Tips Sederhana Melindungi WiFi Network Di Rumah

Seiring dengan kemajuan teknologi internet, maka kejahatan yang berkaitan dengan internet pun semakin marak. Baik itu computer, smartphone, laptop maupun gadget lain yang tersambung dengan internet – jaringan yang tidak aman dapat mengakibatkan risiko keamanan.

Banyak orang yang masih belum menyadari bahwa sistem WiFi di rumah pun dapat menemui risiko kurang aman saat digunakan. Para peretas di luar sana adalah kaum oportunis yang tidak segan untuk melakukan cybercrime ketika Anda lengah. Berikut adalah beberapa trik untuk mengamankan WiFi saat Anda di rumah saja.

Tips Sederhana Melindungi WiFi Network Di Rumah | Wificolony

Bagaimana cara melindungi jaringan WiFi di rumah?

Lakukan beberapa hal di bawah ini untuk melindungi jaringan WiFi dari para peretas yang tidak bertanggung jawab.

1. Ganti username dan password secara berkala

Hal sederhana ini sangat jarang dilakukan oleh pemilik rumah. Padahal hal sederhana ini dapat mengurangi risiko peretasan. Dengan mengganti username dan password secara berkala maka koneksi internet Anda jadi sulit ditebak.

Jaringan WiFi yang langsung sign in secara otomatis dengan password dan username yang sudah disediakan provider sangat rawan serangan para peretas karena mereka dengan mudah menemukan atau menebak kombinasi default password tersebut. Dengan mengganti username dan password secara berkala, akan sulit untuk mengidentifikasi dan mencoba membobol sistem keamanan WiFi Anda di rumah.

2. Nyalakan enkripsi untuk wireless network

Enkripsi adalah salah satu cara efektif untuk melindungi data-data di jaringan WiFi Anda. Enkripsi berfungsi untuk mengacak konten data Anda sehingga pesan yang masuk dan keluar tidak dapat terbaca oleh peretas.

3. Gunakan VPN

Dengan menggunakan VPN, Anda dapat terhubung dengan jaringan WiFi secara lebih aman karena IP address tersembunyi dan terenkripsi. Selain itu VON juga dapat digunakan di berbagai jenis gadget.

4. Sembunyikan jaringan

Konsultasikan dengan vendor provider WiFi manajemen di rumah Anda, untuk kemungkinan menyembunyikan jaringan dengan fitur SSID hiding. Dengan WiFi yang tersembunyi maka tidak sembarang orang dapat melihat username WiFi Anda sehingga kecil kemungkinan untuk diretas.

5. Matikan jaringan WiFi saat tidak di rumah

Saat Anda berada di luar rumah, sebaiknya matikan koneksi WiFi di rumah Anda agar tidak berjalan 24 jam tanpa ada user yang menggunakan.

6. Selalu update software router Anda

Software router harus selalu diperbarui untuk memastikan bahwa firmware yang aktif dapat melindungi jaringan Anda denga naman.

7. Gunakan Firewall

Hamper seluruh router WiFi memiliki built in firewall yang dapat melindungi koneksi broadband dan menghindarkan jaringan Anda dari penyusup. Sangat penting untuk mengaktifkan fitur ini dan jangan sampai di disable.

8. Letakkan router di tengah-tengah rumah Anda

Peletakan router berkaitan erat dengan tingkat keamanan jaringan. Ketika wifi router berada di dekat jendela, akan besar kemungkinan untuk disabotase dan digunakan oleh orang lain.

9. Non-aktifkan fitur administrasi jarak jauh

Jika fitur ini diaktifkan, maka Anda memberikan kesempatan untuk orang luar mereset password atau mengubah konfigurasi WiFi Anda di rumah. Pastikan untuk menon-aktifkan fitur ini.

10.Gunakan vendor terpercaya untuk pemasangan WiFi

Pastikan Anda memilih vendor yang sudah memiliki reputasi dalam melakukan pemasangan router dan manajemen WiFi. Vendor yang profesional pasti akan melakukan survey lokasi untuk menentukan titik yang tepat serta memastikan jaringan yang digunakan aman. Jika perlu, lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan agar WiFi di rumah selalu aman.


Recent Posts