Cara Mengumpulkan Informasi Kontak Pelanggan dari Pembeli di Dalam Toko

Ketika pelanggan berbelanja di toko Anda, rasanya seperti sebuah kemenangan. Pemasaran dan promosi Anda berhasil, dan audiens yang tertarik menemukan jalan menuju toko Anda.

Tetapi, ketika pelanggan Anda ke luar dari toko Anda sembari membawa tas belanja penuh dengan produk Anda, promosi Anda belum berhenti sampai di sini. Ada cara lain untuk mendapatkan nilai tambah sebelum mereka pulang. Anda harus memiliki rencana untuk mengumpulkan informasi kontak pelanggan, berikut penjelasannya.

1. Mengapa Saya Harus Mengumpulkan Informasi Kontak Pelanggan?

Pertanyaan terbesarnya, mengapa atau apa manfaat informasi kontak pelanggan? Informasi kontak dari para pembeli sangat penting untuk membangun hubungan yang langgeng antara bisnis dan pelanggan. Karena, memungkinkan Anda untuk memasarkan ulang bisnis Anda agar lebih melekat dalam rutinitas mereka.

Ketika Anda mengantongi alamat email atau nomor telepon pelanggan, Anda dapat mengirimkan konten serta promosi lanjutan. Pesan ini jauh lebih kuat ketimbang pesan pemasaran umum karena sebagai tindak lanjut atas kesetiaan pelanggan memilih bisnis Anda.

2. Cara Mengumpulkan Informasi Dari Pembeli di Dalam Toko

Untuk mengumpulkan informasi kontak pelanggan di dalam toko Anda, tak perlu cara lama yang rumit dengan pena dan kertas. Gunakan saja alat – alat berikut agar lebih simpel dan praktis.

- Layar interaktif

Layar yang interaktif adalah cara menyenangkan untuk melibatkan pembeli di toko Anda. Siapkan layar monitor sentuh sehingga pelanggan dapat dengan mudah memasukkan informasi kontak mereka dan mendaftarkan diri sebagai member.

- SMS

Kebanyakan pembeli, selalu membawa smartphone sepanjang waktu. Jadi, manfaatkan HP pelanggan untuk melakukan kampanye pemasaran dengan SMS dan mengumpulkan data pembeli. Gunakan Wi-Fi marketing untuk mengumpulkan nomor telepon pelanggan dan mengirimkan pesan promosi langsung ke ponsel mereka.

- Email

Ketika check- out, Anda bisa meminta informasi mereka dalam kolom check – out memanfaatkan sistem email dari pelanggan.

3. Cara Agar Pelanggan Mau Memberikan Informasi Kontak

Bisnis Anda mungkin sangat membutuhkan informasi data kontak pelanggan. Tetapi, pelanggan biasanya tidak serta – merta menyerahkan informasi pribadi mereka, kecuali mereka mendapatkan sesuatu yang berharga sebagai reward.

Jadi, untuk mengatasi hal ini Anda harus kreatif dan menciptakan insentif agar pelanggan mau memberikan kontaknya atau bergabung sebagai member. Cara yang bisa dilakukan antara lain:

- Kontes

Sediakan hadiah reguler dengan hadiah yang membuat semua pelanggan ingin menjadi member toko Anda.

- Kupon penawaran

Berikan pelanggan kupon atau kode diskon jika mereka mau memberikan informasi kontak. Ini adalah cara cerdas lain untuk membangun daftar pelanggan Anda.

- Acara khusus member

Cara lain untuk mengumpulkan kontak pelanggan adalah menyelenggarakan acara di dalam toko dan membutuhkan pendaftaran.

- Menyiapkan game interaktif

Buatlah game menarik yang ditampilkan di layar interaktif di dalam toko. Siapa pun yang ingin bermain, harus memasukkan kontak mereka, seperti alamat email atau nomor telepon.

4. Buat Program Loyalitas

Untuk memberi pelanggan alasan kuat mengapa mereka harus berbagi informasi kontak mereka, ikatkan dengan program loyalitas. Anda akan memerlukan informasi kontak pelanggan untuk memberikan hadiah kepada mereka, sehingga bertukar informasi terasa seperti langkah logis dalam proses.

Setelah data pelanggan terkumpul, buatlah database yang terstruktur dan rapi untuk melakukan pemasaran ulang ke pelanggan secara berkala.

Yuk, tingkatkan strategi pemasaran Anda bersama tim Wificolony. Dapatkan penawaran menarik dan info selengkapnya dengan menghubungi hello@wificolony.com atau 0811 218 7007.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia