Punya Restoran? Begini 9 Cara Optimalkan Wi-Fi untuk Memperoleh Data Konsumen

Bagi para pengunjung, restoran adalah tempat di mana mereka bisa menyantap aneka makanan sedap. Bagi Anda sebagai pebisnis, restoran tentu memiliki makna lebih dari itu. Selain memastikan pengunjung datang dan menyukai menu yang Anda sajikan, Anda juga harus tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan setia Anda dan apa yang bisa membuat mereka datang kembali.

Punya Restoran? Begini 9 Cara Optimalkan Wi-Fi untuk Memperoleh Data Konsumen | Wificolony

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahuinya adalah lewat data konsumen. Lewat jaringan Wi-Fi dan dengan bantuan captive portal, Anda bisa lebih mudah dan efisien dalam mengumpulkan data pelanggan. Bagaimana cara Anda mengoptimalkan Wi-Fi untuk mengumpulkan data pelanggan?

1. Mengukur Jumlah Pengunjung

Ada banyak orang yang datang ke restoran Anda setiap harinya. Dengan menggunakan analitik Wi-Fi, kapan pun mereka masuk, Anda akan tahu persis siapa mereka, berapa lama mereka ada di dalam restoran Anda dan makanan apa yang mereka pesan. Jika ada perubahan dari pola regulernya, Anda perlu mencari tahu alasannya.

2. Mengamati Tingkat Churn Rate

Apa pun bisnis yang Anda jalankan, semua pasti punya tingkat churn rate. Churn rate sendiri adalah persentase ketika pelanggan memutuskan hubungan dengan bisnis Anda. Jika tingkat churn rate tinggi, ii bisa berpengaruh pada penghasilan restoran Anda. Wi-Fi bisa menjadi cara untuk mempelajari data churn rate Anda dan memperbaiki apa yang menjadi penyebabnya.

3. Berapa Kali Setiap Pelanggan Anda Melakukan Kunjungan

Dengan Wi-Fi, Anda bisa tahu pelanggan mana yang datang ke restoran Anda secara teratur. Setelah Anda tahu siapa orangnya, beri penghargaan untuk menjaga loyalitas mereka. Caranya bisa dengan memberikan diskon tertentu atau memberikan penawaran menarik untuk mereka.

4. Kembangkan Loyalty Program untuk Pelanggan Setia Anda

Setelah data terkumpul, Anda bisa mulai merancang program loyalitas untuk pelanggan tetap. Data yang Anda punya dari Wi-Fi akan membantu memisahkan pelanggan menjadi segmen-segmen tertentu sehingga setiap program loyalitas yang dibuat bisa sesuai dengan preferensi mereka masing-masing.

5. Menargetkan Kembali Pelanggan yang Sudah Lama ‘Dorman’

Anda mungkin akan memiliki satu atau dua pelanggan setia yang berhenti berkunjung ke restoran Anda dalam waktu yang cukup lama (dorman). Dengan informasi yang sudah Anda miliki tentang mereka (misalnya sosial media yang mereka gunakan untuk login Wi-Fi), Anda bisa mencari cara membawa mereka datang kembali lewat beragam penawaran menarik.

6. Memberikan Penawaran Khusus untuk Pelanggan yang Baru Pertama Kali Datang

Selain menawarkan makanan yang sedap dan layanan pelanggan yang luar biasa untuk pelanggan Anda yang datang pertama kali, Anda perlu mengirimi mereka penawaran khusus. Data yang Anda ambil saat mereka pertama kali berkunjung mungkin tidak cukup untuk merancang penawaran yang benar-benar spesifik. Tetapi Anda dapat mengirimi mereka penawaran yang Anda yakini akan mereka sukai berdasarkan makanan yang mereka pesan.

7. Membuat Penjadwalan Staf yang Tepat

Dengan data pelanggan yang Anda miliki, Anda bisa mengetahui kapan waktu restoran Anda mendapatkan pelanggan terbanyak. Dengan cara ini, Anda bisa mengefisienkan staf dengan mempekerjakan jumlah yang sesuai dengan waktu tersibuk di restoran Anda.

8. Menguji Metode Pemasaran Anda

Sebelum membuat penawaran atau konten, Anda perlu mengujinya terlebih dahulu. Tes ini akan memberikan informasi tentang seberapa efektif konten Anda nantinya. Salah satu caraya adalah dengan A/B testing. Gunakan informasi yang Anda peroleh dari captive portal untuk menjalankan A/B testing dan menyesuaikan komunikasi pemasaran dengan lebih baik.

9. Mengumpulkan Informasi dari Setiap Cabang Franchise

Jika Bisnis Anda berbentuk franchise, alat analisis Wi-Fi bisa membantu Anda mengetahui gambaran tentang apa yang terjadi di setiap lokasi. Anda bisa tahu berapa jumlah pengunjung harian dan merancang strategi untuk meningkatkan jumlah pengunjung di lokasi yang tidak begitu ramai.

Itulah beberapa cara mengoptimalkan Wi-Fi untuk memperoleh data konsumen. Lewat pemanfaatan data yang tepat, Anda bisa mengundang lebih banyak pengunjung dan meningkatkan keuntungan.


Recent Posts