Apa itu PaaS dan Mengapa Penting untuk Bisnis?

Selama beberapa tahun terakhir, teknologi cloud computing berkembang sangat pesat. Kemudahan yang ditawarkan oleh cloud computing menjadi alasan mengapa banyak sektor bisnis mengadopsinya. Dengan menggunakan cloud computing, Anda dapat menyimpan dana serta mengaksesnya secara online dari mana saja. Ada 3 jenis model layanan cloud yang tersedia saat ini yakni IaaS (Infrastructure as a Service), PaaS (Platform as a Service) dan SaaS (Software as a Service).

Apa itu PaaS dan Mengapa Penting untuk Bisnis? | Wificolony

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang PaaS termasuk pengertian dan kegunaannya bagi bisnis Anda. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Pengertian PaaS (Platform as a Service)

PaaS (Platform as a Service) merupakan layanan komputasi cloud yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengembangkan, mengoperasikan dan mengelola sebuah aplikasi. Komponen dari sebuah aplikasi mungkin tersimpan dalam ekosistem cloud yang ada atau mungkin terintegrasi dengan aplikasi yang dikelola di dalam ekosistem cloud pribadi atau di pusat data.

Beberapa contoh PaaS antara lain adalah Amazon Web Service dan Microsoft Azure. Dengan layanan jenis ini, Anda dapat membuat, mengunduh, membuat konfigurasi serta melakukan testing terhadap aplikasi yang Anda buat.

PaaS (Platform as a Service) memungkinkan Anda mengembangkan aplikasi sendiri dengan memanfaatkan berbagai fitur yang sudah ada. Beberapa fitur itu antara lain adalah framework aplikasi, sistem keamanan platform, sistem operasi, sistem database dan web server. Saat Anda memilih menggunakan layanan cloud dengan model PaaS, seluruh server termasuk jaringan dan penyimpanan dilakukan oleh pihak ketiga. Meski begitu, Anda tetap dapat melakukan mengelola manajemen aplikasi.

Mengapa PaaS Penting untuk Bisnis Anda?

Sebagai layanan yang disediakan oleh pihak ketiga, PaaS menawarkan banyak sekali keuntungan baik dari segi teknis maupun segi bisnis. Keduanya adalah faktor yang penting dalam mendukung operasional perusahaan agar menjadi lebih baik. Kenapa Anda harus menggunakan PaaS (Platform as a Service)?

Dari segi teknis, PaaS dapat:

· Membuat aplikasi lebih terlihat profesional. Ini karena pengguna akan memperoleh inspirasi untuk membuat interface design yang baik dari pakarnya. Hasilnya, aplikasi tidak hanya akan menjadi lebih fungsional, tapi juga terlihat profesional

· Proses yang cepat. Setelah pengguna mendaftarkan diri, layanan PaaS dapat langsung digunakan tanpa perlu melakukan setting terlebih dahulu. Pengembang bisa langsung mengakses template, tools dan komponen lain. Anda juga bisa langsung membuat aplikasi dengan cara drag-and-drop

· Menekan biaya. Pengembangan aplikasi memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya PaaS, Anda bisa mengurangi biaya tersebut karena tersedianya standarisasi serta konsolidasi dari komponen aplikasi yang akan dibuat

· Memperluas skala. Aplikasi besar seperti Instagram maupun Twitter digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Untuk merancang aplikasi yang terhubung dengan jutaan perangkat, akan muncul potensi security challenges dan skalabilitas. Meskipun kemungkinan yang sama sangat kecil bagi sebuah aplikasi bisnis, tapi dengan menggunakan PaaS, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari situasi ini.

Sementara itu dari segi bisnis, keuntungan penggunaan layanan PaaS memberikan peluang bagi Anda untuk meningkatkan berbagai proses operasional seperti workflow, reporting serta social feeds. Mengapa Anda harus menggunakan PaaS untuk bisnis?

· Memudahkan integrasi dengan sistem lama. Pembuatan sebuah aplikasi kadang harus menggabungkan data dari sistem lama. Dengan menggunakan PaaS, Anda dapat memodernisasi sistem back office dengan lebih mudah lewat point-and-click

· Mendapatkan informasi secara real time. Informasi dan data yang selalu diperbarui secara realtime akan memudahkan karyawan dan manajemen perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam bisnis

· Memudahkan proses pemeliharaan IT. Karena vendor PaaS menyediakan platform, tugas pengguna atau perusahaan yang menggunakannya adalah mengelola aplikasi mereka sendiri. Ini tentu akan membuat proses pengelolaan dan pemeliharaan IT menjadi lebih mudah.

· Meningkatkan produktivitas. Karena sebagian besar masalah aplikasi dan platform sudah diatasi oleh vendor PaaS, perusahaan bisa mengalokasikan anggaran dan waktu yang ada untuk menciptakan aplikasi yang benar-benar bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis tersebut.

Dengan mengetahui berbagai manfaat dan keuntungan dari penggunaan PaaS (Platform as a Service), Anda dapat mempertimbangkannya sebagai pilihan layanan komputasi cloud untuk bisnis Anda.


Recent Posts