Mengembangkan Komunitas Online untuk Bisnismu

Bukannya SEO itu mati atau tautannya sudah usang, atau apa pun yang dibicarakan gila itu. Ini adalah cara untuk mengintegrasikan semua bagian ke dalam gambaran besar membangun perusahaan yang lebih baik dengan membangun komunitas online di sekitarnya.

Ada banyak manfaat untuk membangun komunitas di sekitar perusahaan Anda, tetapi jika saya harus memilih beberapa, berikut adalah lima teratas saya:

1. Ini akan membantu Anda memahami algoritme Google

Membangun komunitas online adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi algoritme Google. Jika Anda terus-menerus mengejar algoritma, Anda meletakkan semua kekuatan Anda dalam apa yang akan dilakukan Google selanjutnya. Jika Anda membangun komunitas di sekitar bisnis Anda, Anda menempatkan fokus di tempatnya: di bisnis Anda. Membangun perusahaan dan merek yang kuat bukanlah sesuatu yang dapat diambil Google.

2. Ini akan menambah ekuitas dan nilai untuk bisnis Anda

Ketika Anda membangun komunitas online, Anda harus melakukan banyak hal untuk melayani pelanggan Anda dengan lebih baik seperti membuat konten dan sumber daya yang berkualitas, meningkatkan produk atau layanan Anda, dan meningkatkan sistem dan proses Anda. Melakukan hal-hal ini menambah kesetaraan dan nilai bagi bisnis Anda dan menarik pelanggan yang tepat ke komunitas Anda.

3. Ini akan membantu Anda memiliki tujuan

Ada banyak upaya yang terlibat dalam membangun komunitas di sekitar merek Anda, dan itu bukan hanya tentang membuat konten atau berada di media sosial hanya karena orang lain melakukannya. Ketika Anda strategis dalam membangun komunitas, Anda perlu mengidentifikasi sasaran dan meletakkan tujuan yang kuat di belakang upaya Anda.

4. Ini akan membantu Anda menonjol

Jika Anda berkomitmen untuk proses membangun komunitas, Anda akan melakukan banyak penemuan-diri (yang sering kali dapat sangat tidak nyaman). Selama proses ini, Anda akan menentukan apa yang Anda semua tentang, apa yang Anda suka lakukan, dan apa yang akan dilakukan untuk membantu Anda menonjol di antara pesaing.

5. Ini akan menempatkan fokus pada tujuan, bukan alat

Membangun komunitas online bukanlah sekumpulan barang yang mengembang. Ini adalah integrasi alat seperti SEO, media sosial, pemasaran konten, pemasaran email, dan semua hal penting lainnya (seperti kerja keras dan semangat). Namun agar alat menjadi efektif, mereka harus didorong oleh strategi yang berakar pada tujuan dari seluruh bisnis Anda.

Pada tahun terakhir, Mack Web telah bekerja untuk membangun komunitas kami sendiri (dan membantu klien kami membangun komunitas mereka). Apa yang telah kami temukan (melalui banyak percobaan dan kesalahan, kegembiraan dan rasa sakit, sinar matahari dan, yah, Anda mengerti maksudnya) adalah bahwa membangun komunitas berarti membangun bisnis yang lebih baik. Ini adalah komponen online yang diperlukan untuk pertumbuhan karena menempa dan membina hubungan yang penting untuk membangun bisnis online seperti yang Anda lakukan sendiri.

A present for you

Selama beberapa bulan terakhir, saya telah banyak menulis tentang komunitas. Bagaimana membangunnya dengan nilai, bagaimana mengidentifikasinya, dan bagaimana menarik pelanggan untuk itu. Dan sekarang, beruntung untuk Anda, saya ingin berbagi proses kami untuk bagaimana membangun komunitas online untuk bisnis Anda.

Berikut ini adalah infographic super awesome dan perincian play-by-play setiap langkah dalam proses. Saya pikir itu mungkin berguna (Anda bahkan dapat mendengarkan webinar saya untuk efek penuh).

Baik Anda membangun komunitas dari awal, atau Anda berupaya mengembangkannya, Anda dapat menggunakan proses ini untuk membuat komunitas Anda bergulir atau mengoptimalkan dan memanfaatkan apa yang sudah Anda miliki.

Urutan saat Anda menyerang ini dapat berbeda tergantung pada ukuran organisasi Anda, sasaran Anda, dan tahap yang Anda tempuh sebagai perusahaan. Saya mendorong Anda untuk mengambil proses ini dan menggabungkannya menjadi yang terbaik bagi Anda.

Kita mulai!

Define your business objectives

Mari mulai seluruh proses ini dengan memikirkan tujuan Anda. Yang ingin Anda fokuskan di sini adalah menentukan tujuan untuk seluruh bisnis Anda, tidak hanya untuk SEO, media sosial, konten, atau pemasaran. Tetap fokus pada seluruh gambaran tentang apa yang ingin Anda lakukan dengan perusahaan Anda.

Perlu diingat bahwa ada lebih banyak hal untuk menentukan tujuan bisnis daripada hanya menuliskan beberapa sasaran. Jadi sebelum Anda melakukan itu, pikirkan tentang ini:

Apa yang membuat perusahaan Anda unik?

Terutama ketika Anda adalah bisnis baru (tetapi ini juga terjadi dengan yang lama), mudah untuk merasa Anda membutuhkan semua orang untuk menjadi pelanggan Anda. Tetapi kenyataannya adalah, apa yang benar-benar Anda butuhkan adalah pelanggan yang tepat.

Ambil Coke dan Pepsi; Hershey dan Dove; dan Chipotle dan Qdoba. Semua perusahaan yang menjual produk serupa, tetapi menarik pelanggan yang sangat berbeda untuk merek dan komunitas mereka. Keduanya baik (dan bagi banyak orang, rasanya sama). Jadi apa bedanya? Mengapa seseorang tertarik, katakan, Chipotle atas Qdoba?

Kenapa kamu peduli?

Simon Sinek mungkin bisa mengatakan ini jauh lebih baik daripada yang saya bisa, tetapi ini dia: apa yang membuat Anda peduli dengan bisnis Anda? Apa yang membuat Anda terus maju (terutama ketika Anda ingin berhenti)? Alasan Anda peduli tidak ada hubungannya dengan uang, jadi selain itu, apa yang penting?

Semangat yang Anda rasakan untuk bisnis Anda bukan hanya pembeda yang signifikan, tetapi itu adalah bagian dari kisah Anda dan itu jauh lebih memotivasi daripada uang. Simpan pengisap ini di saku belakang Anda. Anda akan membutuhkannya.

Apa yang ingin Anda bangun?

Apa visi Anda untuk perusahaan Anda? Pikirkan enam bulan, delapan belas bulan, dan tiga hingga lima tahun. Apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan? Mimpikan beberapa hal itu dan mulailah membuat daftar. Anda bahkan mungkin ingin menuliskan hal-hal yang ada di cakrawala. Perubahan besar, acara, peluncuran produk, hal-hal seperti itu. Ini akan membantu Anda untuk mulai mendefinisikan tujuan yang Anda miliki untuk bisnis Anda baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk siapakah Anda ingin membangunnya?

Ini adalah bagian di mana Anda menjadi sangat jelas tentang siapa sebenarnya pelanggan Anda. Apa ketakutan, kekhawatiran, dan tantangan mereka? Apa masalah (besar dan kecil) yang ingin mereka pecahkan? Bicara pada mereka. Survei mereka. Tanya mereka.

Atur audiens Anda menjadi kelompok-kelompok. Bangun beberapa persona di sekitar mereka sehingga mereka nyata, hidup, orang-orang yang nyata (temukan foto untuk mereka dan semuanya). Ini adalah target Anda.

Ini juga akan membantu memahami corong konversi Anda dan bagaimana kaitannya dengan audiens Anda. Apa yang pelanggan Anda butuhkan selama tahap-tahap yang berbeda dari corong? Semua hal baik ini akan membantu menginformasikan strategi Anda (dan akhirnya Anda akan ingin membuat konten dan sumber daya untuk melayani kebutuhan tersebut).

Ingat saja bahwa setiap orang di web bukanlah pelanggan Anda. Kembali ke USP yang baru saja Anda tetapkan. Berfokuslah pada itu dan orang-orang yang beresonansi dengannya, dan lakukan apa pun yang diperlukan untuk menjaga penekanan pada mereka.

Jawaban atas semua pertanyaan ini akan membantu Anda memahami akar dari apa yang Anda kerjakan dengan sangat keras. Dari sana, Anda dapat menentukan apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan dengan perusahaan Anda. Kemudian Anda dapat mengidentifikasi sasaran yang ingin Anda capai (mulai hanya dengan beberapa). Setelah Anda menentukannya, mari kita bicara tentang tim Anda.

Elect your team

Kami telah berada di sekitar blok satu atau dua kali pada bangunan komunitas ini, dan ada banyak hal yang dapat menjadi penghalang jalan. Pemilihan tim adalah salah satunya.

