Tips Memasang WiFi Network Ala Professional

Jaringan WiFi adalah salah satu kebutuhan yang sangat esensial bagi sebuah bisnis. Selain bisa mengundang lebih banyak pelanggan untuk datang, adanya layanan internet nirkabel ini bisa memberikan banyak manfaat jika dikelola dengan benar.

Tips Memasang WiFi Network Ala Professional | Wificolony

Sayangnya masih banyak pengelola bisnis yang terkesan ‘asal pasang’. Padahal, memilih jaringan, peralatan hingga maintenance itu juga perlu dipertimbangkan dengan baik agar bisa mengurangi biaya operasional namun di sisi lain meningkatkan produktivitas. Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk menyediakan jaringan WiFi ala profesional untuk bisnis Anda?

Lakukan Survei Lokasi

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memasang WiFi untuk bisnis Anda. Bersama dengan tim IT, perkirakan berapa banyak access point yang harus disediakan berdasarkan luas ruangan. Ruangan dengan barang-barang alat atau layout yang menyulitkan penyebaran sinyal mungkin memerlukan jumlah access point yang berbeda. Melakukan survei akan memudahkan Anda dalam menentukan jumlah, penempatan dan konfigurasi access point yang tepat.

Pilih Peralatan yang Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis Anda

Sangat penting untuk memilih peralatan WiFi komersial yang mampu mendukung puluhan bahkan ratusan koneksi terus menerus yang tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Ada pemilik bisnis yang hanya fokus mencari peralatan yang murah tapi memperhatikan kapasitasnya untuk bisnis mereka. Ada berbagai peralatan yang hanya bisa menjangkau luas area tertentu yang mungkin lebih kecil dari kebutuhan bisnis Anda.

Pilih Peralatan yang Mudah Di-maintenance

Membeli perlengkapan WiFi yang canggih memang penting. Namun jangan sampai Anda mengalami kesulitan saat ternyata tidak ada orang yang bisa memperbaikinya ketika alat bermasalah. Selain itu, cara operasionalnya harus benar-benar simpel atau setidaknya bisa dimengerti oleh tim IT Anda. Carilah alat yang memiliki layanan purna jual yang bagus agar Anda tidak perlu kesulitan nantinya.

Pertimbangkan Faktor Keamanan

Demi keamanan pengguna, pastikan bahwa jaringan Anda dilindungi oleh kata sandi dan tidak mudah diakses oleh pengguna yang tidak berhak. Adanya halaman pembuka sebelum akses ke jaringan juga bisa bertindak sebagai lapisan autentikasi dan memberikan informasi mengenai jenis perangkat dan aktivitas yang terhubung ke jaringan Anda.

Pertimbangkan Penempatan Kabel yang Baik

Setiap titik akses yang Anda sebarkan membutuhkan setidaknya satu atau dua kabel. Ketimbang membiarkan kabel terbuka begitu saja, pertimbangkan untuk mengatur wiring dengan lebih estetik. Memasang kabel secara serampangan selain bisa mengganggu keindahan restoran atau kafe Anda juga akan membuat kabel rentan terkena gangguan. Konsultasikan peletakan kabel WiFi Anda pada ahlinya agar tidak mengganggu performa jaringan secara keseluruhan.

Pilih Produsen Perangkat dan Penyedia Layanan Internet yang Memberikan Layanan Purna Jual

Kebanyakan bisnis kecil tidak punya tim IT sendiri yang bertugas melakukan pemeliharaan jaringan. Untuk itu Anda memerlukan dukungan penyedia layanan yang bisa membantu memecahkan masalah yang terkait dengan peralatan dan layanan yang mereka berikan serta menawarkan penggantian perangkat keras tingkat lanjut jika ternyata terjadi kegagalan operasi. Beberapa produsen mungkin akan membebankan biaya tambahan untuk maintenance dan jangan ragu menggunakannya karena itu akan sangat membantu

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa jaringan WiFi yang Anda gunakan disediakan oleh tenaga profesional. Hal ini penting demi memastikan perangkat, kualitas jaringan dan layanan purna jual yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Ingin memasang WiFi dengan koneksi stabil agar terlihat professional? Hubungi Wificolony sekarang!


Recent Posts