Pro dan Kontra Menggunakan Vendor WiFi Management

Berkat teknologi, kini sektor bisnis memiliki banyak pilihan akses ke internet. WiFi network dengan beragam fungsi dan fitur pun dapat menjadi opsi untuk menambah produktivitas kerja. Bahkan saat ini sudah banyak vendor yang menawarkan layanan untuk setup wifi management di kantor atau rumah Anda. Vendor-vendor seperti ini memiliki berbagai paket layanan yang dapat membantu Anda menata wireless network dari hulu ke hilir sampai beres.

Pro dan Kontra Menggunakan Vendor WiFi Management | Wificolony

Jika bisnis Anda bergerak di bidang pariwisata atau perhotelan, Anda dapat memberikan pengalaman berkesan kepada para tamu yang menginap dengan koneksi internet yang cepat, misalnya. Tapi apa jadinya apabila ada troubleshoot dan Anda tidak mengerti cara mengatasinya? Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja pro dan kontra menggunakan vendor Wifi Management untuk keperluan bisnis Anda.

Pro

1. Tidak membutuhkan staf khusus bagian teknis

Setup Wifi dan jaringan internet membutuhkan keahlian khusus yang tidak bisa dilakukan oleh orang awam. Dengan menyewa vendor WiFi management, Anda tidak perlu mempekerjakan teknisi untuk melakukan pemeliharaan atau mengatasi troubleshoot.

2. Jaringan WiFi berada di tangan para ahli

Dengan mempercayakan WiFi management kantor kepada vendor, Anda melakukan investasi untuk jangka panjang karena pengalaman mereka dapat membantu mengoptimalkan jaringan internet dengan efektif sesuai kebutuhan kantor.

3. Pilihan paket menarik

Ketika Anda mempercayakan WiFi management kepada vendor, Anda mendapatkan banyak pilihan layanan yang sesuai dengan budget – termasuk upgrade software dan hardware dalam kurun waktu tertentu atau sesuai perjanjian.

4. Dapat mengatur budget

Kelebihan lain dari menyewa vendor untuk wifi management adalah biaya maintenance yang dapat diprediksi setiap bulannya. Hal ini mengurangi budget berlebih yang bisa terjadi ketika karyawan tidak memahami adanya kerusakan sehingga tidak lekas diperbaiki dan menimbulkan kerugian karena aktivitas kantor terganggu.

Kontra

1. Kurang memiliki kontrol terhadap network

Karena Anda mempercayakan wifi management kepada vendor, itu artinya Anda harus menyadari bahwa Anda tidak dapat memiliki kontrol penuh terhadap jaringan internet yang ada di kantor Anda. Anda juga tidak dapat sewaktu-waktu meminta vendor untuk melakukan perbaikan atau pemeliharaan karena mereka tidak bekerja di kantor Anda. Yang dapat anda lakukan adalah membuat janji agar vendor dapat melakukan maintenance secara berkala untuk menghindari kerusakan.

2. Kenaikan harga tidak dapat dihindari

Kenaikan harga memang tidak dapat dihindari terlebih jika Anda sudah memakai jasa vendor selama beberapa tahun. Pastikan agar kenaikan harga yang diminta oleh vendor masih masuk akal dan bila perlu, tanda tangani kontrak untuk mengikat perjanjian harga hingga kurun waktu tertentu.

3. Terikat dengan layanan vendor

Vendor wifi management pasti memiliki brand tertentu yang sepaket dengan layanan yang ditawarkan. Dan mengganti vendor tentu akan memakan biaya lebih mahal karena belum tentu mereka menggunakan produk yang sama. Anda dapat mengatasi hal ini dengan memilih vendor wifi management yang sudah memiliki beberapa brand produk umum yang sering digunakan. Dengan begini, Anda memiliki banyak pilihan untuk upgrade di kemudian hari.

Wificolony menawarkan layanan wifi management dan captive portal untuk kebutuhan bisnis Anda. Dengan software dan hardware berkualitas, Wificolony dapat memberikan solusi internet network yang mampu mengoptimalkan produktivitas kantor.


Recent Posts