Social Login untuk Mobile App: Developer Perlu Tahu Keuntungannya!

Social login atau yang dikenal juga sebagai social sign-in merupakan cara login ke situs, aplikasi maupun jaringan Wi-Fi dengan menggunakan akun jejaring sosial yang dimiliki oleh pengguna. Proses ini dirancang untuk menyederhanakan pengalaman saat login atau melakukan registrasi, memberikan alternatif yang nyaman dalam proses pembuatan akun wajib.

Social Login untuk Mobile App: Developer Perlu Tahu Keuntungannya! | Wificolony

Secara umum, social login memiliki manfaat bagi banyak pihak. Tidak hanya untuk pengguna saja, tapi juga untuk pemilik bisnis dan developer.

  • Bagi pengguna. Social login merupakan metode tanpa ribet untuk mengakses situs dan aplikasi. Metode ini tidak memerlukan kredensial berlebih dan memungkinkan pengguna untuk melewati prosedur pendaftaran yang rumit

  • Bagi developer dan pemilik bisnis, social login adalah fitur menarik yang bisa membantu merampingkan proses verifikasi pengguna sekaligus memberikan akses yang lebih andal ke data pengguna untuk tujuan personalisasi

Manfaat Social Login bagi Developer

Developer perlu mempertimbangkan untuk mengimplementasikan social login di situs atau aplikasi yang mereka kembangkan. Berbagai pertimbangan keuntungan yang bisa didapatkan oleh developer meliputi:

Menyederhanakan Proses Verifikasi Pengguna

Login halaman web pihak ketiga lewat akun Facebook dan Google biasanya hanya perlu dilakukan dengan mengklik beberapa tombol saja. Ini menciptakan jalur yang jauh lebih cepat untuk mengakses situs dan aplikasi ketimbang harus mengisi formulir registrasi dari awal.

Social login juga dapat memberikan lapisan verifikasi tambahan untuk menunjukkan bahwa pengguna adalah orang sungguhan. Social login juga biasanya dapat diakses secara gratis oleh publik.

Akses yang Andal dan Mudah

Mengingat banyak kata sandi adalah hal yang rumit. Banyak pengguna enggan mendaftar karena mereka tidak ingin direpotkan untuk mengingat kata sandi lainnya. Dengan social login, pengguna bisa mendapatkan akses yang lebih andal dan mudah tanpa harus khawatir akan kelelahan karena harus menghafal kata sandi baru dan gagal login karena tidak mengingat kata sandinya.

Meningkatkan Personalisasi

Saat pengguna masuk ke situs Anda dengan menggunakan akun jejaring sosial mereka, Anda bisa menganalisis data dari platform tersebut dan menetapkan preferensi pengguna. Developer kemudian bisa menggunakan insight ini untuk membangun pengalaman pengguna yang dipersonalisasi dan membangun fitur sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Memungkinkan Profiling Pengguna yang Lebih Baik

Setelah pengguna masuk ke situs atau aplikasi Anda lewat media sosial, Anda secara otomatis memiliki kemampuan untuk menyarankan secara otomatis atau mengisi otomatis pengaturan pengguna dengan informasi yang sudah disimpan di akun sosial media mereka. Ini tentu akan membuat proses untuk melengkapi data profil pengguna menjadi lebih baik dan lebih mudah. Pada akhirnya, ini akan menciptakan kesan pertama yang nyaman dan mendorong pengguna untuk berinteraksi lebih lanjut dengan aplikasi atau situs Anda.

Memiliki Akses yang Lebih Kaya terhadap Data Pengguna

Tidak hanya lebih mudah dalam mengumpulkan data, social login juga memungkinkan Anda sebagai pemilik atau pengembang aplikasi untuk mengakses berbagai data dengan lebih lengkap. Alih-alih hanya tahu nama dan jenis kelamin, Anda juga bisa tahu apa pekerjaan mereka hingga hobi mereka. Ini juga akan membantu Anda membuat rencana pemasaran yang lebih terarah.

Mengotomatiskan Verifikasi Email

Dengan menggunakan social login, pengguna tidak perlu repot-repot melakukan atau menerima verifikasi lewat email untuk membuktikan bahwa mereka memang pemilik akun tersebut. Pasalnya, semua informasi ini biasanya sudah terhubung dari media sosial ke email sehingga verifikasi lewat email tidak lagi dibutuhkan.

Dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan social login di atas, para developer dapat mempertimbangkan untuk mengimplementasikannya pada situs atau aplikasi yang mereka kembangkan.


Recent Posts