5 Kunci Sukses Program Loyalitas Pelanggan untuk Semua Lini Bisnis

Anda mungkin teringat beberapa kartu nama pemilik bisnis yang tersimpan di dalam dompet Anda. Beberapa di antaranya ada yang sudah kusut, usang dan kusam, tanpa pernah Anda baca atau kunjungi lokasinya sama sekali.

Program loyalitas pelanggan dalam bentuk kartu, kini sudah tidak relevan bagi pelanggan. Dalam beberapa tahun terakhir, program loyalitas pelanggan telah berubah drastis. Bahkan, sudah beralih ke digital sepenuhnya karena dianggap jauh lebih unik, kreatif dan efisien. Sebenarnya, bagaimana cara membuat program loyalitas pelanggan yang sukses? Coba beberapa tips berikut ini.

1. Gunakan Kartu Hadiah Digital.

Program kartu loyalitas digital, seperti CandyBar, secara efektif menggantikan kartu fisik yang kusut dan digunakan bisnis kecil untuk mengembalikan pelanggan. Anda dapat menyesuaikan apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda dan mengirim hadiah dalam cap digital.

Pelanggan Anda tidak diharuskan mengunduh aplikasi seluler. Sebagai gantinya, CandyBar mengirim URL khusus langsung ke orang-orang yang telah terdaftar dalam program hadiah. CandyBar kemudian akan melacak pembelian mereka, memungkinkan Anda mendapatkan insentif seperti yang telah ditentukan sebelumnya secara real time.

2. Tawarkan Hadiah Lebih Kecil Dengan Cepat.

Pelanggan lebih suka mendapatkan manfaat yang lebih kecil, lebih realistis yang langsung dirasakan daripada menunggu periode waktu yang lebih lama untuk hadiah besar.

Saat Anda menawarkan hadiah, misalnya seperti kupon gratis atau voucher diskon, persingkat waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk menerima hadiahnya. Sebagai contoh, pelanggan dapat menerima hadiahnya setelah lima kali pembelian, bukan sepuluh. Kombinasi antara ketepatan waktu dan kemurahan hati ini akan meluluhkan hati para pelanggan dan meningkatkan citra publik bisnis Anda.

3. Berikan Diskon Eksklusif di Media Sosial dan Email.

Pengikut media sosial dan pelanggan email Anda mungkin bukan pembeli terbesar yang Anda miliki, tetapi mereka loyal terhadap merek Anda. Kenapa tidak menggunakan “kesetiaan” mereka menjadi program loyalitas pelanggan?

Caranya simpel saja. Tawarkan diskon eksklusif dan terbatas waktu melalui media sosial atau email Anda. Kemudian, buatlah tagar yang unik berkaitan dengan promo ini. Pastikan untuk memberikan kode unik di setiap tagar secara konsisten di semua saluran media sosial selama kampanye pemasaran.

4. Berikan Hadiah untuk Umpan Balik Pelanggan.

Umpan balik pelanggan seperti komentar, kritikan, saran atau pujian merupakan “mata uang” yang sangat berharga. Umpan balik akan memberikan Anda gambaran tentang seberapa baik pelayanan bisnis Anda selama ini kepada pelanggan.

Bagian terbaiknya, Anda tidak perlu membayar apa pun untuk mendapatkan umpan balik pelanggan. Pelanggan adalah sumber daya yang gratis, siap dan loyal untuk memberi tahu Anda bagaimana dan cara apa yang bisa dilakukan agar bisnis Anda lebih berkembang. Tawarkan pada pelanggan Anda hadiah, diskon atau souvenir setelah mereka memberi umpan balik melalui email, SMS atau media sosial.

5. Buat Insentif Referral-for-Rewards.

Menurut Nielsen Global Trust in Advertising Report, 83% peserta survei di 60 negara mengklaim rujukan dari mulut ke mulut atau referral sangat mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli produk atau berbelanja. Saran dari saudara, teman, tetangga atau seseorang yang mereka kenal akan lebih kredibel ketimbang melihat iklan di TV atau internet.

Manfaatkan jaringan ini dengan memberikan insentif kepada para pelanggan yang mau memberikan rujukan atau rekomendasi kepada keluarganya. Sebagai contoh, Airbnb. Mereka akan memberikan diskon bagi para pelancong yang mau merekomendasikan teman – teman mereka di Airbnb.

Apakah bisnis Anda ingin meluncurkan program loyalitas pelanggan baru? Saatnya menerapkan strategi pemasaran baru bersama tim Wificolony yang berpengalaman. Kontak kami melalui link ini

Recent Posts
Contact Us
Our Address

Colony Digital

Wu Hub - Wirausaha Building

Jl. HR Rasuna Said Kav. C5-6

South Jakarta

Indonesia -12920

Chat Us

0811 218 7007

Message Us

Copyright © 2020 Wificolony. All Rights Reserved.

  • Facebook Social Icon
  • Instagram_icon
  • LinkedIn Social Icon

Proudly created with      from Indonesia