Pro dan Kontra Menggunakan Social Media Login

Konsep social media login semakin populer beberapa waktu ke belakang. Terbukti ada lebih dari 65% pengguna Facebook menggunakan layanan ini. Adanya social media login memungkinkan pengguna masuk ke sebuah situs tanpa harus membuat akun. Alih-alih, mereka bisa memanfaatkan kredensial mereka dari pihak ketiga termasuk Facebook, Twitter maupun LinkedIn.

Pro dan Kontra Menggunakan Social Media Login | Wificolony

Meskipun menawarkan berbagai kemudahan, namun social media login masih memiliki sejumlah pro kontra. Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan social media login?

Kelebihan Penggunaan Social Media Login

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan social media login untuk situs Anda:

1. Memudahkan Pengguna

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh State of Consumer Privacy & Personalization ditemukan bahwa 94% remaja berusia 18-24 tahun dan 95% berusia 25-34 tahun telah menggunakan login sosial untuk masuk ke aplikasi atau situs web, lebih memilih metode ini. Mereka lebih menyukai social media login dibanding harus membuat sandi dan akun baru untuk setiap aplikasi. Dengan menyediakan metode ini di situs Anda, Anda tentu akan memudahkan pelanggan untuk menikmati layanan Anda.

2. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Faktanya, 74% orang mengatakan bahwa pengalaman pengguna merupakan faktor penting sebelum mereka memutuskan untuk bergabung dengan sebuah situs atau membeli barang dari perusahaan tertentu. Mengintegrasikan login sosial menciptakan cara yang cepat dan mudah bagi pelanggan untuk mendaftar ke aplikasi atau situs web dan secara langsung akan meningkatkan pengalaman pengguna.

3. Menghilangkan Kelelahan Mengganti Kata Sandi

Sebanyak 92% pengguna mengaku lebih suka meninggalkan situs web yang akan mereka kunjungi ketimbang harus mengatur ulang akun mereka jika lupa kata sandi. Mengintegrasikan social login ke situs Anda akan memudahkan pengguna masuk dan mengakses konten Anda. Ini menghilangkan proses penyetelan ulang akun yang membosankan sekaligus memberikan pengalaman yang lebih efisien bagi pelanggan. Ini karena mereka tidak perlu lagi mengingat kata sandi dan username login lain dengan risiko akan melupakannya di masa depan.

Kekurangan Social Media Login

Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, namun social media login juga menuai sejumlah kontra. Ada beberapa kekurangan yang juga sebaiknya perlu dipertimbangkan sebelum menerapkan metode social media login antara lain:

1. Pengguna Mungkin akan Lupa Media Sosial Mana yang Mereka Pilih untuk Login

Banyaknya opsi media sosial yang disediakan mungkin akan membuat pengguna Anda bingung mengingatnya. Dalam kondisi ini, mereka mungkin akan merasa frustasi dan pada akhirnya pindah ke pesaing Anda.

2. Terlalu Banyak Opsi Media Sosial Bisa Memusingkan Bagi Pengunjung

Ketika Anda menawarkan terlalu banyak pilihan media sosial berbeda, Anda mungkin berpikir itu akan memudahkan. Namun ada sebagian pengguna yang merasa kewalahan dengan banyaknya opsi yang diberikan. Alih-alih menggunakan layanan Anda, mereka malah pergi karena bingung dengan opsi mana yang harus diambil. Ini tentu bisa menyebabkan hilangnya pendapatan dan penurunan konversi untuk bisnis Anda.

3. Pelanggan yang Tidak Punya Sosial Media akan Merasa Tersisihkan

Kalau perusahaan Anda hanya mengizinkan pengguna media sosial saja untuk login ke situs Anda, maka ini akan membuat bisnis Anda meninggalkan 18% yang tidak punya media sosial. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Beberapa situs e-commerce memberikan opsi lain selain social media login yakni dengan membuat akun langsung melalui aplikasi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan social media login. Siap menerapkannya pada bisnis Anda sekarang?


Recent Posts