Website Ini Menggunakan Social Media Login untuk Registrasi

Saat ini, hampir semua website memasang opsi social media login ke dalam halaman utamanya. Social media login atau yang sering disebut social sign in adalah sebuah fasilitas login menggunakan pihak ketiga (platform atau aplikasi). Proses ini didesain sangat sederhana untuk meningkatkan pengalaman pengunjung.

Website Ini Menggunakan Social Media Login untuk Registrasi | WIficolony

Manfaat social media login berlaku dua arah, untuk pengunjung website, juga untuk pemilik bisnis. Untuk pengunjung website, social media login adalah metode registrasi dengan prosedur paling praktis dan ringkas tanpa membutuhkan akses ke informasi sensitif yang mungkin tidak ingin dibagikan oleh mereka.

Untuk developer dan bisnis, social media login merupakan fitur yang atraktif yang dapat membantu memverifikasi user sekaligus memberikan akses ke data mereka agar dapat memberikan pengalaman yang personal. Dengan akun yang terhubung pada profile user, database yang Anda miliki juga semakin kaya dan dapat menargetkan secara spesifik kebutuhan masing-masing konsumen.

Berikut ini adalah beberapa contoh website dan platform populer yang telah menggunakan fitur social media login.

Pinterest

Pinterest adalah pin virtual dengan papan yang bisa Anda kostum sendiri sesuai kegemaran. Website asal Amerika ini menjadi tujuan para seniman dan penggemar DIY untuk mencari inspirasi. Pinterest sendiri cukup user friendly dan jika Anda pengguna baru, Anda cukup login menggunakan akun Facebook atau sosmed lain yang Anda miliki dan tidak perlu registrasi ulang.

Instagram

Siapa yang tidak tahu Instagram? Mungkin Anda sendiri juga memiliki akun di platform berbagi foto ini. Karena Instagram sudah menjadi bagian dari Facebook, makan login menjadi mudah karena bisa dihubungkan dengan Facebook Anda. Jadi tidak perlu memasukkan email atau nomor telepon lagi.

Quora

Quora adalah tempat netizen menanyakan apa saja sebebas-bebasnya. Para member Quora juga bisa menyumbangkan jawaban dan opini mereka tentang topik yang mereka ikuti. Platform ini memberikan pengguna baru pilihan registrasi yang fleksibel. Bisa menggunakan email, bisa menggunakan Gmail dan bisa juga memakai Facebook Anda.

Canva

Canva adalah aplikasi yang menyuguhkan template desain grafis dan bisa digunakan dengan mudah bahkan bagi orang awam. Template ini dapat dikreasikan cukup dengan menggabung-gabungkannya dengan ribuan elemen yang sudah tersedia. Template pun bisa disesuaikan dengan tema misalna retro, vintage atau minimalis. Canva memberikan pilihan untuk pengguna agar bisa login menggunakan akun sosial media yang sudah mereka miliki.

Booking.com

Aplikasi pemesanan hotel dan tiket pesawat Booking.com juga menawarkan social media login via Facebook. Booking bisa diunduh di iOS maupun Android. Biasanya saat kita melihat review hotel, aka nada tautan yang terhubung dengan situs semacam Booking. Dengan social media login, proses pemesanan akan lebih cepat karena user tidak perlu lagi mendaftar dan melakukan registrasi berlama-lama yang berpotensi ditinggalkan.

Social media login adalah win-win solution bagi semua pihak karena manfaatnya yang banyak

Social media login dapat membantu Anda lebih memahami perilaku konsumen berdasarkan informasi yang diberikan. Misalnya, dari platform sosmed mana yang menyumbang konsumen paling banyak di website Anda. Dan dari sana Anda dapat mulai merangkai strategi marketing yang khusus untuk sosmed tersebut.

Wificolony menyediakan integrasi social media login ke dalam website Anda. Dengan modul yang dapat menggunakan sampai 10 jenis platform social media, Anda dapat memilih sosmed yang sesuai dengan target market Anda. Nikmati proses sign up yang cepat di website Anda dengan menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, hingga PayPal.


Recent Posts