Tips Menentukan Lokasi WiFi Hotspot yang Tepat

Perencanaan sebuah event membutuhkan perhatian yang besar di setiap detailnya, apalagi jika di dalam event tersebut akan ada transaksi jual beli produk atau proses lain yang memakai jaringan WiFi untuk menyelesaikannya. Baik itu meeting di ballroom, pameran gadget ataupun traveling expo – koneksi internet yang cepat akan membuat semua transaksi berjalan lancar.

Tips Menentukan Lokasi WiFi Hotspot yang Tepat | Motict

Tak dapat dipungkiri bahwa internet menjadi salah satu sumber daya yang utama di dalam sebuah event besar. Tanpa adanya koneksi internet, kartu kredit tidak bisa diproses lewat mesin edc dan metode membayar jadi terbatas cash.

Untuk para event organizer, tips di bawah ini dapat menghindarkan Anda dari masalah internet lemot atau malah terputus di event besar yang Anda tangani!

Rencanakan jauh hari

Sangat lumrah untuk merencanakan sebuah event besar 1 sampai 2 bulan sebelum hari H, bahkan ada pula yang merencanakannya 1 tahun sebelumnya. Anda dapat melakukan survey rental WiFi hotspot yang terpercaya dan membandingkan harga paketnya.

Ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda membuat keputusan tepat berkaitan dengan lokasi event diselenggarakan.

1. Dimana event akan diselenggarakan?

Pastikan Anda mengenal venue yang Anda pilih. Jika berada di tempat terpencil, sinyal WiFi bisa jadi kurang kencang. Atau sebaliknya, jika berada di gedung bertingkat, perlu dicek dulu bagaimana sinyal jaringan di dalam ruangan tersebut.

2. Bagaimana dengan event outdoor?

Jika event akan diselenggarakan di ruangan terbuka, pastikan hardware WiFi berada di tempat yang aman dari pencurian atau cuaca buruk.

3. Bagaimana dengan sinyal provider yang Anda gunakan?

Setiap provider WiFi memiliki kekuatan sinyal yang berbeda-beda. Pastikan Anda sudah melakukan survey dan menguji coba sinyal carrier

Dengan menjawab pertanyaan di atas, Anda dapat memastikan bahwa lokasi Anda tidak memiliki hambatan untuk koneksi WiFi yang kencang.

Menggunakan WiFi Management dari vendor terpercaya

Jika Anda masih bingung mempertimbangkan apakah akan menggunakan WiFi network yang disediakan oleh venue atau menggunakan WiFi hotspot sendiri, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Ketika permintaan untuk menggunakan venue semakin besar, maka pemilik venue pun membangun infrastruktur WiFi yang mumpuni dan manajemen jaringan yang berkualitas. Sistem koneksi yang canggih ini tentu tidak murah dan pemilik venue membebankan sewa WiFi kepada penyewa gedung yaitu klien Anda.

Selain itu, masih ada beberapa biaya lain yang harus ditanggung seperti tambahan listrik atau perlengkapan lainnya. Namun permasalahannya, banyak venue yang tidak menyediakan IT support yang siap siaga selama event berlangsung.

Berbeda jika Anda menyewa WiFi Hotspot dari vendor terpercaya yang akan datang dan memastikan semua koneksi berjalan dengan baik. Mereka juga akan standby di tempat sampai acara selesai. Dengan begini, Anda terhindar dari kerugian atau kegagalan transaksi yang mungkin terjadi selama event berlangsung.

Menyewa wireless router dari vendor penyedia WiFi management akan lebih efektif. Dari segi biaya sewa, Anda mendapatkan paket pemasangan dan juga support yang dibutuhkan selama acara berlangsung. Harga yang diberikan juga sangat kompetitif. Sebagai tambahan, mereka juga dapat memberikan laporan data login dan riwayat transaksi jika dibutuhkan untuk database konsumen Anda

Untuk event yang membutuhkan koneksi untuk laptop, printer, dan mesin EDC, Wificolony menyediakan paket lengkap untuk kebutuhan event Anda. Dengan kecepatan tinggi dan sistem WiFi manajemen yang tertata rapi, Wificolony dapat menjadi solusi terbaik untuk event besar Anda.


Recent Posts