangat penting untuk dilakukan agar WiFi selalu aman. Rekomendasi update WiFi network bisa dilakukan 5 tahun sekali. Selain perbaruan WiFi, dibutuhkan juga pembaruan sistem terutama ketika kantor sudah berkembang lebih besar dan staf karyawan jadi lebih banyak. tak ada salahnya menggunakan WiFi manajemen yang dapat mengelompokkan user ID berdasarkan kriteria tertentu.

5. Melindungi jaringan dari peretas

Tak jarang karyawan yang menghubungkan device pribadi mereka ke WiFi kantor. Hal ini tentu diperbolehkan tetapi tetap waspada karena semua yang terhubung bisa saja diretas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Tanpa disadari, aplikasi-aplikasi yang sudah diunduh di smartphone pribadi memiliki spyware atau malware yang dapat mengambil data perusahaan melalui koneksi jaringan tersebut.

Optimalkan kinerja WiFi kantor anda dan pastikan setiap karyawan bekerja di koneksi internet yang aman dan terlindungi dari pencurian data. Wificolony adalah provider Management WiFi dan integrasi social media login yang memberikan layanan satu atap untuk kebutuhan network di kantor Anda. Konsultasikan kebutuhan kantor Anda kepada kami dan kami akan melakukan survei lokasi untuk penempatan jaringan yang aman dan nyaman bagi semua karyawan.


Recent Posts