Perkembangan Fasilitas Free Wi-Fi di Usaha Kuliner

Di era digital seperti ini, persaingan bisnis dari para pelaku bisnis akan semakin ketat. Para pelaku bisnis khususnya Restoran dan Cafe harus punya strategi supaya tidak mengalami kerugian. Dengan adanya kemajuan teknologi akses internet inilah, akses internet menjadi kebutuhan yang wajib untuk sebagian banyak orang.


Salah satu akses internet yang digandrungi para pelanggan adalah Wi-Fi. Koneksi Wi-Fi, inilah yang dapat menjadi nilai tambahan dan solusi khususnya bagi para pemilik restoran dan café. Konsumen bisa melakukan pertemuan atau sekadar nongkrong Bersama teman dengan adanya layanan ini. Kadang biarpun harga mahal tapi apabila ada koneksi Wi-Fi, konsumen tetap mengusahakan untuk makan di tempat tersebut bahkan sampai berjam-jam. Apalagi jika usaha menawarkan harga, pelayanan yang sepadan dengan kualitas yang ditawarkan.

Nilai tambah ini yang menjadi suatu alasan beberapa perusahaan atau para pelaku bisnis kecil, menengah, dan besar yang langsung berhubungan dengan konsumen untuk menyediakan layanan akses Wi-Fi secara gratis. Wi-Fi menjadi nilai tambah yang murah, mudah, dan digemari seiring perkembangan teknologi saat ini. Dengan Wi-Fi ini, pelanggan akan terbantu sedikitnya dengan memanfaatkan waktu mereka yang terbuang untuk tetap bisa terhubung dengan pekerjaannya dimanapun mereka berada.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan internet oleh masyarakat kini telah menjadi suatu kebutuhan. Setiap tahun terjadi peningkatan signifikan jumlah pengguna internet di Indonesia. Menurut data Kemkominfo dan Bappenas, pada tahun 2010 penggunaan internet oleh masyarakat mencapai angka 45 juta orang pengguna dan 2,7 juta orang pelanggan, dan pada tahun 2012 jumlah tersebut telah mencapai 65 juta orang pengguna.

Masyarakat mengakses internet dengan beragam perangkat dan teknologi baik secara dial-up, leased line, jaringan fiber optik, atau secara wireless, dengan menggunakan perangkat modem ataupun handphone. Akses internet di Indonesia dinilai oleh banyak pihak masih tergolong lambat. Padahal dengan semakin luasnya layanan akses internet yang dimanfaatkan oleh masyarakat dan semakin pentingnya akses internet berkecepatan tinggi, kualitas layanan jasa akses internet di Indonesia menjadi hal yang tidak bisa diabaikan.

Kualitas layanan dapat dilihat dari sudut pandang pengguna berdasarkan kualitas layanan yang dirasakan (Quality of Experience) maupun dari sudut pandang penyelenggara berdasarkan kualitas layanan yang disediakan. Saat ini, rumah makan atau coffee shop yang menawarkan area Wi-Fi gratis sudah banyak ditemukan. Tempat-tempat seperti ini juga selalu dipenuhi pengunjung, dari yang sekadar iseng mengecek e-mail, hingga yang ingin memanfaatkan internet gratis dan nongkrong sepanjang hari.

Jika penyedia usaha menikmati momen berinternet gratis sambil menyantap hidangan, kenapa tidak mencoba memberikan layanan tersebut untuk pengunjung restoran. Apalagi bila penyedia usaha mampu memberikan akses internet dengan kecepatan tinggi. Hal ini pasti dapat meningkatkan daya tarik bisnis Anda untuk target pelanggan Anda.

Orang yang berencana makan siang atau sekadar ngopi, tentu lebih memilih kafe yang menawarkan internet gratis daripada yang tidak. Kebutuhan untuk mengakses internet memang semakin meningkat. Orang tidak hanya menggunakannya untuk memenuhi kesenangan browsing berita-berita hiburan atau meng-update status di situs jejaring sosial. Saat tidak sedang berada di kantor, bisnis tetap berjalan berkat komunikasi melalui internet.

Bagi pekerja di bidang kreatif, menggunakan internet di kafe juga dianggap lebih merangsang kreativitas mereka. Kafe atau restoran bukan satu-satunya bisnis yang membangun jaringan WiFi. Beberapa pemilik bisnis lain kini juga menyadari pentingnya mewadahi kebutuhan pelanggan, seperti toko-toko buku independen, apartemen, pusat-pusat kebugaran, bahkan minimarket yang buka 24 jam.

Dapat dikatakan bahwa layanan WiFi-lah yang membuat sebagian pengunjung tertarik mendatanginya. Bukan hanya orang yang gemar traveling, atau mobile, yang membutuhkan koneksi Wi-Fi. Orang yang tidak memiliki kepentingan apa-apa pun seringkali ingin memastikan pemilik bisnis menawarkan layanan ini, sehingga mereka bisa keluar dari rumah, dan bersantai menikmati layanan internet secepat kilat. Beberapa perumahan besar pun kini menyediakan layanan Wi-Fi. Selain kaum pekerja, ada pula yang merasa diuntungkan terhadap adanya fasilitas internet seperti Wi-Fi, yakni pelajar dan mahasiswa yang butuh mengakses internet untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Memang ada biaya khusus untuk melakukan instalasi WiFi atau LAN ini, tetapi jika cara ini bisa mendekatkan hubungan Anda dengan pelanggan, tentu layak dicoba. Anda juga dapat menerapkan Wi-Fi marketing kepada para pelanggan di usaha Anda. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghindari pengunjung yang hanya ingin memanfaatkan internet gratis sepanjang hari tanpa memesan makanan atau minuman.

Anda tinggal menghubungi operator telepon atau ponsel untuk melakukan instalasi. Apapun metode instalasi yang Anda pilih, pastikan hal itu mampu berjalan dengan efektif sebelum Anda mempromosikannya untuk publik. Setelah itu, Anda tinggal mengamati bagaimana kesetiaan pelanggan akan bertumbuh, dan bisnis Anda pun berkembang sesuai harapan.


Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia