Tips Membuat Captive Portal yang Sukses Bikin Pelanggan Tertarik

Captive portal membantu bisnis melacak aktivitas online konsumen Anda saat mereka login ke jaringan Wifi milik Anda. Itu artinya, perilaku konsumen dapat menginformasikan beberapa hal penting seperti apa yang mereka baca, produk yang mereka klik, dan memetakan setiap konsumen berdasarkan demografi ataupun metrik lainnya.

Sebelum mengetahui unsur apa saja yang membuat captive portal Anda sukses, ada baiknya menyimak informasi apa saja yang bisa disimpan dalam database konsumen.

Tips Membuat Captive Portal yang Sukses Bikin Pelanggan Tertarik | Wificolony

Bergantung dari kebutuhan – data konsumen seperti nama, jenis kelamin, usia, alamat email, telepon ataupun kode pos adalah informasi umum yang dapat disimpan dalam database captive portal. Informasi ini bisa didapatkan lewat media social saat mereka login menggunakan social media. Atau Anda juga bisa meminta informasi yang spesifik dalam bentuk form sesuai dengan kebutuhan.

Captive portal harus memiliki desain yang baik

Agar user dengan sukarela memasukkan data mereka, perlu adanya desain captive portal yang memiliki flow yang baik. Mulai dari logo perusahaan yang tampak jelas serta navigasi ke setiap halaman yang mudah. Tidak hanya itu, desain captive portal haruslah sejalana dengan materi marketing lainnya, mulai dari warna, font hingga gambar.

Semakin spesifik dan jelas informasi yang diberikan, maka akan semakin meningkatkan pengalaman konsumen. Misalnya, pada captive portal dijelaskan bandwidth yang bisa dipakai oleh pengguna selama berapa lama. Desain captive portal juga harus dinamis dan mengakomodasi layar yang kecil sekalipun.

Data yang aman

Setelah meminta data konsumen, tentunya kita bertanggung jawab atas keamanan data tersebut. Jelaskan kepada pengguna mengenai aspek legal secara jelas dan pastikan informasi yang mereka berikan aman di tangan Anda, serta tidak digunakan oleh pihak ketiga.

Landing page yang sukses

Captive portal yang diakses oleh pengguna akan berbentuk landing page. Disini Anda memiliki kesempatan untuk membangun loyalitas pengguna dengan memberikan reward atau promo setelah mereka memasukkan informasi yang dibutuhkan.

Untuk membuat landing page yang sukses, ada beberapa prinsip yang perlu diketahui.

Jangan meminta terlalu banyak data

Mintalah yang benar-benar diperlukan untuk database konsumen Anda, sesuai dengan strategi marketing yang digunakan.

Desain professional

Desain yang lugas dan sejalan dengan brand identity Anda agar dapat menampilkan kredibilitas perusahaan. Captive portal dan landing page harus menyesuaikan desain korporat.

Aspek legal

Aspek legal seperti privacy policy ataupun terms and conditions harus dicantumkan dan dapat dibaca dengan jelas.

Jangan lupa promosi

Pada landing page yang telah dibuat, tampilkan promosi atau tombol yang mengarah ke WhatsApp atau akun media sosial

Pertimbangan lain

Selain data yang aman dan desain yang atraktif, dibutuhkan riset lebih lanjut mengenai captive portal yang paling efektif untuk bisnis Anda. Konsultasikan kebutuhan pembuatan captive portal Anda Bersama Wificolony dan dapatkan solusi tepat untuk meningkatkan jumlah pelanggan ke website Anda.


Recent Posts