Strategi Sosial Media untuk Email Marketing

Berikut adalah beberapa cara untuk mengintegrasikan media social ke dalam email marketing Anda. Dengan melakukan hal ini, pembaca akan mudah menemukan akun medsos Anda dan mulai mengikuti Anda!

Strategi Sosial Media untuk Email Marketing | Wificolony

1. Menambahkan tombol social sharing di bagian footer email

Setiap email blast yang Anda kirimkan kepada pelanggan merupakan kesempatan untuk membangun hubungan yang baik dengan mereka. Itulah sebabnya, email menjadi tempat yang tepat untuk menyisipkan link social sharing.

Sama seperti website, Anda dapat menempatkan link ini di bagian mana saja di dalam email. Namun umumnya link ini berada di bagian footer. Customer Relationship Manager seperti Mailchimp atau Constant Contact memiliki fitur yang dapat memasukkan link social media sharing di bagian bawah email Anda.

2. Ingatkan pelanggan kepada social community Anda dan beri insentif

Dengan email blast, Anda memiliki kesempatan untuk menggaet konsumen sehingga mereka dapat terhubung dengan komunitas sosial yang Anda bangun di internet.

Misalnya, mengumumkan pemenang kontes foto lewat email dan mencantumkan beberapa foto menarik serta memberikan reward bagi para pemenang.

Marketing berbasis reward sudah banyak digunakan oleh banyak brand untuk menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Anda juga dapat mengajak mereka untuk mengundang teman dan kerabat agar mengikuti akun media social Anda untuk memenangkan insentif atau mendapatkan diskon.

Anda juga dapat menerapkan FOMO (Fear of Missing Out) dengan cara memberikan akses ekslusif bagi pelanggan yang telah mengajak teman untuk mengikuti Facebook Group. Dari sini, Anda dapat membangun komunitas VIP yang memastikan bahwa anggota-anggotanya adalah pelanggan loyal yang senantiasa menggunakan produk Anda. Dari segi informasi yang diberikan, komunitas yang ekslusif tentunya dapat mengurangi spam. Percakapan pun lebih relevan.

3. Sign-up email via Facebook

Pelanggan potensial Anda sudah hampir pasti memiliki akun Facebook dan mungkin juga sudah mengikuti Facebook page Anda. Facebook memberikan kemudahan bagi para pemilik bisnis untuk membuat sign-up form yang bisa diletakkan di Facebook Page.

Manfaatkan fitur ini untuk mendapatkan pelanggan email marketing Anda dari media social. Informasikan keuntungan yang akan mereka dapatkan saat berlangganan via email selain mendapatkan update terbaru seputar produk Anda.

4. Dukung kampanye media sosial dengan email blast

Punya giveaway atau kontes media sosial? Atau Anda ingin survei mengenai produk baru yang sedang berada di pasaran? Mungkin Anda mencoba mengumpulkan beberapa konten buatan pengguna untuk posting blog?

Email blast adalah cara yang tepat untuk mempromosikan social media campaign yang tengah berjalan. Ini adalah saatnya Anda mengirim satu email ke seluruh pelanggan yang terdaftar dan meminta mereka untuk melakukan tindakan dan memberikan reward setelah mereka selesai melakukannya. Anda akan terkejut dengan umpan balik yang Anda dapatkan dari para pelanggan. Informasi ini sangat berharga untuk menentukan strategi marketing yang selanjutnya.

Hanya mengandalkan email marketing saja, atau media social saja tidaklah cukup untuk membangun komunitas pelanggan yang solid. Integrasi media social dan email marketing sangat bermanfaat karena kedua platform ini dapat saling mendukung untuk mencapai goals bisnis Anda. Optimalkan kedua platform ini agar relevan, kontekstual dan responsive sehingga para pelanggan mendapatkan pengalaman yang baik.


Recent Posts