Mengapa Bisnis Anda Belum Memiliki Program Loyalitas Pelanggan?

Pada dasarnya, tujuan setiap bisnis adalah bagaimana membuat para pelanggan terus kembali untuk berbelanja atau menggunakan produk Anda seumur hidupnya. Namun, sayangnya masih banyak bisnis yang tidak memiliki strategi untuk memicu kebiasaan ini pada pelanggan.

Bisnis ingin agar pelanggan selalu datang. Tetapi, secara bersamaan bisnis juga tidak memiliki program loyalitas pelanggan untuk mempertahankan pelanggan tetap setia dan kembali memakai produk mereka. Baca terus untuk mengetahui apa strategi yang bisa membantu Anda meningkatkan program loyalitas pelanggan.

1. Manfaat Program Loyalitas Pelanggan

Ada banyak alasan mengapa bisnis perlu memanfaatkan program loyalitas pelanggan. Selain memberikan penghargaan pada pelanggan yang setia, bisnis Anda juga dapat meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya pemasaran.

Berikut adalah beberapa manfaat program loyalitas pelanggan yang kuat:

- Meningkatkan reputasi branding atau merek

- Mengumpulkan data dan informasi terkait pelanggan

- Mengembangkan jumlah daftar kontak pelanggan

- Meningkatkan referensi pelanggan

Jadi, jika Anda tidak menjalankan program loyalitas pelanggan, mungkin ini saatnya untuk memulai.

2. Cara Memulai Program Loyalitas Pelanggan

Untuk memulai program loyalitas pelanggan Anda, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buat garis besar tujuan Anda.

Semua inisiatif pemasaran yang sukses dimulai dengan menjabarkan apa yang ingin Anda capai. Meskipun ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari program loyalitas, ada baiknya untuk lebih spesifik tentang hasil yang ingin Anda buat. Jadi pilih satu atau dua tujuan utama, sebagai contoh:

- Saya ingin agar pelanggan menghabiskan lebih banyak uang di toko saya

- Saya ingin pelanggan datang lebih sering

- Saya ingin pelanggan membawa referensi atau temannya

- Saya ingin pelanggan mempromosikan bisnis saya di akun media sosial-nya

2. Tetapkan tujuan yang terukur dan tenggat waktu.

Setelah Anda menentukan tujuan atau sasaran utama Anda, buatlah tujuan yang terukur. Tetapkan indikator kinerja yang jelas dan amati, catat, lalu gunakan untuk menentukan apakah program itu berhasil atau tidak. Tetapkan juga tanggal untuk meninjau hasilnya.

3. Tetapkan Pedoman Kemajuan

Sekarang, Anda dapat mulai mengatur program Anda. Langkah pertama adalah menentukan apa yang akan menjadi pedoman kemajuan. Pedoman kemajuan adalah tolak ukur yang ingin dicapai dalam program loyalitas pelanggan ini.

Misalnya, pedoman kemajuan Anda adalah pelanggan akan mendapatkan hadiah setelah mengunjungi lokasi Anda lima kali. Pedoman kemajuan Anda harus terkait dengan tujuan Anda. Dengan beberapa tolak ukur, seperti:

- Jumlah rupiah yang dihabiskan pelanggan

- Jumlah kunjungan

- Jumlah media sosial yang dimention

- Jumlah referensi atau teman yang bergabung

4. Berikan Penghargaan atau Reward

Setelah Anda bisa mencapai tolak ukur yang diinginkan dari para pelanggan, Anda harus memberikan penghargaan sebagai simbol ucapan terima kasih ketika pelanggan sudah mau berkunjung atau menggunakan produk bisnis Anda. Pertimbangkan juga preferensi atau kesukaan pelanggan Anda, misalnya:

- Cash back uang tunai

- Kupon

- Souvenir atau hadiah gratis

- Akses ke acara atau konten khusus

- Entri untuk kontes tertentu

- Diskon harga

- Kunjungan gratis, dan masih banyak lagi

Nah, terbukti program loyalitas pelanggan sebenarnya memberikan keuntungan bagi kedua pihak, entah itu pengusaha atau pelanggan. Dengan catatan, Anda sebagai pebisnis dapat mengelola program loyalitas ini dengan baik.

Jadi, tunggu apalagi, bersiaplah untuk mempromosikan dan memasarkan program loyalitas Anda sebagai bagian dari strategi bisnis. Manfaatkan wificolony untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan bisnis Anda. Hubungi via Whatsapp 0811 218 7007 untuk info selengkapnya.

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia