Pentingnya Survei untuk Penempatan Wifi yang Tepat dan Optimal

Sebelum memasang peralatan untuk WiFi di gudang Anda, sebaiknya lakukan survey tempat terlebih dahulu. Hal ini berlaku untuk pemasangan jaringan WiFi baru maupun perbaikan WiFi yang lama. Memasang WiFi di area warehouse atau pergudangan memiliki tantangan tersendiri karena disini biasanya terdapat tumpukan barang inventaris. Memasang Wifi di lokasi yang salah bisa membuat sinyalnya tidak optimal.

Pentingnya Survei untuk Penempatan Wifi yang Tepat dan Optimal | Wificolony

Berikut adalah beberapa manfaat survey warehouse untuk penempatan WiFi yang paling tepat

1. Area jelajah yang optimal

Dalam proses logistik, staff warehouse senantiasa bergerak untuk memastikan stok tersedia. Beberapa gadget yang umum digunakan oleh para staf gudang diantaranya: laptop, scanner, smartphone, dan instrumen lain yang membutuhkan wireless network untuk tetap dapat bekerja maksimal. Memasang jaringan di tempat yang salah dapat menyebabkan konfigurasi yang kurang optimal sehingga ada spot-spot tertentu dimana WiFi tidak dapat diakses dengan baik. Jika hal ini terjadi, maka produktivitas gudang jadi berkurang. Oleh karena itu, survei gudang diperlukan agar tidak terjadi hambatan pada laju jaringan WiFi.

2. Mencegah koneksi terputus

Sinyal WiFi yang terputus dapat berakibat pada turunnya tingkat akurasi stok data secara real time. Permasalahan ini biasanya berkaitan dengan dead zone dimana akses terputus karena letak atau posisi ruangan. Hal ini kerap terjadi di lingkungan warehouse karena bangunan yang tertutup konkret dan besi serta langit-langit yang tinggi juga suhu udara yang ekstrim. Survey warehouse dapat membantu memetakan semua ruangan di dalam gudang dan Menyusun konfigurasi yang paling tepat.

3. Meningkatkan network latency

Latency adalah waktu yang dibutuhkan oleh sebuah data untuk berjalan dari sumber menuju ke titik terakhirnya. Survey warehouse akan membantu mendeteksi respon jaringan dan membuat access point yang sesuai dengan layout gudang. Semakin sedikit latency maka produktivitas semakin meningkat karena data terkirim dengan lebih cepat.

4. Mengurangi network trouble di masa mendatang

Survey warehouse dapat menghemat waktu dan biaya Anda di kemudian hari. Meskipun tampaknya sedikit lebih repot karena harus meeting dengan vendor dan mengalokasikan waktu untuk kegiatan survei – tetapi Langkah awal ini dapat menghindarkan Anda dari network trouble yang berhubungan dengan optimasi jaringan. Aktivitas di warehouse harus minim gangguan mengingat kegiatan operasional gudang bisa sangat sibuk.

Informasi yang diperoleh dari survey akan digunakan oleh vendor Wifi Anda untuk merencanakan dan memetakan WiFi dengan akurat.

5. Hemat biaya

Tak dapat dipungkiri, software dan aplikasi yang berkaitan dengan teknologi bisa memakan banyak biaya. Meski begitu, keberadaannya sangat penting demi efisiensi kerja. Mengingat hal ini, Anda dapat menghemat budget yang signifikan dengan melakukan survei terlebih dahulu. Survei dan planning menghindarkan Anda dari kerugian di masa mendatang yang berkaitan dengan isu-isu seperti sinyal terputus atau router yang rusak akibat penempatan yang salah. Anda juga tidak membuang uang dengan sia-sia akibat menempatkan device terlalu banyak dan tidak optimal.

Recent Posts