Berikut beberapa kiat untuk menyiapkan tim yang tepat sehingga Anda dapat mulai bekerja mencapai sasaran Anda:

Pahami perannya

Membangun komunitas bukanlah lelucon. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan banyak peran yang perlu diisi. Jika Anda bekerja dengan agen luar, mereka akan membawa sebagian besar kekuatan, tetapi Anda memainkan peran integral. Perlu diingat bahwa biro iklan dimaksudkan untuk menjadi mitra kolaboratif Anda, dan bukan hanya topeng Anda. Itu adalah perusahaan Anda, jadi penting bagi Anda untuk hadir

Selain itu, karena membangun komunitas adalah proses jangka panjang yang berkelanjutan, saya tidak akan merekomendasikan untuk menetapkan peran yang benar-benar integral (seperti pengelola komunitas) kepada pekerja kasar atau magang. Tentu saja, banyak perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas, jadi lakukan apa yang dapat Anda lakukan dengan apa yang Anda miliki dan konsistenlah dengan upaya Anda.

Pilih, jangan hanya menetapkan

Masalahnya, terutama jika Anda adalah perusahaan yang lebih kecil, Anda harus bekerja dengan apa yang Anda miliki. Tidak setiap perusahaan memiliki kemewahan untuk mendatangkan agensi luar atau mempekerjakan orang tambahan untuk berbagi beban dari semua hal ini. Tetapi jika Anda ingin upaya ini menjadi sukses, Anda harus memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang bersemangat dan berkomitmen untuk melihat hal ini, bahkan ketika itu sulit dan Anda ingin menyerah.

Daripada hanya menetapkan tugas dan membuang banyak pekerjaan (biasanya tidak diterima) pada orang, pilih orang untuk tim implementasi Anda yang berkomitmen untuk keberhasilan organisasi dan bersemangat tentang hal-hal seperti perusahaan Anda, media sosial, konten, SEO , dan komunikasi. Oh, dan manusia. Anda harus memiliki orang-orang di tim ini yang ingin berada di sana atau upaya Anda akan gagal. Buatlah proses seleksi sehingga tim merasa terhormat untuk menjadi bagian dari semua ini (karena ini benar-benar sebuah gerakan)

Bekerja bersama sebagai satu, keluarga besar, bahagia

Baik Anda bekerja dengan tim internal dan eksternal, sejumlah tim antardepartemen, atau campuran dan kecocokan keduanya, lakukan apa pun yang Anda bisa untuk bersatu sebagai tim yang bersatu (selengkapnya di bawah ini). Apa pun yang Anda lakukan, jangan silo. Berkolaborasi dan berteman. Itu akan membuat semua perbedaan pada akhirnya.

Perlu diingat bahwa tim yang Anda susun ini tidak hanya akan mengerjakan pemasaran Anda; mereka akan memainkan peran integral dalam mengubah bisnis Anda. Lakukan apa yang diperlukan untuk memastikan semua orang ada di halaman yang sama dan bekerja bersama untuk mewujudkan berbagai hal.

Develop your strategy

Mengembangkan strategi adalah apa yang benar-benar akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Strategi yang baik akan membantu Anda dalam memecahkan tujuan tingkat tinggi itu ke dalam bagian yang dapat ditindaklanjuti dan dapat dikunyah yang dapat Anda kerjakan dan bahkan ukur.

Pikirkan tentang strategi dalam tiga bagian: apa, kapan, dan bagaimana.

Apa itu: kampanye

Kampanye adalah tempat tujuan Anda memenuhi ide Anda. Apa yang perlu Anda ciptakan agar benar-benar mencapai tujuan Anda? Semuanya dari aset nyata Anda seperti posting blog, video, dan infografis; ke webinar dan acara seperti pameran dagang, konferensi, ceramah, dan pertemuan.

Kapan: kalender eksekusi

Setelah Anda tahu persis apa yang ingin Anda lakukan, Anda harus mencari tahu berapa lama waktu yang diperlukan. Kembangkan kalender eksekusi tingkat tinggi yang menggambarkan koordinasi semua aset dan kendaraan selama periode dua hingga tiga bulan (cukup lama untuk mengumpulkan beberapa data, tetapi, sekali lagi, cukup singkat untuk menjadi lincah dan mengubah arah)

Bagaimana caranya: usaha berkelanjutan

Bagaimana rencana Anda untuk semua hal yang perlu terjadi dan terus terjadi untuk membuat usaha Anda sukses (orang, aset, dapat ditindaklanjuti). Hal terbesar yang sedang berlangsung adalah menjaga komitmen Anda dan tetap bertanggung jawab atas hal-hal yang harus diselesaikan. Tetapi bagian yang sangat besar (dan penting) dari upaya berkelanjutan adalah analisis berkelanjutan atas upaya dan sasaran Anda untuk memastikan Anda selalu menuju ke arah yang benar (lebih lanjut tentang pengukuran dan analisis di bawah).

