Penerapan Captive Portal atau Wifi Management pada Free Wifi di Hotel

Seperti yang kita tahu, captive portal merupakan aplikasi yang penting untuk mengelola akses pengguna ke jaringan pribadi atau publik. Bagi guest, aplikasi ini berguna sebagai portal masuk untuk mendapatkan akses ke jaringan. Salah satunya adalah jaringan internet gratis atau WiFi.

Penerapan Captive Portal atau Wifi Management pada Free Wifi di Hotel | Wificolony

Di antara sekian banyak industri yang memerlukan layanan internet nirkabel, hotel merupakan salah satu infrastruktur yang membutuhkannya. Tidak hanya menyediakan akses WiFi untuk para tamu, tapi juga memastikan semua data mereka tersimpan aman.

Apa Manfaat Captive Portal bagi Sebuah Hotel?

Poin paling penting dari adanya captive portal adalah untuk mendukung keamanan jaringan dengan mengontrol akses. Jaringan private milik hotel bisa mencegah pengguna yang tidak berhak untuk mendapatkan koneksi internet. Cara ini bisa memastikan bahwa semua pengguna masuk ke dalam jaringan dan terhubung dengan cara yang benar.

Namun, selain menyediakan koneksi internet yang aman, aplikasi ini juga memungkikan hotel mengumpulkan data pengguna sehingga dapat memperkaya database perusahaan. Karena portal ini bisa meminta akses dengan memasukkan email dan data pribadi pengguna, data yang tersimpan suatu saat akan berguna bagi pihak hotel.

Adanya porta ini juga memungkinkan pihak hotel menganalisis kebiasaan dan ketertarikan pengguna lewat penjelajahan yang mereka lakukan di internet. Analisis yang mendalam ini akan mempermudah hotel untuk melakukan segmentasi database kontak sehingga nantinya penawaran bisa diberikan kepada target yang paling sesuai.

Sebagian hotel tidak hanya menggunakan captive portal untuk pintu masuk ke dalam jaringan tapi juga memasukkan beragam konten tambahan yang mungkin menarik bagi pengguna. Mulai dari video, survei hingga profil media sosial. Ini memungkiankan admin portal menyediakan pengalaman yang dipersonalisasi sehingga tamu merasa lebih dekat.

Pada dasarnya, captive portal tidak hanya menjamin semua pengguna mengakses jaringan dengan aman dan benar. Aplikasi ini juga memungkinkan pihak hotel mengumpulakan detail pengguna yang nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman online para tamu dan dimanfaatkan untuk membuat strategi pemasaran digital yang optimal.

Aplikasi Captive Portal di Hotel

Dengan adanya aplikasi ini, semakin banyak hotel dan penginapan yang akan menyediakan fasilitas berupa koneksi WiFi untuk para tamunya. Beberapa tamu biasanya memang membutuhkan koneksi internet selama mereka menginap baik untuk tujuan hiburan maupun digunakan untuk kebutuhan pekerjaan jika mereka sedang melakukan perjalanan bisnis.

Oleh karena itu, captive portal bisa memberikan akses ke jaringan hotel hanya untuk para tamu saja. Mereka bisa mengakses jaringan dengan menggunakan informasi pribadi milik mereka atau dengan memasukkan kode pemesanan. Tergantung bagaimana kebijakan setiap hotel untuk melakukan konfigurasi terhadap captive portal milik mereka.

Portal masuk ini tidak hanya memungkinkan pihak hotel memasang halaman login yang sesuai dengan desain perusahaan mereka, tapi juga menempatkan berbagai materi promosi. Video, gambar atau apa saja yang bisa menjadi sumber informasi baru tentang perusahaan untuk para tamu. Selain itu, hotel juga bisa mempromosikan layanan tambahan hotel lewat halaman login WiFi ini.

Captive portal yang dirancang khusus untuk hotel memungkinkan pihak hotel menyimpan detail jika ada tamu yang datang berulang kali. Dengan begitu, mereka bisa menyambut dan memberikan pengalaman menginap yang lebih baik lagi.

Bagi Anda pengusaha hotel yang ingin mengumpulkan data tamu dan melakukan analisis lewat tren penelusuran yang dilakukan oleh tamu di internet, captive portal bisa menjadi langkah yang bagus untuk memulainya. Serahkan urusan pengelolaan internet hotel Anda hanya kepada Wificolony.


Recent Posts