Trik Menarik Pelanggan Agar Mau Menggunakan Captive Portal dengan Teknik Gamifikasi

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana game atau gamifikasi berhubungan dengan bisnis Anda. Terlebih jika usaha yang Anda jalankan adalah usaha ritel, bukan arcade apalagi rental game console. Tidak hanya Anda, banyak marketer dan pemilik bisnis tidak melihat korelasinya.

Trik Menarik Pelanggan Agar Mau Menggunakan Captive Portal dengan Teknik Gamifikasi | Wificolony

Apa Itu Gamifikasi?

Sebelum membahas hubungan antara captive portal, bisnis dengan gamifikasi, pertama-tama Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu gamifikasi. Gamifikasi sendiri adalah integrasi elemen game misalnya membuat kompetisi antara satu pengguna dengan pengguna lain untuk mendapatkan hadiah atau penilaian dengan seperangkat aturan bermain di platform digital. Tujuannya adalah untuk mendorong lebih banyak partisipasi dalam platform milik Anda.

Bagi pemilik bisnis yang menyediakan Wi-Fi dengan captive portal, captive portal berfungsi sebagai saluran untuk mengumpulkan data secara real-time. Data yang ada nantinya akan memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang diinginkan atau diharapkan oleh pelanggan Anda.

Sekarang bayangkan bagaimana jika gamifikasi yang menarik ini digabungkan dengan captive portal Anda. Ini akan menjadi alat pengumpul data yang menghibur bagi para pengguna. Apakah Anda punya splash page atau halaman pembuka? Jika iya, maka Anda bisa memberikan waktu yang menyenangkan bagi pelanggan Anda dengan meminta mereka memainkan permainan sembari Anda mengumpulkan berbagai informasi penting tentang mereka.

Apa Itu Splash Page?

Splash page adalah halaman pembuka pertama yang akan dilihat oleh pelanggan setiap kali mereka ingin mengakses jaringan Wi-Fi Anda. Meskipun tidak semua bisnis menggunakan splash page, tapi halaman pembuka ini sangat penting.

Ada beberapa manfaat splash page. Anda bisa menggunakannya untuk menampilkan syarat dan ketentuan penggunaan Wi-Fi atau layanan Anda, mempromosikan menu atau layanan baru bahkan menampilkan iklan berbayar dari perusahaan lain. Dan dalam artikel ini ada satu hal lagi yang bisa Anda lakukan dengan splash page Anda: gaming!

Bagaimana Gamifikasi Bisa Membantu?

Jika Anda tidak menggunakan splash page Anda untuk beriklan atau menampilkan persyaratan tertentu, kenapa tidak menggunakannya untuk terlibat lebih jauh dengan pelanggan? Gamifikasi adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Misalnya saja Anda menjalankan bisnis restoran. Pelanggan mungkin harus menunggu sedikit lebih lama sampai pelayan datang menanyakan atau membawakan pesanan mereka. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk menghibur mereka dengan permainan interaktif. Dengan cara ini Anda bisa mendorong konsumen untuk terlibat lebih jauh dengan halaman yang Anda sediakan sembari menunggu untuk dilayani. Semakin banyak rewards yang disediakan oleh game Anda, semakin baik interaksi yang akan dihasilkan.

Apa Saja Keuntungan Lainnya?

Bagian terbaik dari semua ini tentu bukan sekadar membuat konsumen tetap terhibur. Selagi mereka bermain, Anda bisa mengumpulkan data mereka. Manfaat lain dari splash page gamification adalah pelanggan akan mengasosiasikan merek Anda dengan sesuatu yang menyenangkan dan bermanfaat. Ini juga akan memperkuat loyalitas pelanggan.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa splash page gamification sangat berguna untuk mengelola hubungan bisnis dengan pelanggan. Apapun yang Anda lakukan, pastikan Anda menyediakan permainan yang mencerminkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Atau setidaknya, game-nya sesuai dengan image bisnis Anda.

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menawarkan hadiah dengan poin permainan setiap kali mereka membeli produk Anda. Poin-poin ini bisa digunakan oleh pelanggan untuk mendapatkan item tertentu dalam game. Jadi, semakin banyak uang yang mereka habiskan dalam bisnis Anda, semakin banyak poin permainan yang bisa mereka peroleh.


Recent Posts