Keuntungan Menerapkan Data Driven dalam Menjalankan Bisnis

Saat ini banyak perusahaan yang semakin melihat keuntungan dari memiliki database pelanggan dalam sistem mereka. Bagaimana para ahli menerangkan definisi serta penerapan dari database?

Menurut Gordon C. Everest

Gordon C. Everest mengungkapkan bahwa basis data atau database adalah sebuah kumpulan dari data yang bersifat mekanis, terbagi, terdefinisi secara formal dan terkontrol. Pengontrolan dari sistem database tersebut adalah terpusat, yang biasanya dimiliki dan juga dipegang oleh suatu organisasi.

Menurut C.J. Date

Mengatakan basis data atau database adalah suatu kumpulan data operasional yang sengaja disimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi. Date menyebutkan data yang tersimpan di dalam database memiliki tiga jenis data, yaitu : data input yaitu data yang masuk dari luar sistem, data output yaitu data yang dihasilkan sistem, sedangkan data operasional yaitu data yang tersimpan pada sistem.


Adanya aplikasi database pelanggan membantu perusahaan untuk mengelola data pelanggan dalam jumlah banyak, menyusun kontak klien, dan riwayat komunikasi dengan mereka. Memiliki penyimpanan data yang transparan serta akses yang mudah terhadap informasi tertentu yang dibutuhkan memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Lalu, seberapa pentingkah aplikasi database pelanggan bagi setiap usaha?

Aplikasi database pelanggan memiliki peranan penting dalam mengembangkan hubungan antara pelanggan dan customer service perusahaan. Memiliki database adalah cara terbaik untuk menyimpan seluruh informasi pelanggan secara teratur dan sesuai dengan perkembangan terkini. Data yang jelas dan efisien dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya mendorong efisiensi perusahaan, memberikan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas mereka, serta meningkatkan penjualan. Salah satu manfaat utamanya yaitu mengubah interaksi dengan pelanggan menjadi hubungan yang bertahan lama. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan dan memberikan ROI (Return on Investment) bagi perusahaan, serta meningkatkan kepuasan klien. Aplikasi ini juga membuat bisnis berjalan lebih fleksibel, terukur, dan dapat diandalkan. Berikut beberapa manfaat lebih rinci mengenai database pelanggan.

Membantu mengidentifikasi kebutuhan perusahaan

Salah satu keuntungan dari database pelanggan adalah perusahaan dapat mengulas informasi – informasi mengenai pelanggan. Memiliki database pelanggan tidak hanya digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan saja. Data tersebut bisa digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi purchase behavior dan ketertarikan pelanggan. Hal ini bisa menjadi metode yang efektif untuk mengembangkan produk baru dan pelayanan.

Mengambil keputusan lebih baik

Setelah seorang analyzer melakukan peranannya berbekal dari sumber data seperti database pelanggan, perusahaan dapat mengambil keputusan lebih tepat untuk setiap langkah yang akan dijalankan. Database pelanggan juga memberikan visualisasi data. Visualisasi data merangkum dan menampilkan data dalam bentuk grafik yang membantu jajaran manajerial dalam mengidentifikasi pola atau masalah untuk dihindari. Hal ini dapat digunakan untuk menemukan dan menyelesaikan masalah sebelum hal – hal diluar kendali terjadi. Selain membantu menargetkan area untuk meningkatkan penjualan, database pelanggan juga membantu mengidentifikasi penjualan mana yang berhasil dan tidak. Dengan demikian perusahaan dapat menyusun strategi lebih baik dan tidak menghabiskan biaya yang tidak perlu.

Melalui database pelanggan, Anda bisa menganalisa performa atau kinerja tim di perusahaan. Anda bisa mengetahui apakah mereka mampu meningkatkan penjualan atau malah merugikan perusahaan berdasarkan dari data-data yang berhasil terkumpul. Apabila database pelanggan semakin bertambah, maka performa tim memang akan sesuai target. Tetapi, bila database pelanggan tidak bertambah atau bahkan turun, maka kamu perlu mengevaluasi kerja tim sesegera mungkin agar kinerja yang menurun bisa segera diperbaiki.

Memiliki database pelanggan yang akurat dan lengkap dapat membantu Anda dalam menentukan potensi pasar dilihat dari kelompok umur atau letak demografisnya. Dengan begitu suatu perusahaan pun bisa lebih mudah menentukan produk mana yang cocok untuk ditawarkan pada target pasar tersebut. Sebaliknya, bila dari database pelanggan terlihat adanya penurunan penjualan di suatu daerah, maka perusahaan bisa dengan segera menentukan strategi pemasaran seperti apa yang kira-kira mampu mendongkrak penjualan di lokasi tersebut.

Dengan pengelolaan database pelanggan yang tepat, Anda pun bisa dengan mudah mendapatkan petunjuk untuk memasuki pasar yang tepat sekaligus meningkatkan penjualan. Database pelanggan pun dapat membantu Anda melakukan berbagai kegiatan penjualan secara efektif dan efisien. Apalagi bila suatu perusahaan dilengkapi dengan database pelanggan yang akurat dan prospektif, maka kamu pun bisa lebih cepat menentukan arah penjualan yang tepat.

Akses terhadap data pelanggan setiap saat

Secara tidak langsung, dengan menggunakan aplikasi database pelanggan, seorang analisa perusahaan dapat mengakses data pelanggan dengan aman kapanpun dan dimanapun dengan mudah, terutama jika aplikasi yang dipilih mendukung perangkat mobile. Jika Anda telah memiliki database pelanggan yang akurat, tugas berikutnya yaitu Anda dapat memanfaatkan database tersebut untuk membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Kamu pun bisa membangun strategi komunikasi yang lebih personal sehingga pelanggan akan merasa lebih dekat dan lebih dihargai oleh bisnis Anda. Melalui komunikasi tersebut, Anda pun bisa membangun kepercayaan sekaligus membuat mereka loyal pada bisnis Anda.


Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia