Fungsi utama Captive Portal dan Mengapa Perusahaan Membutuhkannya

Jika Anda memasang WiFi di kantor atau di toko untuk digunakan oleh karyawan maupun pelanggan, Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah captive portal. Secara sederhana, captive portal atau portal tawanan adalah sebuah halaman yang ditampilkan ketika pengguna akan masuk ke sebuah jaringan, termasuk jaringan WiFi yang ingin mereka akses.

Fungsi utama Captive Portal dan Mengapa Perusahaan Membutuhkannya | Wificolony

Captive portal juga banyak digunakan untuk memunculkan halaman login atau landing page yang membutuhkan otentikasi atau pembayaran sebelum mereka bisa mengakses situs atau jaringannya. Bagi sebuah perusahaan, apa pentingnya captive portal? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Fungsi Utama Captive Portal

Captive portal melalui Splash Page akan membantu pemilik jaringan memblokir pengguna agar mereka tidak memiliki akses yang lebih luas ke jaringan yang ingin mereka akses sampai tuan rumah membuat verifikasi.

Selain membatasi akses, captive portal juga digunakan jika penyedia jaringan ingin menghindari tanggung jawab hukum seandainya pengguna memanfaatkannya untuk tindakan yang melanggar. Misalnya saja, ada orang yang menggunakan jaringan internet gratis Anda untuk melakukan tindakan penipuan, adanya captive portal bisa membebaskan Anda dari tuntutan sebagai penyedia jaringan internet.

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Captive Portal?

Bagi sebuah perusahaan baik itu kantor, restoran, toko maupun kafe, captive portal akan memberikan sejumlah manfaat antara lain:

Menangkap atau Mengumpulkan Banyak Data

Dengan menggunakan kustomisasi tertentu, perusahaan sebagai pemilik jaringan dapat secara progresif mengumpulkan data dari pengguna jaringan. Ini bisa mereka manfaatkan untuk mendapatkan informasi terkait kebiasaan konsumen hingga informasi lain yang digunakan saat login (seperti email atau media sosial). Dengan begitu, mereka bisa membuat materi pemasaran yang lebih terfokus.

Lalu bagaimana dengan pelanggan? Haruskah mereka merasa khawatir dengan data yang mereka berikan saat akan masuk ke sebuah jaringan WiFi? Pelanggan sebenarnya tidak perlu khawatir karena kebanyakan data yang dikumpulkan umumnya sudah sesuai dengan regulasi dan hanya digunakan untuk tujuan pemasaran saja.

Membatasi Penggunaan Bandwidth

Ketika Anda menyediakan jaringan internet gratis, ada orang-orang tertentu yang mungkin berusaha memonopoli bandwidth yang ada. Efeknya, jaringan menjadi tidak stabil dan pengguna lain akan merasa terganggu karena jaringan yang menjadi lambat.

Ada banyak kejadian di mana pelanggan sebuah kafe atau restoran misalnya, memilih untuk pindah ke tempat lain karena internet di tempat yang dikunjunginya lambat akibat monopoli pengunjung lain. Perebutan bandwidth di kantor bisa lebih merugikan lagi karena jika divisi tertentu tidak memperoleh kecepatan internet yang dibutuhkan untuk bekerja, mereka jadi tidak produktif. Kedua kasus ini sama-sama merugikan bagi pemilik bisnis.

Captive portal akan membantu mencegah hal ini dengan menawarkan paket yang dikustomisasi untuk klien. Caranya bisa dengan membagi kecepatan sama rata untuk setiap pengguna atau membatasi ukuran file yang bisa diunduh dalam satu sesi.

Membantu Memahami Perilaku Pelanggan

Melalui data analitik yang ada, perusahaan bisa memantau kebutuhan pelanggan sehingga bisa membuat iklan yang sesuai.

Menjadi Cara Baru untuk Mendapatkan Uang

Captive portal tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh perusahaan yang ingin menyediakan jaringan internet gratis. Tuan rumah pemilik captive portal bisa membebankan biaya kepada klien untuk menggunakan layanan internet mereka. Cara ini digunakan di bandara dan di berbagai tempat umum lainnya.

Itulah beberapa manfaat dan alasan kenapa sebuah perusahaan atau organisasi sebaiknya menggunakan captive portal untuk jaringan internet mereka.

Recent Posts