Tiga Hal yang Wajib Diketahui dalam Mengaplikasikan Data

Melihat lebih dalam mengenai peran database pelanggan bagi usaha, tidak setiap saat peran tersebut dirasakan dengan cepat dan tepat. Tidak jarang, setiap sektor usaha mempunyai database pelanggannya namun melupakan hal–hal yang bisa memberikan dampak positif lebih besar kedepannya bagi penggiat usaha.

Peningkatan penjualan melalui strategi marketing adalah salah satu hal yang dapat dilakukan dengan adanya database pelanggan. Melalui sistem data yang jelas dan efisien, profit melalui peningkatan penjualan usaha Anda akan terasa lebih efektif. Seperti yang telah dijabarkan di artikel sebelumnya, database pelanggan ini dapat menjadi penghubung antara Anda dengan calon bahkan pelanggan lama.

Kaitannya dengan bisnis Anda ialah data dapat membantu Anda berinovasi dengan mempelajari hubungan antara manusia, lembaga, entitas, dan proses di lingkup bisnis Anda. Dari sebuah inovasi, kemudian Anda dapat menentukan cara baru untuk menggunakan pengetahuan baru tersebut. Inovasi tersebut dapat didukung dengan menggunakan data insight dalam meningkatkan keputusan tentang pertimbangan keuangan dan perencanaan. Dalam penggunaannya sebagai sebuah landasan inovasi, Anda juga dapat memperhatikan perkembangan tren saat ini. Tidak lupa pula melihat peluang yang mendukung hal yang pelanggan inginkan pada produk maupun layanan baru. Anda juga bisa menggunakan data dalam penetapan harga untuk layanan dan produk Anda.

Dengan adanya data tersebut, Anda dapat merencanakan strategi yang lebih efektif mulai dari produksi hingga strategi marketing yang cocok Anda terapkan kepada calon ataupun pelanggan tetap. Meskipun demikian, Anda harus mengetahui pula strategi yang harus Anda perhatikan dalam pengaplikasian database pelanggan.

Tingkat Akurasi Data

Terkadang, tidak semua informasi yang diberikan pelanggan bersifat akurat. Tingkat keakuratan data yang pelanggan berikan akan mempengaruhi perencanaan Anda kedepannya. Melalui Wificolony, Anda dapat mengetahui data yang Anda dapat pergunakan dengan akurat. Misalnya, ketika pelanggan ingin mengakses fasilitas wi-fi yang Anda sediakan, pelanggan dapat mengakses melalui sosial media yang digunakan. Dalam penggunaannya Anda dapat mengenal pelanggan dari profile social media mereka.

Perkembangan Data

Dalam perjalanan sebuah bisnis, tentu terdapat berbagai perkembangan data dalam suatu rentang waktu. Perkembangan tersebut menandakan bahwa data yang didapat tidak selamanya akan konstan. Seiring dengan perkembangan waktu, pelanggan terus silih berganti. Dengan adanya hal ini, yang bisa Anda lakukan adalah mendata informasi pelanggan yang sifatnya tetap.

Seperti misalnya, selain Anda mendata seberapa banyak pelanggan yang datang pada bisnis Anda, Anda juga dapat mendata informasi email atau sosial media yang pelanggan gunakan. Sosial media tentunya sudah menjadi bagian dari hidup manusia sehari-hari di jaman seperti saat ini. Mengunggah foto dan status ke sosial media kita adalah bagian dari data. Anda juga harus tetap melakukan pembaruan terhadap data tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan keakuratan data yang Anda terima.

Peran Data dengan Langkah Strategi Bisnis

Dalam mengimplementasikan data–data yang Anda miliki, Anda harus menyesuaikan dengan kondisi bisnis Anda. Hal ini mungkin banyak diabaikan oleh Sebagian besar penggiat bisnis. Bermodalkan data namun tidak dengan hasil analisa data yang tepat juga belum tentu menghasilkan profit bagi usaha Anda. Mengapa demikian?

Setiap bisnis tentu memiliki perbedaan kondisi. Bisa jadi kondisi suatu usaha dengan usaha lainnya tidak sama. Oleh karenanya, Anda harus melihat serta menyadari situasi bisnis yang Anda miliki. Dengan itu, Anda dapat menyesuaikan data yang Anda miliki dengan situasi bisnis yang Anda jalani. Setelah itu, Anda dapat menentukan Langkah strategi yang cocok Anda terapkan pada usaha Anda.

Keterkaitan database pelanggan dengan langkah strategi usaha Anda sangat erat. Selain Anda dapat menjalin suatu komunikasi dengan calon atau pelanggan lama, Anda juga dapat menentukan strategi penjualan Anda kepada para pelanggan.

Misalnya, Anda memberikan beberapa promo terkait usaha yang Anda jalani. Salah satu bentuk promosi yang dapat menjadi pilihan adalah promosi berdasarkan high value. Anda dapat memberikan promo terkait klasifikasi yang ditentukan berdasarkan usaha Anda. Ketika pelanggan diberikan pilihan promo terkait frekuensi pembeliannya atau bahkan banyaknya produk yang dibeli, pasti akan membawa dampak kepada bisnis Anda. Entah berupa pembelian tetap atau memberikan peluang calon pelanggan baru nantinya. Meskipun demikian, Anda harus tetap menyesuaikannya dengan situasi serta jenis usaha Anda. Itulah tiga hal yang perlu Anda ketahui dalam penerapan serta pengaplikasian data di usaha Anda.


Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia