Punya Café? Begini Cara Optimalkan Wifi untuk Pengunjung

Disadari atau tidak, kopi, makanan atau camilan bukanlah satu-satunya alasan kenapa orang datang ke kafe Anda. Pelanggan Anda juga memiliki harapan lain yang mungkin sudah Anda pahami dengan baik: jaringan WiFi yang mumpuni untuk membuat mereka betah berlama-lama duduk di kafe Anda.

Menawarkan WiFi gratis tidak hanya bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dan menaikkan penjualan. Tapi jika tidak dilakukan dengan benar, maka Anda hanya akan menghabiskan cost untuk sesuatu yang sia-sia.

Jika Anda ingin mengoptimalkan WiFi untuk pengunjung kafe Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Punya Café? Begini Cara Optimalkan Wifi untuk Pengunjung | Wificolony

Pahami Kebutuhan WiFi Konsumen Anda

Penting untuk diingat bahwa sebagian besar konsumen Anda terhubung ke WiFi lewat laptop, ponsel, iPad dan sejumlah perangkat lainnya. Oleh karena itu, Anda mungkin akan menemukan waktu di mana ada banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Anda di satu waktu.

Faktanya, dengan semakin banyak orang yang memilih menyelesaikan tugas dan pekerjaan dari kafe atau coffee shop, peluang bagi Anda terbuka lebar. Untuk bisa mendukung kebutuhan ini, Anda harus menyiapkan dukungan WiFi yang cepat, nyaman dan andal. Berkonsultasilah dengan penyedia layanan internet yang akan Anda gunakan untuk memilih paket yang paling sesuai dengan bujet dan kebutuhan Anda.

Pilih Perlengkapan yang Tepat

Sebagian besar jaringan internet yang cepat dan andal didukung oleh peralatan yang tepat. Kalau Anda pernah mengalami jaringan WiFi yang lambat di hote, bandara atau mall, itu sebagian besar disebabkan oleh kualitas hardware yang rendah atau tidak optimal. Karena itu, penting untuk memastikan bahwa router dan modem yang dipasang memang sudah dioptimalisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Peralatan WiFi yang perlu Anda pasang tidak harus selalu mahal. Kalau kafe Anda kecil dengan lalu lintas rendah, Anda mungkin bisa menggunakan router dan modem biasa. Tapi kalau tingkat traffic sudah tinggi, pastikan Anda menyediakan koneksi simultan dengan kecepatan yang stabil sepanjang hari.

Pastikan Keamanan Jaringan WiFi Anda

Membiarkan pelanggan menggunakan WiFi yang sama dengan yang Anda hubungkan di perangkat yang Anda gunakan untuk kebutuhan pribadi seperti tempat penjualan atau streaming musik memang terdengar lebih mudah dan praktis. Tapi percayalah kalau ini sama sekali bukan ide bagus dan sebaiknya tidak Anda lakukan.

Bisnis memiliki kebutuhan WiFi yang berbeda dengan pelanggan Anda. Berbagi satu titik akses yang sama dapat membahayakan kebutuhan bisnis Anda.

Gunakan kata sandi dan pastikan selalu meng-enkripsi jaringan Anda dengan WiFi Protected Access II (WPA 2) yang merupakan protokol keamanan yang dirancang untuk melindungi jaringan. Setelah Anda memilih untuk menggunakan protokol WPA 2, Anda bisa mengatur kata sandi untuk digunakan oleh pelanggan Anda saat mereka terhubung ke jaringan.

Jangan Sembunyikan Password WiFi Anda dari Pelanggan

Ketika konsumen sudah masuk ke kafe Anda, artinya mereka sudah siap mendukung bisnis Anda dan mengeluarkan uang untuk membeli produk yang Anda sediakan. Mengharuskan mereka untuk meminta atau mencetaknya pada tanda terima terkadang banyak dilakukan oleh pemilik kafe untuk menghindari orang luar menggunakan WiFi mereka.

Berdasarkan survei yang dilakukan kepada ratusan pelanggan, mereka menganggap bahwa praktik semacam ini mengganggu. Letakkan password WiFi Anda di tempat yang mudah ditemukan oleh konsumen Anda tanpa harus membuatnya bisa disalahgunakan oleh orang luar yang tidak membeli produk Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan WiFi di kafe Anda. Siap memulai praktik implementasi WiFi terbaik untuk lesatkan bisnis Anda?


Recent Posts