Tetap Aman Menggunakan WiFi Publik, Begini Caranya!

Jaringan internet nirkabel atau WiFi gratis sangat mudah ditemukan saat ini. Banyak pemilik bisnis memanfaatkannya untuk menarik lebih banyak pelanggan sekaligus mengumpulkan database pelanggan. Bagi konsumen, adanya WiFi akan memberi mereka keuntungan lebih karena bisa mengakses internet secara gratis.

Tetap Aman Menggunakan WiFi Publik, Begini Caranya! | Wificolony

Sayangnya, kebanyakan jaringan WiFi publik tidak sepenuhnya aman. Sekalipun pemilik bisnis sudah memberikan proteksi, namun pengguna tetaplah harus bijak. Jika ingin tetap aman berselancar dengan menggunakan jaringan WiFi publik, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Verifikasi Jaringan, Konfigurasikan dan Nonaktifkan Sharing

Ingatlah bahwa hacker itu sangat pintar. Mereka bisa dengan mudah menduplikasi jaringan WiFi sebuah bisnis untuk menjebak calon pelanggannya masuk ke jaringan mereka. Sebelum melakukan koneksi jaringan, tanyakan kepada penyedia layanan tentang nama jaringan WiFi yang mereka sediakan. Kalau perlu, sesuaikan IP-nya.

Hal lainnya yang juga perlu dipertimbangkan saat sedang menggunakan layanan internet publik adalah dengan menghindari sharing file atau berbagi file. Anda bisa mematikannya dari preferensi sistem atau panel kontrol, tergantung pada sistem operasi perangkat Anda.

Gunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah opsi yang paling aman untuk berselancar di jaringan publik. Ini adalah salah satu alat yang paling berguna untuk membantu orang-orang menjaga keamanan informasi mereka saat masuk ke jaringan WiFi publik.

VPN bekerja dengan mengenkripsi lalu lintas data Anda dan bertindak sebagai terowongan terlindungi antara browser dengan server. Semua data yang melewati terowongan ini tidak akan terlihat oleh hacker sehingga mereka tidak akan bisa mengakses informasi Anda dan melacak aktivitas yang Anda lakukan secara online.

Gunakan HTTPS

Jika Anda tidak memiliki akses VPN, pastikan Anda hanya mengunjungi situs terenkripsi untuk membantu melindungi data Anda dari berbagai ancaman peretasan.

Cari kode HTTPS di awal alamat situs yang akan Anda kunjungi. Kode ini menunjukkan bahwa koneksi antara browser dengan server web dienkripsi sehingga setiap data yang dikirimkan ke situs web akan aman dari penyadapan atau gangguan. Sebagian besar browser juga menyertakan simbol hembok di awal alamat untuk menunjukkan bahwa situs tersebut menggunakan enkripsi.

Tetap Aktifkan Firewall

Mengaktifkan firewall akan mencegah akses eksternal yang tidak sah dari hacker ke sistem Anda. Firewall memang tidak akan memberikan perlindungan maksimal, tapi sebaiknya fitur ini selalu Anda aktifkan.

Firewall juga bertindak sebagai penghalang yang akan melindungi perangkat Anda dari ancaman malware berbasis data. Firewall juga secara aktif memantau paket data yang berasal dari jaringan dan memastikan apakah paket tersebut aman atau tidak. Jika firewall menemukan paket yang berbahaya, maka ia akan langsung memblokirnya. Dengan memblokir jenis data tertentu, firewall juga akan melindungi komputer dan jaringan serta data Anda dari serangan yang tidak diinginkan.

Gunakan Antivirus

Antivirus bisa membantu melindungi Anda saat menggunakan WiFi publik dengan mendeteksi malware yang mungkin masuk ke sistem saat Anda menggunakan jaringan publik. Selalu pastikan Anda menggunakan program antivirus terbaru yang diinstal pada perangkat Anda. Anda akan mendapatkan notifikasi dari perangkat jika ada aktivitas yang mencurigakan, serangan berbahaya atau ada malware yang masuk ke jaringan.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga bisa lebih aman menggunakan jaringan WiFi publik dengan menonaktifkan koneksi otomatis dan menggunakan 2 factors authentication untuk akun-akun penting Anda. Ini bisa meminimalisasi risiko serangan hacker ketika Anda menggunakan jaringan WiFi umum.


Recent Posts