Empower your team

Setelah Anda mengetahui apa yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda (dengan strategi super mengagumkan Anda). Sebelum Anda masuk ke mode go-go, luangkan waktu untuk menyiapkan tim untuk sukses.

Jangan lewati langkah ini.

Saya ulangi. Langkah ini penting. Jangan lewatkan itu.

Tergantung pada iklim (dan budaya) perusahaan Anda (atau perusahaan tempat Anda bekerja), akan ada ketakutan, kekhawatiran, dan bahkan penolakan yang akan Anda dapatkan dari tim Anda (bahkan jika Anda pikir semuanya A -BAIK). Daripada mengabaikannya dan mendorongnya, tekanlah terus. Bicara tentang itu. Dapatkan di tempat terbuka. Anda akan senang telah melakukannya.

Learn your industry

Anda tidak dapat mengembangkan bisnis dalam ruang hampa. Jika Anda ingin menonjol dan sukses, Anda harus belajar dan berkembang.

Semua. Itu. Waktu.

Salah satu prioritas nomor satu Anda dalam memasarkan bisnis online Anda adalah memberikan pengalaman pelanggan sebaik mungkin. Dan Anda tidak dapat melakukannya jika Anda tidak belajar terus menerus.

Anda dapat memulai dengan mengidentifikasi komunitas Anda dan menentukan blog yang ingin Anda baca, orang-orang yang ingin Anda ketahui, dan perusahaan yang Anda ingin tetap ikuti.

Merangkul pengetahuan dalam industri Anda akan mendorong Anda untuk menjadi lebih kreatif, inovatif, dan lincah. Itu akan membuka peluang yang bahkan tidak Anda sadari ada. Tetapi itu tidak akan terjadi jika Anda tidak mendedikasikan waktunya untuk itu secara konsisten.

Pembelajaran terjadi di mana-mana. Jadi menjauhlah dari komputer Anda dan temui beberapa orang (demi Dr. Pete). Buat teman baru, temukan orang-orang yang memiliki kekuatan yang perlu Anda kerjakan dan minta mereka untuk membimbing Anda. Bangun persahabatan dengan orang dan perusahaan super keren. Ini benar-benar bagian terpenting.

Kemudian kembali ke komputer Anda dan baca banyak. Lebih dari yang pernah Anda miliki sepanjang hidup Anda. Baca hal-hal baik di dalam industri Anda dan di luar industri Anda. Anda akan melihat beberapa hal keren yang akan membuka dunia Anda (itu, teman-teman saya, itulah mengapa disebut web di seluruh dunia).

Semua hal ini adalah apa yang mewujudkan keserbagunaan dan meskipun itu adalah hal yang paling sulit untuk diukur, itu juga yang akhirnya membuat perbedaan terbesar saat membangun komunitas (dan bisnis).

Create the value

Oke, sekarang kita menuju ke hal-hal yang benar-benar bagus. Nilai adalah apa komunitas Anda dibangun di atas, apakah itu "nyata" barang-barang seperti posting blog, video, sumber daya, dan alat; atau pendekatan, perspektif, atau kebajikan yang merupakan dasar untuk kesamaan. Nilai yang berfokus pada pelanggan Anda dan pengalaman mereka adalah apa yang menarik orang ke bisnis Anda, merek Anda, dan komunitas Anda.

Secara umum, ada dua jenis konten yang akan membantu membangun komunitas Anda: bangunan dasar dan komunitas.

Konten dasar adalah hal yang lebih statis di situs web Anda (seperti bagian tentang dan layanan Anda), seperti laman yang menjelaskan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Masalah dengan konten yang paling mendasar adalah, mari kita jujur, bahwa itu agak menyebalkan. Ini benar-benar berfokus pada promosi diri (sebagaimana mestinya; bagaimanapun juga, situs web Anda) alih-alih diarahkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Tantangan dengan konten mendasar adalah mendengarkan pelanggan Anda. Amati kebutuhan mereka, hal-hal dalam kehidupan yang mereka perjuangkan, dan kemudian komunikasikan bagaimana produk atau layanan Anda mengatasi hal-hal itu. Gunakan video dan sumber daya dan studi kasus dan infografis untuk memberikan pengalaman yang menarik dan penuh nilai dan buat konten dasar Anda layak untuk dibaca (dan layak untuk tautan).

Konten pembangunan komunitas adalah hal-hal yang lebih dinamis dan biasanya hidup di blog Anda. Ini adalah konten yang kurang tentang apa yang Anda lakukan dan lebih banyak tentang apa yang Anda ketahui.

Konten pembangunan komunitas adalah hal termudah untuk membuat semua tentang pelanggan Anda karena tujuan membangunnya adalah untuk membantu mereka memahami pengetahuan dan keahlian Anda. Jenis konten ini secara tidak langsung mempromosikan merek Anda, membangun kepercayaan dan kredibilitas, dan benar-benar membantu untuk membina hubungan.

Share the value

Anda mungkin pernah mendengar saya menyebutkan ini satu atau dua kali, tetapi cara Anda berbagi nilai yang Anda (dan orang lain) ciptakan, adalah salah satu bagian terpenting (dan akselerator) ketika membangun komunitas dan bisnis Anda.

Cara kerjanya seperti ini: 80% dari waktu, bagikan hal-hal hebat orang lain. Tetapi jangan hanya me-retweet atau tekan tombol share dan letakkan di feed Anda. Membacanya. Internalisasi itu. Dan kemudian kurasi. Beri tahu orang-orang mengapa itu bagus. Ini membantu Anda belajar dan juga menjaga fokus di tempatnya: berdasarkan nilai yang Anda berikan untuk pembaca.

20% dari waktu, bagikan barang Anda sendiri, tetapi jadikan itu luar biasa. Ini adalah hal membangun komunitas yang baru saja kita bicarakan. Hal-hal yang memberikan banyak pengetahuan yang orang akan terima kasih.

Dan ingat bahwa membangun sesuatu yang luar biasa, tidak menjamin bahwa orang akan melihatnya. Itu sebabnya ada penjangkauan (jadi lakukanlah, dude).

Outreach adalah kode untuk mencari teman dan menjadi manusia yang otentik sebelum Anda berpikir untuk meminta apa pun. Bangun hubungan dengan orang-orang online seperti yang Anda lakukan secara pribadi. Kemudian, ketika Anda memiliki barang-barang bagus untuk keluar, mereka akan bersemangat untuk menyebarkan berita. Berapa pun rasio Anda: 60/40, 70/30, 90/10, ingat bahwa ini bukan tentang Anda. Tetap fokus pada pelanggan Anda dan coba apa yang terbaik bagi komunitas Anda.

Build and foster growth

Ini adalah bagian yang tidak pernah berakhir (itu hal yang baik). Membangun dan membina komunitas identik dengan membangun dan mengembangkan perusahaan Anda. Anda harus mengerjakannya. Sepanjang waktu.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan dan menumbuhkan komunitas Anda. Ini hanya beberapa:

Dapatkan di sana

Ingat bahwa Anda adalah anggota komunitas Anda. Anda dan seluruh tim Anda. Dapatkan di sana. Mainkan peran aktif. Berkontribusi dan terlibat pada tingkat yang asli. Ini adalah perpanjangan dari perusahaan Anda dan merek Anda dan itu penting bagi pertumbuhan komunitas Anda.

Rangkul upaya offline

Sangat penting untuk membina hubungan dengan orang-orang secara pribadi. Ini adalah bagian integral untuk mengembangkan komunitas Anda. Ketika Anda membentuk ikatan secara pribadi, itu bahkan lebih dahsyat daring. Jadi, pergilah ke acara dan adakan acara. Minta orang untuk minum kopi. Pergi ke pertemuan dan konferensi. Rangkul barang-barang offline, pribadi, dan manusia sama seperti yang Anda lakukan dengan pekerjaan online Anda. Temui orang-orang secara langsung dan pelajari lebih banyak tentang mereka. Ini benar-benar akan membantu membangun komunitas Anda dan bisnis Anda.

Akui dan tunjukkan penghargaan

Jangan lupa bahwa komunitas terdiri dari hidup, bernapas orang-orang yang mendukung Anda. Ada banyak cara hebat untuk menunjukkan penghargaan Anda, jadi pastikan Anda menyisihkan waktu dalam rutinitas Anda untuk mengakui manusia di komunitas Anda.

Measure and analyze (and communicate)

Ini adalah bagian yang berair (dan hanya karena ini tercantum sebagai bagian terakhir dalam proses tidak membuatnya kurang signifikan). Bahkan, Anda harus memastikan bahwa Anda memikirkan pengukuran dan analisis sepenuhnya.

Pengukuran dan analisis adalah proses yang berkelanjutan ketika membangun komunitas. Semua yang Anda lakukan akan mencakup pengujian, umpan balik, pengukuran, analisis, penyesuaian, pembilasan, dan pengulangan. Lalu, Anda harus mengomunikasikan data ini ke tim Anda (dan / atau klien Anda).

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia